Berkenalan dengan Backpacker Borneo

26
Danau labuan cermin by backpackerborneo.com
Danau labuan cermin by backpackerborneo.com

Sekarang saya mau bahas salah satu blog kece Travel Bloggers Indonesia asal Kalimantan ini : Backpacker Borneo!

Ehm, jadi ini adalah hasil ‘arisan’ kami yang hadiahnya berupa tukaran review antar travel blogger, hehe. Nah, sekarang ini saya lagi kebagian blog-nya om Indra pemilik backpackerborneo.com. Untuk blog saya sendiri kali ini akan dibahas oleh mas Fahmi catperku yang sepertinya sedang disandera sama istrinya gara-gara hanimun yang tertunda *dikeplak*

Mari kita kenalan dulu dengan si empunya blog dengan logo burung Enggang khas Kalimantan ini. Mas Indra yang katanya campuran suku Dayak dan Banjar ini tinggal di Palangkaraya, ibukota provinsi Kalimantan Tengah.

Saya pikir blog nya ini isinya semua tentang Kalimantan. Namun, ternyata mas Indra ini hobi ngebolang kemana-mana. Jangan kaget kalau menemukan postingan tentang Raja Ampat ataupun perjalanannya menikmati jawa-bali-lombok hingga pulau komodo!

Menurut mas Indra, masih banyak potensi Kalimantan yang belum diperhatikan oleh kita sebagai warga negara Indonesia itu sendiri.

Sebagai seorang pejalan tentunya potensi wisata di Kalimantan dapat menjadi tujuan yang lengkap bagi para pencinta keindahan dan pertualangan. Dari hutannya yang masih perawan dan menantang, hewan endemik seperti Orang Utan dan Burung Enggang, sampai bawah laut di kepulauan Derawan yang identik dengan Danau Kakaban yang berisi ubur-ubur yang tidak menyengat.

Backpacker Borneo di Raja Ampat
Backpacker Borneo di Raja Ampat

Namun sayangnya transfortasi menjadi masalah utama menjadi kendala untuk mengakses tempat-tempat yang eksotis tersebut.  Mustahil tanpa dukungan dari dari pemerintah Pulau Kalimantan yang kaya bisa menjadi tujuan wisata alternatif bagi rakyat Indonesia yang selama ini masih lebih memperhatikan sektor pertambangan dan kebun kelapa sawit yang merusak alam.

Semoga usaha kecil ini (blog) memberikan kontribusi yang berarti bagi Pulau Kalimantan yang saya cintai.

*copas dari about me, dikeplak lagi* :))

Kemudian mari kita lihat dari sisi desain. Blognya mas indra ini pakai platform blogspot. Desain theme-nya saya sudah sering lihat di blog-blog lainnya, jadi kalau bisa diganti theme premium yang berbayar biar tambah unik dan kece.

Foto-fotonya kadang terlalu kecil, jadi agak kurang cetar membahana haha. Tapi saya lihat di postingan-postingan baru fotonya sudah membesar.

Yang saya suka dari backpacker borneo adalah ia sangat informatif, nggak kayak blog saya ini yang cuma pamer foto. :))

Ia sering memberikan tips untuk ‘backpaking’ ke tempat-tempat yang unik seperti misalnya danau labuan cermin, derawan, atau tips backpacking murah ke Raja Ampat.

And that’s really enough to make people envy.

Jadi, apakah kamu sudah pernah berkunjung ke Borneo?

Kalau belum, silakan mampir dulu ke Backpacker Borneo dan jangan salahkan saya kalau kamu langsung mupeng kesana hahahaha!

PS: Tulisan ini dibuat dalam rangka memperingati Hari Blogger Nasional yang jatuh pada 27 Oktober lalu. Juga dalam rangka arisan Travel Bloggers Indonesia melakukan review blog antar anggota secara acak untuk dipublikasikan bersama pada hari ini, Sabtu, 1 Nopember 2014.

Posting bareng yang lain bisa dilihat di:

  1. Blog Bulan oleh Firsta : Blog Review for Hari Blogger Nasional: The Uber Journey
  2. Blog Olive oleh Andre Handoyo : BLOG REVIEW : http://OBENDON.COM
  3. Blog Wira oleh Fahmi Kucing : Wiranurmansyah Si Travel Photo Blogger
  4. Blog Firsta oleh Adlienz : Mengenal Indonesia Lewat Jejak Firsta
  5. Blog Fahmi Hiu oleh Titiw : Travel Blog Review: Fahmi Anhar Sang Pencinta Hiu
  6. Blog Indra oleh Wira : Berkenalan dengan Backpacker Borneo
  7. Blog Adlienz oleh Indri: Mengulik Adlienz: Si Gadis Pelarian Laut
  8. Blog Andre oleh Indra : Review Blog: Jalan-jalan Bersama http://Andrehandoyo.com
  9. Blog Fahmi Kucing oleh Olive : [Review Blog] Catperku, Jejak dalam Untaian Kata
  10. Blog Yofangga oleh Nugie : [Review Blog] The Lostraveler: Warmer, Softer, Deeper
  11. Blog Bolang oleh Bulan : [Review Blog]: Tentang Kak Kembara..
  12. Blog Nugie oleh Bolang : Learning by Traveling [Review Blog]

 

 

26 COMMENTS

  1. Saya pembaca setia Blog, Kak Indra. Dan saya ngerasa senang, karna ada yang rajin membahas – memperkenalkan Kalimantan ke seluruh penjuru dunia, Makasi banyak Ya

  2. […] Hiu blog Firsta direview Adlienz : Mengenal Indonesia Lewat Jejak Firsta blog Indra direview Wira : Berkenalan dengan Backpacker Borneo blog Titi direview Yofangga : Langkah Kaki Titi blog Andre direview Indra : Review Blog: […]

  3. “backpacker borneo adalah ia sangat informatif, nggak kayak blog saya ini yang cuma pamer foto.”
    Gyahaha, kak wira ngereview sekalian curhat :D
    Kapan-kapan hunting foto bareng yuk kak
    *jangan sodorin tarif ngajar yah :P

  4. Review yang singkat tapi tetep bagus dan menghibur, mas :D

    Gue belum pernah ke Borneo. Lagi ngincer yang gratisan karena setahun ini nggak bakal bisa cuti. Blognya mas Indra itu unik lho, dia mengangkat satu daerah khusus sebagai spesialisasinya. Meskipun suka typo, haha. Sukses buat kak Indra!

  5. waktu cari catatan perjalanan sebelum pergi ke Semeru, saya ngintip blognya Mas Wira (akuloh bilang blognya Mas Wira ke Om Fathur eeh Om Fathur bilang Mas Wira ini ‘suhu’nya dia hahaha dunia sempit). Sebelum mampir ke halaman ini, saya pun baru selse cari2 informasi soal perjalanan Samarinda – Labuan Cermin dari blognya Kak Indra (backpackerborneo). Sedang dalam persiapan pindah ke Samarinda dan mulai menyiapkan fisik, mental dan (maaf)… p*ntat untuk perjalanan darat 20 jam Samarinda – Biduk2. Mudah2an bisa tahun ini ke Labuan Cermin, karena waktu ke Derawan nggak sempat ke sana.

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')