Bagaimana cahaya terbaik untuk fotografi Landscape?

10

Tentunya kita sudah tahu bahwa cahaya terbaik untuk memotret landsacpe adalah pada saat pagi hari atau sore hari. Tetapi, cahaya yang seperti apa sih yang bisa membuat foto kita ‘juara’ ?

Mari saya klasifikasikan tipe cahaya terlebih dahulu :

  • Cahaya keras (hard light)
  • Cahaya lembut (soft light)

Hard light umumnya terjadi pada siang hari, atau hari menjelang siang saat awan-awan tidak ada. Sumber cahaya kita satu-satunya adalah matahari. Hard light akan terjadi jika sumber cahayanya relatif lebih kecil dibandingkan dengan subjeknya. Matahari adalah satu-satunya sumber cahaya kita yang sangat besar. Tetapi karena sangat jauh, ia menjadi relatif lebih kecil daripada kita. Sehingga yang dihasilkan adalah cahaya yang keras dengan kontras yang tinggi.

Soft light kebalikan dari hard light, cahayanya lembut serta berkontras rendah. Softlight biasa terjadi saat hari berawan. Kenapa? Karena sinar matahari akan tertutup awan dan akan menyebarkan cahaya ke seluruh permukaan awan. Sehingga yang terjadi awan menjadi sumber cahaya yang relatif lebih besar dan dekat terhadap kita.

Oke setelah mengetahui tipe cahaya, sekarang pertanyaannya adalah : what’s the best light for landscape photograpy !?

Sebenarnya ini relatif, tetapi menurut saya untuk membuat foto yang menarik dibutuhkan kombinasi dari keduanya. Yes, a combination of hard light and soft light will make your photography more interesting!

Dan jika ingin membuat lebih mantap lagi, masukan elemen transmitted light dan reflected light.

Transmitted light berarti kita dapat melihat sumber cahaya, misalnya matahari. Reflected light berarti cahaya yang terpantul, misalnya oleh air. Dengan menambahkan elemen ini saya jamin foto landscape kita tidak akan biasa-biasa saja.

Happy light hunting!

10 COMMENTS

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')