Pagi itu tak terlalu dingin di Kiara Payung, walaupun matahari malu-malu muncul untuk menghilangkan kabut pagi. Beberapa teman-teman kaskus OANC yang sudah bangun nampak kecewa karena tak bisa menangkap matahari pagi itu.

Gathering Nasional OANC
Pagi di Kiara Payung

Kalau kamu anak gunung yang suka ngaskus, pasti kenal dengan subforum yang satu ini : Kaskus OANC ( Outdoor Adventure and Nature Club).

Mei 2015 lalu Kaskus OANC mengadakan gathering yang kelima kalinya. Gathering tahunan ini diadakan untuk ajang silaturahmi antar member kaskus, ajang pamer gear-gear yang bikin ngiler, juga ajang cari jodoh *eh*

Gathering Nasional OANC
Tenda Warna-warni

Ini pertama kalinya saya ikut Gathnas. Sudah beberapa tahun lalu saya ingin ikut, tapi malu karena nggak kenal satupun orang disana. Di forum pun paling cuma cari gear-gear gunung murah dan pembaca pasif yang sekali-kali posting foto gunung, hehe.

Yang paling saya ingat di OANC adalah pernah mantengin thread cerita mistis di gunung, sampai beberapa hari baca beberapa puluh halaman. Duh, takut tapi penasaran :))

Gathering Nasional OANC
Sesi kumpul-kumpul malam hari

Di gathnas 5 ini saya bersama mas Farchan didaulat sebagai pembicara dalam gathering ini. Jadi gak hanya kemping ceria, namun juga ada sharing dari kami tentang penulisan dan fotografi perjalanan.

Tentu saya yang membahas tentang fotografi.

Saya memang bukan professional, namun kalau diminta pamer berbagi tentang fotografi saya sangat senang sekali :’)

Gathering Nasional OANC
Gileeeee :)))

Sebelum saya naik gunung, pasti saya mampir ke forum kaskus OANC ini. Ada subforum yang khusus menayangkan catatan perjalanan. Walaupun terkadang pusing melihat tulisan dan foto yang agak tidak seragam, informasi yang mereka berikan sangatlah bermanfaat, apalagi buat yang belum pernah menginjakan kaki ke gunung tersebut.

Mungkin itulah salah satu alasan panitia untuk mendatangkan saya dan mas Farchan untuk manggung disini. Supaya thread-thread catatan perjalan yang dibuat bisa lebih berkualitas.

Gathering Nasional OANC
Kopdar dulu kk ~
Gathering Nasional OANC
Selfi dulu! ©satyawinne.com

Dari mas Farchan sendiri, dia melihat banyak pendaki gunung yang belum gemar menulis, mendokumentasikan perjalanannya. Well, mungkin foto-foto dan status sudah mereka upload ke social media, namun menurut saya lebih baik jika perjalanan tersebut bisa dituliskan secara apik ke dalam tulisan utuh yang timeless.

Mz Farchan in action. Mz perutmu mz.
Mz Farchan in action. Mz perutmu mz.

By the way, saya sendiri belum pernah bikin thread di kaskus kecuali di FJB sih :))

Untuk tempatnya sendiri — walaupun nama acara ini Gathnas Bandung — ternyata bukan di Bandung, tapi di Sumedang, hehe. Bandung.

Pada bawa suami, istri, dan anak. Jomblo cari jodoh. Joss.
Pada bawa suami, istri, dan anak. Jomblo cari jodoh. Joss.

Ya, tapi Kiara Payung memang tak terlalu jauh dari Bandung. Bumi perkemahan kiara payung ada di dekat Universitas Padjajaran kampus Jatinangor. Tak jauh di belakangnya.

Kalau nama acaranya Gathering Nasional Kaskus 5 : Sumedang, kayaknya kurang menjual deh namanya :))

Gathering Nasional OANC
Main jalan di atas tali. Apa ya namanya?
Gathering Nasional OANC
Kita juga bisa coba kok, tapi susah banget!

Anyway, suasana hangat keluarga, gelak tawa, dan canda ria di kiara payung membuat akhir pekan itu sangat berkesan. Layaknya di gunung, yang tak kenal sekalipun bisa langsung seperti kawan lama yang tak jumpa karena tahu kita sama-sama punya tujuan yang sama.

Jadi, sampai jumpa di gathering berikutnya!

Gathering Nasional OANC
Foto bareng di pojokan
Gathering Nasional OANC
Pesertanya ada sekitar 250 orang dari banyak kota di Indonesia! ©TravellerKaskus

 

— Gathering Nasional 5 OANC Bandung. Bandreg Bajigur. Bandung Anu Saderek, Batur Jiga Dulur.

**BTW, ada yang motret saya pas lagi ngasih materi? Minta dong! :))

14 COMMENTS

  1. yaahhh koq poto kita ga di pajang wir :(
    padahal jauh2 cuma pengen ketemu wira hahaha…..
    Btw banyak nih poto kami wir di saya……

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')