Tidaakkkk! Pagi ini pas saya lagi motret sunrise di ujung genteng atas genteng, saya melihat ada sesuatu yang janggal di hasil foto saya. Tadinya saya kira itu adalah burung yang lewat, but it’s so damn big for a bird! Setelah diperhatikan, maka saya pastikan itu adalah kotoran yang menempel pada sensor CCD si kamera saya.

Memang sensor kamera sudah agak kotor, tapi yang ini yang paling parah. Dicoba di-blow juga udah gak mempan. Ada yang tahu cara menghilangkannya? (tanpa harus ke tempat service nikon).  Oh iya, kali ini shutter count sudah 130.000 +, tapi si d40 masih sehat-sehat saja sepertinya. Oh, well..

5 COMMENTS

  1. duh wira, dibawa ke orang yang expert dalam bersih membersihkan sensor deh..itu kesian banget sampe segede itu kotorannya…ck ck ck :D

  2. saya pernah bersihin kotoran yg nempel dan bandel spt ini. saya menggunakan kaca pembesar untuk melihat detail posisi kotoran di mana, lalu saya gunakan pembersih telinga yg halus untuk mengambil kotoran tsb, pembersih telinga agak di basahin biar serabut kapas gak nempel.

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')