Hong Kong adalah salah satu surga belanja di dunia. Apalagi buat para penggemar fashion. Dari pasar loak, pasar grosir, hingga brand-brand internasional semua ada di sini.

Mulai dari barang tak bermerek berkualitas baik namun harganya murah, hingga merek-merek fancy internasional dengan harga yang tak terbayangkan, tersedia di Hong Kong!

Jadi sebelum kamu mulai petualangan belanja di Hong Kong, mari simak tempat-tempat yang bisa kamu datangi di bawah ini ya!

1. Hong Kong Industrial Centre

Hong Kong Industrial Centre (foto : wikimedia common )

Untuk belanja fashion dengan harga yang relatif terjangkau, Hong Kong punya area yang harus kamu kunjungi!

Namanya Hong Kong Industrial Center. Pada hari biasa, di sini memang lebih banyak menjual secara grosir. Baru pada hari Sabtu, toko-toko akan menjual secara retail. Di hari Minggu kebanyakan toko tutup, jadi lebih baik optimalkan hari sabtu kamu buat belanja di sini.

Tak usah kaget, baju di sini kualitasnya bisa seperti baju bermerk tapi dengan harga yang sangat jauh di bawahnya. Cocok buat kamu yang suka jastip haha!

Jam buka: Senin hingga Sabtu 10:00-19:00 (Sabtu untuk publik)
Alamat: No.489-491 Castle Peak Road, Kowloon, Hong Kong
Cara menuju ke sana : via MTR Lai Chi Kok Station, Exit C

 

2. Cheung Sha Wan Fashion Street

Cheung Sha Wan  (foto discoverHong Kong.com)

Tempat ini hampir mirip seperti Hong Kong Industrial center. Namun alih-alih berbentuk mall, tempat ini adalah jalanan yang di kiri kanannya terdapat toko yang menjual bahan pakaian, pakaian jadi, pernak-pernik, atau aksesoris lainnya.

Buat para perancang busana lokal, tempat ini adalah pilihan pertama untuk mencari material-material penunjang dalam pembuatan fashion items mereka.

Disini jika kamu semakin banyak kamu membeli baju, maka harga akan semakin murah. Rule of thumb-nya: Kalau kamu sudah membeli empat buah, coba tawar yang agak di bawah harga pasar, kemungkinan bisa dapet loh!

Oh iya, buat yang cari oversized clothing di Cheung Sha Wan ini banyak tersedia.

Jam buka : 10:00 – 18:30 (Senin – Jumat); 10:00 – 16:00 (Minggu)
Alamat : Cheung Sha Wan Road, Sham Shui Po
Cara menuju ke sana : MTR – Sham Shui Po station, exit C1

 

3. Ladies Market

Para ladies pasti bahagia di sini

Buat para perempuan, di pasar ini banyak sekali kosmetik, masker-masker murah, dan segala macam skin care. Kalau saya sih nggak begitu mengerti, tapi kalau kamu para wanita pasti ngerti deh ya!

Tentu tak hanya kosmetik, berbagai macam item fashion juga ada di sini. Walaupun namanya ladies market, tapi tetap ada barang untuk pria kok.

Tips buat para pria: Pegang erat-erat pasangan kalian kalau tidak mau bangkrut. atau paling tidak waktu pulang harus bayar tambahan bagasi karena barang belanjaan!

Jam Buka : 12.00 – 23.00
Alamat : Tung Choi Street, Mong Kok, Kowloon
Cara menuju ke sana : MTR Mong Kok Station, Exit E2

 

4. Tsim Sha Tsui

Ini area buat para shopaholicyang berbudget relatif besar.

Tsim Sha Tsui ini pusat belanjanya Hong Kong. Ada mall yang besar banget namanya Harbour City. Barisan brand internasional seperti Louis Vuitton, Gucci, dan sejenisnya terlihat berbaris di sepanjang Tsim Sha Tsui.

Tapi kalaupun budget kamu belum bisa untuk belanja tas macem Syahrini ini, Tsim Sha Tsui tetep asik buat jalan-jalan kok! Jalanannya fotogenik. Apalagi di ujung jalan ada Victoria Harbour yang kalau malam akan terlihat gemerlap kota Hong Kong yang kece abis!

Jam Buka : 10.00 –  22.00 (Harbour city mall, tempat lainnya mungkin bervariasi)
Alamat : Tsim Sha Tsui district, Kowloon
Cara menuju ke sana : MTR Tsim Sha Tsui Station

 

5. Temple Street Market

Jangan lupa menawar di sini

Nah ini yang mau belanja barang-barang seperti tas, baju, jam tangan, barang antik dan barang-barang lain seperti magnet kulkas ataupun casing hape bisa disini. Temple Street Market ini pasar palugada banget. Apa lu mau gue ada.

Kamu juga bisa menawar. Harus sih. Cuma ya, siap-siap mental aja kalau dibentak kalau kamu nawarnya sadis seperti lagunya Afgan. Jadi tawar sewajarnya saja ya.

Seperti namanya yang night market, pasar ini baru buka jam 5 sore.

Alamat : Temple Street, Yau Ma Tei, Kowloon
Jam buka : 17.00 – 23.00
Cara menuju ke sana : MTR Yau Ma Tei Station, Exit C, turn onto Temple Street at Man Ming Lane

 

6. Doughnut

Buat yang suka tas backpack hipster yang fashionable, coba mampir ke Doughnut. Butik tas sederhana yang awalnya ada di Sham Shui Po sejak tahun 2010 ini, sekarang punya beberapa toko di Hong Kong.

Model tasnya antara cute, hipster, dan traveler abis deh pokoknya. Cocok buat properti foto ala-ala di instagram! Sebagai pecinta backpack, saya bisa menghabiskan banyak waktu untuk melihat dan mencoba tas di sini.

Alamat : 68 Fuk Wa Street, Sham Shui Po
Jam buka : setiap hari 10.30 – 20.00
Cara menuju ke sana : MTR Sham Shui Po Station, Exit A1.

7. Apliu Street

foto : discoverhongkong.com

Apliu Street ini sejenis flea market alias pasar loak. Isinya macam-macam dari aksesoris mobile phone, piringan hitam, furniture jadul, mesin tik yang vintage dan macam-macam barang yang tidak pernah kamu bayangkan. Tapi memang kebanyakan barang elektronik di sini.

Layaknya flea market, barang-barang di sini biasanya instagram able berbau vintage. Dan tentu saja, kalau kamu bersabar, bisa jadi kamu menemukan hidden treasure.

Alamat : Apliu Street, Sham Shui Po, Kowloon
Jam buka : sekitar 10.30 – 20.00 setiap harinya
Cara menuju ke sana :MTR Sham Shui Po Station, Exit C2

Jadi, tempat mana yang bakal kamu kunjungi nanti di Hong Kong?

Selamat berbelanja!

3 COMMENTS

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')