Liburan buat sebagian orang adalah kemewahan. Namun tak bisa dipungkiri, di masa saat tingkat strees tinggi seperti ini – apalagi jika kamu tinggal di perkotaan – liburan bisa jadi adalah sebuah kebutuhan.

Untuk menjaga kewarasan dan kesehatan pikiran, menurut saya liburan itu memang sangat perlu. Ada sebuah quote yang bisa jadi panduan kamu : Once a year, go someplace you’ve never been before.

Tapi kalau memang pekerjaan kamu mengharuskan untuk traveling seperti travel blogger atau travel photographer, tambahkan ‘with your own budget’ di belakang quote-nya ya, haha!

Dengan liburan, semangat kita untuk kerja dan belajar kita akan kembali. Sungguh, liburan itu sebetulnya tak mahal, asal kita bisa merencanakan keuangan dengan baik.

Gimana yah caranya?

Coba deh, misalkan sekali kamu ngafe beli iced coffee latte dan croissant saja, pasti sudah mendekati 100 ribu rupiah dalam seminggu. Sebulan? Sudah 400 ribu.

Kalau saja kamu bisa menabung uang tersebut selama beberapa minggu saja, tiket untuk penerbangan dua jam sudah bisa didapat loh! Bisa ke Bali, Kuala Lumpur, Singapura, atau mana saja destinasi yang kamu inginkan.

Atau coba menabung uang receh dengan cara konvensional : pakai celengan!

Uang receh 1000, 2000, 5000 rupiah sisa kembalian waktu kamu beli nasi padang atau dari mini market, jika dikumpulkan setiap hari bisa untuk membiayai hotel kamu selama liburan. Ya tentunya bukan hotel yang mewah, tapi paling tidak kamu jadi tidak terasa untuk membiayai liburanmu.

Atau kalau mau lebih canggih, buka rekening satu lagi khusus untuk liburan. Gunakan fungsi autodebet agar masuk otomatis senilai yang kamu tentukan dari rekening utama. Tanpa terasa, tiba-tiba kamu sudah bisa beli tiket pesawat ke Eropa!

Namun, bagaimana kalau kamu harus traveling tiba-tiba dan dana kamu sedang tidak siap? Misalnya saja harus menghadiri resepsi pernikahan sahabat di luar kota. Atau ada rekan yang meninggal dunia di pulau seberang, yang mengharuskan kamu untuk segera membeli tiket pesawat.

Kalau kamu punya kartu kredit, mungkin bisa jadi tak masalah. Kamu masih bisa membeli tiket dan membayarnya pada tagihan bulan depan, bahkan merubahnya menjadi cicilan.

Nah bagaimana kalau tidak punya? Cobain deh cicilan tanpa kartu kredit di Traveloka ini. Fitur baru bernama PayLater ini memungkinkan kamu untuk membayar kebutuhan liburan seperti tiket pesawatmu!

Bisa juga misalnya kamu sedang punya impian liburan ke suatu destinasi, namun kalau dipesan dari jauh-jauh hari harga akan lebih murah. Nah dengan fitur ini kamu bisa beli tiket pesawat dan hotel dengan cara mencicil dari jauh-jauh hari. Bisa jadi kamu lebih untung!

Cara daftarnya gampang, tinggal klik icon “traveloka Pay” di app kamu, click “payLater”, kemudian ikuti persyaratannya dan tunggu hasil penilaian dari tim analis internal PayLater.

Dengan fitur PayLater ini, kamu bisa dapat pinjaman dana yang besarnya Rp 2 juta hingga Rp 10 juta. Pinjaman itu bisa dipakai untuk membeli berbagai produk Traveloka seperti tiket pesawat, kamar hotel, tiket kereta api, serta tiket atraksi.

Untuk mendapatkan pinjaman, kamu hanya perlu menyertakan KTP dan salah satu dokumen pendukung seperti NPWP, KK, BPJS atau, SIM. Kamu juga harus memiliki usia 21 hingga 55 tahun ya. Setelah mengisi data yang dibutuhkan, dana akan tersedia paling lama satu jam setelah proses pengajuan.

Sementara itu, mengenai sistem pembayaran, jika tenor yang dipakai adalah 1-3 bulan, tidak akan ada bunga yang dikenakan! Bila lebih dari tenor tersebut, baru ada tambahan bunga.

Tapi kamu harus ingat, fitur ini harus kamu gunakan secara bijak. Jangan mentang-mentang bisa bayar liburanmu dengan mencicil, kamu jadi seenaknya beli tiket tanpa memikirkan kebutuhan kamu lainnya yang utama.

Jangan sampai setelah kamu liburan, malah kesulitan untuk membayar cicilan. Pastikan liburanmu memang untuk kebutuhan rehat dan menenangkan pikiran. Kalau kebutuhannya hanya untuk pamer di Instagram, saran saya lebih baik berpikir ulang dan menabung saja dulu deh ya, hehe!

Semoga membantu dan selamat merencanakan liburan!

2 COMMENTS

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')