4 Cara Jalan-Jalan Asyik Pakai “Asisten” Google App!

15

Googling sebelum jalan-jalan rasanya sudah jadi ritual. Kata kunci seperti cara ke tempat ini, transportasi ke tempat itu, hotel murah dekat sana,  sampai tempat nongkrong warga lokal yang asik serasa tak asing di telinga kamu para pejalan, bukan?

Kalau kamu sudah update google app terbaru, kamu rasanya akan takjub melihat kemampuan pencarian google yang terbaru ini. App ini bisa kamu gunakan seperti googling di browser. Namun cukup pakai suara tanpa harus mengetik! Dan yang lebih penting, google app sudah bisa berbicara bahasa Indonesia!

1. Cari Tempat Lokal yang seru

kata kunci, "cafe cozy di jogja". Ada yang tahu tempat ini? Ini tempat Rangga reuni dengan Cinta loh!
kata kunci, “cafe cozy di jogja”. Ada yang tahu tempat ini? Ini tempat Rangga reuni dengan Cinta loh!

Waktu saya di Jogja, saya mencoba google app ini dengan kata-kata seperti

  • “Angkringan dekat sini!”
  • “Toko oleh-oleh batik dekat sini!”
  • “Cafe yang cozy di Jogjakarta”
  • “Apa besok akan hujan?”

Enak dan praktis sekali. Dan semua itu hanya perlu dipicu dengan cukup mengucapkan,”Oke Google!” ke ponsel kita (liat di vlog saya untuk lebih jelasnya).

Oh iya, jangan kaget kalau si google app nanti juga menjawab dengan suara ya. Anggap saja seperti sedang ngobrol sama gebetan. Gak usah grogi hehe.

Perlu diingat tidak semua lokasi terindex oleh google. Jadi jangan lupa tanya rekomendasi dari penduduk setempat. Siapa tahu kamu bisa dapat gosip-gosip lokal juga, hihi.

2. Tentukan rute jalan, transportasi, estimasi waktu sampai, dan biayanya

– – Jangan lupa nonton vlog saya di atas ini ya —

Google app sudah terintegrasi dengan apps google yang lain seperti google map. Jadi ketika kamu meminta untuk,” Arahkan saya ke Museum Ullen Sentalu”, selain akan ada peta petunjuk jalur terbaik dan estimasi waktu menuju kesana, juga akan muncul pilihan moda transportasi yang ada.

Misalnya seperti gojek, grab, uber, kereta, atau transportasi online lainnya yang tersedia di lokasi kamu. Harga estimasi juga akan langsung tertera. Kalau kamu klik langsung ke gojek misalnya, kamu akan langsung dibawa ke aplikasi terkait.

Menyenangkan.

3. Jadikan google app asisten pribadi saat traveling

Saya tau kamu butuh ini....
Saya tau kamu butuh ini….

Cukup bilang “Oke Google!” ke smartphone kita. Kemudian gunakan perintah-perintah yang misalnya seperti ini:

  • “Berapa jarak tempuh menuju Jalan Malioboro?”
  • “Set alarm besok pagi jam 5 pagi”
  • “Carikan pesawat ke Jogja paling pagi besok”
  • “Jarak dari Bandara ke Hotel Nganu”
  • “Cuaca di Kaliurang Sore ini”
  • “Carikan saya pacar!”

Penggunaan suara juga memudahkan kita untuk multitasking. Misalnya saja saat menyetir (tidak direkomdasikan tapi yaa), membaca, atau tangan sedang penuh dengan kegiatan lainnya. Tentunya fitur suara ini sangat membantu.

Tapi jangan lupa di mode silent kalau sedang jumatan ya gaes. Bisa diliatin orang semesjid ntar.

4. Selalu tahu yang seru di JOGJA #SelaluTauJog

Pantau hashtag #SelaluTauJog dan #SelaluTauYangSeru buat dapetin kejutan menarik!
Pantau hashtag #SelaluTauJog dan #SelaluTauYangSeru buat dapetin kejutan menarik!

Saat ini di Jogja google sedang mengajak masyarakatnya untuk lebih megenal kotanya melalui google app. Selamat 7 hari ( 14- 20 November) google akan selalu memberikan kejutan di tempat yang berbeda. Pantau terus twitter @Google_IDN atau facebook google indonesia untuk melihat hint-nya!

Waktu saya di jogja tanggal 14 lalu, hint-nya adalah, “Cafe Cozy di Jogja”. Cari kata kunci tersebut di google app, maka akan muncul lokasi  kejutan! Ada macam-macam kejutan seperti kuliner lokal (ditraktir google), workshop seni, dan lain-lainnya.

Cukup bawa smartphone kamu beserta google app, kamu akan mendapat kejutan seru!

15 COMMENTS

  1. Hehehehe, ruame yang ikutan acaranya Google Indonesia mas di Jogja.
    Hari pertama kurang pada tahu, setelah kedua di Gelato, ketiga di Honje, lanjut kemarin di Klotok. Hari ini masih pada mantengin lokasinya di mana :-D

  2. Aku juga ngerasakan manfaatnya Google Map saat di Jogja karena semua informasi sangat mudah dicari pake mbah google, tapi kalo di ntt malah terbalik untuk gak terlalu banyak percaya google map karena rawan kesasar

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')