5 Alasan Mengapa Sepinggan adalah Bandara Terkeren di Indonesia

11

Nama lengkapnya adalah Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan. Namun untuk mempersingkat, mari kita sebut saja Bandara Sepinggan. Sepinggan ini adalah bandara yang terletak di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Bandara ini baru saja mendapat penghargaan ciamik. Berdasarkan penilaian Airport Council International, Sepinggan adalah bandara terbaik di dunia tahun 2017 dalam hal layanan kepuasan penumpang pada kategori 5-15 juta penumpang pertahun. Wow!

Dan perlu kamu tahu, Sepinggan ini adalah salah satu bandara favorit saya di Indonesia loh! Memangnya seperti apa sih kerennya bandara ini? Yuk simak alasannya.

1.Desain Modern dengan sentuhan lokal

Bandara sepinggan balikpapan
Clean White

Memasuki area check in, Sepinggan dihiasi  taman-taman buatan yang berhiaskan berbagai jenis anggrek, yang satu di antaranya anggrek hitam. Mengingatkan saya kepada keindahan hutan tropis Pulau Kalimantan. Segar betul melihatnya

Rancangan bandara ini terlihat minimalis dengan warna putih. Banyak sumber cahaya natural dari atas hingga samping sehingga kesan yang ditampilkan sangat lapang.

Di beberapa bagian ada ornamen khas etnik dayak. Ada ukiran, patung, replika rumah, hingga replika orang utan terlihat di Sepinggan!

Bandara sepinggan balikpapan
Seger ada ijo-ijo
Bandara sepinggan balikpapan
Memanfaatkan cahaya alami
Bandara sepinggan balikpapan
Merdeka!
Desain lampu cantik
Boarding gate
Boarding gate
Area drop off
Bandara apa mall?

2. Airport Cinema

Bandara sepinggan balikpapan
Airport cinema

Kalau kamu terlalu cepat sampai di Bandara, atau tiba-tiba pesawatmu delay, tak ada salahnya mencoba fasilitas bioskop gratis di ujung gate 11.

Bioskopnya punya 19 buah kursi. Bentuknya sofa personal dengan ukuran yang besar. Seperti bioksop yang versi premiere. Sandaran kaki bisa dinaikan. Super empuk dan nyaman! Hati-hati kamu ketiduran disini terus ketinggalan pesawat!

Pilihan film memang tak bisa memilih sendiri. Harus mengikuti jadwal yang ditetapkan. Tapi menurut saya, duduk di kursi bioskop ini sudah jauh lebih nyaman daripada di lounge berbayar, apalagi duduk di depan boarding gate.

Bandara sepinggan balikpapan
Ada di ujung gate 11
Kursinya ada sandaran kaki

 

3. Reading Corner

Perfect place buat selonjoran

Kalau kamu sudah kehabisan kursi di airport cinema tapi tetap ingin bersantai, cobalah mampir ke reading corner ini.

Letaknya ada di tengah-tengah dekat gate 6. Koleksinya tak terlalu banyak. Namun cukup untuk sekeadar membaca atau hanya bersantai di bean bag yang disediakan. Ada majalah, novel, buku anak-anak, hingga buku catatan perjalanan.

Ini adalah spot favorit saya di bandara Sepinggan. Saking nyamannya, saya sempat membuka laptop dan menyelesaikan beberapa pekerjaan.

Di dekat reading corner ini juga ada beberapa komputer yang bisa gunakan untuk berselancar internet kalau kamu butuh.

 

4. Toilet 3D

Itu kawan saya pura-pura pipis

Pernah masuk ke museum trick eye? Di beberapa spot di Sepinggan terdapat hiasan lantai serta dinding yang kreatif ini. Pada titik tertentu kalau kita berfoto, mata kita akan tertipu oleh ilusi optik.

Namun uniknya, lukisan 3D ini diletakan di dalam toilet. Lukisannya berupa jembatan di pulau derawan, salah satu destinasi pariwisata utama di Kalimantan Timur.

Namun installasi ini kadang jadi bikin agak, hemm, bagaimana menjelaskannya ya. Jadi ceritanya kamu lagi mau buang air kecil, terus dibelakang kamu ada yang foto-foto dan berselfie ria….

Sebaiknya kalau mau foto-foto disini, pastikan sedang tak ada orang ya hihi!

 

5. Fasilitas lainnya 

Photo booth. Baju bisa dipinjam ke petugas terdekat.

Di lantai dasar bandara tempat kedatangan ada pusat perbelanjaan seperti mall. Tak terlalu besar namun kalau kamu ke bandara lupa membawa koper dan baju serta perlengakapannya, kamu tak perlu khawatir semua bisa dibeli.

Ada diskon baju gak ya?

Untuk difabel ataupun orang yang memerlukan kebutuhan khusus lainnya, Bandara Sepinggan punya fasilitas khusus yang akan membantu mereka. Petugas bisa melayani untuk bantuan dari check in hingga pengantaran penumpang sampai ke gerbang keberangkatan.

 

Ada juga photo booth bertema dayak yang cukup instagram-able di gate keberangkatan. Tak hanya itu, ada kostum dayak termasuk topi untuk jadi properti. Yang suka foto-foto pasti ketagihan disini.

Mba Duta Bandara, customer service yang mobile

Sepinggan adalah bandara yang cukup canggih. Baggage handling system-nya otomatis, tak perlu campur tangan manusia. Banyak sensor yang mengenali bagasi dengan barcode sehingga akan masuk ke bagasi pesawat yang benar. Hanya bandara besar seperti CGK, DPS, BPN, KNO yang punya sistem canggih ini.

Special Needs customer service

Sistem Airport Operation Control Center (AOCC) juga berada dalam satu ruangan. Sehingga pengaturan seperti parkir pesawat, gate management, hingga urusan check in management ada pada satu komando sehingga meminimalisir masalah.

Tentu masih ada beberapa kekurangan bandara ini seperti masih banyak tempat kosong yang belum terpakai. Namun, adakah bandara di Indonesia yang lebih keren dari ini?

Boarding dulu ke Berau, mau ke Derawan ehehe. Mari dilanjut nanti :)

Terima kasih!

11 COMMENTS

  1. Asyique banget kak bisa nonton film di bandara :D
    Bangga juga tahu Sepinggan jadi salah satu bandara terbaik di dunia :’)

    Cheers,
    Dee – heydeerahma.com

  2. hahaha, kemarin itu pertama kali ke bandara ini juga kaget karena wah banget, ada department store-nya pula, tapi enggak nyangka kalau ada bioskopnya juga.

    yang cowok-cowok sampai pada penasaran nyari toilet 3D, sayang cewek gak boleh masuk, ya. :P

  3. Untuk airport cinema juga dibuka pada jam-jam tertentu.
    JAdi pastikan jangan sampai kita telat datengnya.
    Pas nyampe airport langsung deh cek jadwal film yang bakal tayang hhh

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')