Tentu kamu tahu, bahwa ada banyak situs candi yang terkenal di Yogyakarta. Ada Candi Prambanan, kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun di abad ke-9 Masehi. Di dekatnya ada Candi Sewu yang berarti Candi Seribu, merupakan kompleks candi Buddha terbesar kedua setelah Borobudur. Yang ketiga adalah Candi Plaosan, yang juga merupakan Candi Buddha. Candi keempat yaitu Candi Boko atau Situs Ratu Baka, diduga kuat merupakan kompleks istana raja. Ada lagi Candi Sari dan Candi Kalasan yang juga merupakan candi Buddha. Kesemuanya memiliki eksotisme tersendiri dan merupakan tujuan wisata bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Kamu tertarik untuk berwisata candi? Yuk intip Traveloka dan cari hotel di Yogyakarta yang terdekat ke lokasi situs.

1. Poeri Devata Resort Hotel

hotel di yogyakarta

Poeri Devata Resort Hotel adalah hotel bintang tiga yang berada di Klurak, Kalasan, Prambanan. Berjarak 0,7 km dari Candi Prambanan dan 2,3 km dari Candi Boko sehingga hotel ini merupakan tempat yang tepat jika kamu ingin singgah dan menjelajahi situs-situs candi.

Hotel ini memiliki 20 kamar saja yang letaknya terpisah satu sama lain, dibatasi oleh halaman seperti cottage, sehingga pelayanan akan terasa personal. Fasilitas hotel cukup lengkap, mencakup WiFi di tempat umum, kafe, restoran, kolam renang dewasa dan anak, laundry, jasa pijat dan spa, penyewaan sepeda, jasa tur dan lain-lain.

Di hotel, kamu akan mendapatkan kemewahan bersantap dengan pemandangan puncak Candi Prambanan, atau berenang dengan latar belakang Guning Merapi. Kenyamanan dan keheningan yang ditawarkan hotel ini, memberi kamu kebebasan dari hiruk-pikuk kehidupan perkotaan.

Satu hal yang paling menonjol dari hotel ini adalah keramahan staffnya yang tak pernah luput diungkapkan oleh tamu hotel. Hal ini lah yang selalu membuat para tamu datang dan datang lagi.

 

2. Hotel Prambanan Indah

hotel di yogyakarta

Berlokasi di Jl. Candi Sewu No. 8 Klaten, Hotel Prambanan Indah adalah hotel terdekat dengan kompleks Candi Prambanan dan candi lainnya. Kamu dapat berjalan kaki hanya sekitar 15 menit hingga ke pintu masuk kawasan candi.

Hotel berlantai dua dengan 63 kamar ini mungkin hanya memiliki fasilitas standar seperti area parkir, restoran, TV dan layanan resepsionis 24 jam. Hotel ini juga sering dijadikan tempat menginap bagi rombongan anak sekolah yang akan berdarmawisata ke kawasan candi. Hotel akan penuh di musim kunjungan sekolah dan kamu mungkin harus sedikit bertoleransi dengan keramaian yang ditimbulkan.

Lokasi strategis dan harga yang sangat ramah di kantong menjadi andalan hotel ini. Walaupun murah, namun tetap menjaga kualitas pelayanan seperti tempat yang bersih dan nyaman, makanan yang enak dan keramahan staff hotelnya

3. Hotel Quin Colombo Hotel

hotel di yogyakarta

Quin Colombo Hotel, berada di Jl. Raya Yogya-Solo KM 14, Yogyakarta, berada di daerah perkotaan namun dekat pula dengan kawasan Candi Kalasan (0,3 km), Candi Sari (0,9 km) dan Candi Boko (1,9 km). Hotel juga dekat dengan Bandara Internasional Adisucipto dan memberikan layanan antar jemput dari dan ke bandara.

Hotel berbintang tiga ini memiliki lima lantai dengan 69 kamar. Fasilitasnya meliputi WiFi di area umum dan kamar, kolam renang outdoor dan anak, penyewaan sepeda, penyewaan mobil dan lain-lain

Hotel ini sangat cocok untuk kamu yang berlibur dengan keluarga. Kamarnya bersih, nyaman, dengan pelayanan yang ramah dan makanan yang enak.

Jadi, kapan liburan ke Yogyakarta?

[adv]