Luas Taiwan kurang lebih mirip seperti provinsi Jawa Barat. Namun tahukah kamu bahwa Taiwan punya dua puluh lebih theme park unik yang bisa kamu kunjungi?

Jadi, waktu diundang oleh Taiwan Tourism beberapa waktu lalu, saya sempat mengunjungi beberapa theme/amusement park di negara tempat serial TV Meteor Garden pernah populer beberapa tahun silam (yah, ketauan deh umurnya haha!).

Anyway, ini beberapa amusement park yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga! Psst, buat muslim tak perlu khawatir, ada fasilitas musholla dan makanan halal di hampir semua tempat ini lho!

Pertama kami mengunjungi Little Ding-Dong Science park. Tamannya lucu banget, semacam lab raksasa outdoor buat anak-anak belajar sains. Lokasinya di Hsinchu city, satu jam berkendara dari Taipei.

Ada miniatur pembangkit listrik tenaga air, angin, hingga surya; yang semuanya aktif dan bisa interaksi dengan kita. Ada juga peraga hukum archimedes, kaca seribu bayangan, rumah miring, shower raksasa, sampai yang paling epic : salju buatan di dalam ruangan buat kita main ski!

Jangan buang sampah sembarangan ke laut ya, kasihan hewan-hewan.
Rumah miring
Keran terbang?
Buat yang mau main air
Dari taman ini bisa melihat pemandangan kota
Di luar 32 derajat, di dalam sini tetiba 2 derajat. Masuk angin deh :))

Lalu kami beralih ke Lihpao Land di Taichung City. Bianglala bernama Sky Dream yang ada di Lihpao Land ini adalah yang terbesar di Taiwan. Titik tertingginya 384 meter. Pemandangan dari atas bianglala ini sungguh menakjubkan.

Lihpao ini theme park yang terintegrasi dengan resort berstandar internasional. Buat keluarga yang ingin menginap, belanja,  sambil berekreasi tempat ini bisa menyediakan semuanya.

Sky dream

Lalu kami beralih ke Lihpao Land di Taichung City. Bianglala bernama Sky Dream yang ada di Lihpao Land ini adalah yang terbesar di Taiwan. Titik tertingginya 384 meter. Pemandangan dari atas bianglala ini sungguh menakjubkan!

Lihpao ini theme park yang terintegrasi dengan resort berstandar internasional. Buat keluarga yang ingin menginap, belanja,  sambil berekreasi tempat ini bisa menyediakan semuanya.

Berswafoto dalam sky dream
Lih Pao International Circuit
Parade di dalam Lihpao land

Yang paling menarik adalah wahana roller coaster bernama Gravity max. Coaster ini punya fitur unik, yaitu turunan 90 derajat yang dihadapkan ke bawah. Jadi rasanya betul-betul seperti lompat dari atas gedung. Hanya untuk yang pemberani saja ya!

Lihpao juga punya sirkuit go-kart berskala Internasional. Saya dan beberapa kawan media sempat mengadakan race. Sayang kami harus berhenti di lap kedua, karena ada salah satu kawan kami yang keluar jalur dan menabrak pagar pembatas. Syukur tidak terjadi apa-apa.

Didaulat jadi raja waktu pertunjukan tari-tarian. Cuma disuruh duduk sambil cengar-cengir sih.

Lain lagi dengan Formosson Aboriginal Culture village. Taman ini luasnya tak main-main, 62 hektar! Selain wahana, taman ini juga dibuat sebagai kawasan edukasi dalam hal suku-suku aborigin di Taiwan. Ya, ada sekitar 16 suku asli di Taiwan. Salah satunya adalah guide kami yang bersuku Ami.

Suku Ami ini masih serumpun Austronesia dengan kita. Makanya ada beberapa kemiripan motif baju adat. Bahkan bahasanya juga mirip dengna bahasa Indonesia campur jawa dan sunda! Contohnya saat kami minta ia menghitung satu sampai dengan sepuluh dengan bahasa Ami, hampir pelafalannya mirip dengan bahasa Indonesia.

Bisa jadi suku aborigin taiwan ini adalah nenek moyang Indonesia, kan?

Bisa memakai kostum suku aboriginal taiwan!
Salah satu mushola di theme park yang lain : Janfunsun fancy world

Sampai jumpa lagi!

7 COMMENTS

  1. Namanya ding dong kirain buat main game arcade ala taun 90an..hahaha..seru tuh roller coaster 90 derajat, sensasi nya beda tuh pasti. Mas Wira nyobain ga tuh? Hahaha.. Banyak wahana seru yah, gokart nya juga kayaknya seru tuh.

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')