7 Hal yang Bisa kamu lakukan di sekitar Jayapura dan Sentani

26

1. Menonton Festival Danau Sentani

Tarian Isosolo di Festival Danau Sentani 2015
Tarian Isosolo di Festival Danau Sentani 2015

Festival danau sentani sudah diadakan setahun sekali sejak 2008, biasanya di bulan Juni. Di festival ini dapat ditemukan pertunjukan seni dan tari tradisional, pameran kuliner tradisional, hingga kerajinan rakyat.

Jangan lewatkan iring-iringan tarian isolo (atau isosolo), tarian di atas kapal yang berangkat dari pulau Asei Besar hingga panggung utama di Khalkote.

Foto-foto lengkap Festival danau sentani ada disini -> Tarian Isosolo di Festival Danau Sentani

 

2. Melihat Sentani dari atas Bukit Mc Arthur

Festival danau sentani papua
Kalau nggak mendung ini bagus bangets

Bukit McArthur terletak di Ifar Gunung, perbukitan tempat latihan Kodam XVII Cendrawasih. Makanya, saat masuk pintu gerbang bukit ini kita akan melewati pos penjagaan tentara untuk melapor tanda pengenal.

Dari atas bukit ini kita bisa lihat kemegahan Danau Sentani dari atas dan juga pegunungan Cyclops yang menjulang tinggi di seberangnya.

 

3. Melihat Jayapura dari Atas Bukit Pemancar

Jayapura dari bukit pemancar
Jayapura dari bukit pemancar

Jika menuju pusat kota Jayapura dari Sentani, jangan lupa untuk mampir sebentar ke Bukit Pemancar ini untuk melihat kota Jayapura dari atas.

Lihat juga -> Photo Essay : Jayapura City

 

4. Berbelanja pernak-pernik Papua di Pasar Hamadi

Koteka all-size available, kok. Tenang saja.

festival danau sentani
Cari apa beb?

 

5. Singgah di Danau Cinta Emfotte

Telaga cantik di dekat danau sentani ini punya bentuk hati jika dilihat dari atas. Namanya Emfotte, tapi lebih populer disebut danau cinta.

Ini cerita lengkapnya : Tersesat Mencari Danau Cinta di Sentani

Festival danau sentani papua
Telaga cinta a.k.a Danau Emfotte

 

5. Berburu akik ‘Cyclops’ khas Papua

akik cyclops papua
Miss Scuba Akik International

Walaupun akik sudah nggak terlalu ngehits lagi, tapi lumayan lah buat koleksi udah murah banget kok harganya haha. Dan akik yang langsung dari pegunungan cyclops ini hitam-hitam berkilau

 

6. Nongkrong di ‘Skyline’

Tempat nongkrong ngehits di Jayapura dengan pemandangan teluk di bawahnya. Bisa ngopi-ngopi cantik.

nongkrong di skyline papua
Skyline
atau naik ke atasnya lagi
atau naik ke atasnya lagi

 

7. Singgah ke Perbatasan Indonesia – Papua Nugini

Kalau kamu penasaran gimana kehidupan di perbatasan, bisa main-main kesini. Saya sempat main ke perbatasan di Jayapura dan Merauke. Cerita lengkapnya bakal ada di blogpost selanjutnya.

gerbang papua nugini
gerbang papua nugini

 

8. Mampir ke pantai-pantai sekitar Jayapura

Saya belum sempat ke pantai-pantai seperti pantai harlem atau pantai base G. Sekalinya saya ke salah satu pantai disana, eh mendung begini hehe. Kalau mau ke pantai-pantai cantik sepertinya lebih baik ke Raja Ampat sih :)

Festival danau sentani papua
Pantai tablanusu yang sedang mendung

Jadi, apa kamu ada rekomendasi tempat asik di Jayapura?

26 COMMENTS

  1. wih, keliling Indonesia negh mantep :)
    iya nih Indonesia padahal banyak banget tempat yang mesti dijelajahi, tapi transportnya ga memadai yah. mestinya travel blogger ato backpackers disuru jadi asisten menteri pariwisata ato transportasi yah :P :P

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')