Soto padang teh talua
Soto Padang

Saya punya satu travel warning buat kalian yang bakal pergi ke Sumatera Barat : Siap-siap perut membesar! Haha!

Penerbangan pagi buta itu membuat perut saya keroncongan saat mendarat di daratan Minangkabau. Tak tertarik makan fastfood di Bandara, saya langsung mengarahkan mobil sewaan ke Bukit Tinggi.

Masih di Jalan utama Bandara, kami memberhentikan mobil di sebuah warung. Warung ini bernama “Soto Angkasa”. Tentu saja warung ini menjual soto padang. Tak perlu ada embel-embel soto “padang” di belakangnya. Begitu juga Warung Nasi, tak ada “Warung Nasi Padang” atau “Warung Sate Padang”. Hilangkan kata Padangnya, karena ini sudah di Padang, tweeps.

Hidangan dengan bahan irisan daging sapi kering, bihun, ditambah perkedel kentang, kemudian disiram kuah kaldu sapi panas dengan bumbu rempah sangat menggugah selera! Tapi walaupun soto padang memang nikmat, sebetulnya saya lebih terkesan dengan minuman yang disajikan : Teh telur, atau lebih dikenal dengan Teh Talua.

Soto padang sebelum diberi kuah
Soto padang sebelum diberi kuah
Soto padang teh talua
Soto padang diberi kuah

Mungkin karena kami nampak seperti turis norak yang memotret semua menu yang muncul sebelum memakannya, si Ibu penjual Soto menawarkan kami untuk melihat pembuatan teh talua di dapurnya.

Ternyata caranya sangat gampang, seperti ini :

1. Pisahkan Kuning Telur

Karena kita memang hanya menggunakan kuning telur. Kemampuan memisahkan ini jadi penentu amis tidaknya teh talua kita nanti.

Cara membuat teh talua
Kuning Telur

2. Kocok Telur Hingga benar-benar mengembang

Jenis telur yang digunakan dan keahlian mengocok telur jadi penentu cita rasa teh talua. Jadi, pastikan telur dikocok oleh ahlinya.

Cara membuat teh talua
Kocokan harus mantap.
Cara membuat teh talua
Kocok hingga mengembang jadi busa putih
Cara membuat teh talua
Uda penjual teh talua. Ahli mengocok, sepertinya.

3. Tuangkan Teh hitam bubuk panas di atas telur

Teh yang biasa digunakan untuk membuat teh talua adalah teh hitam dari medan yang berbentuk bubuk. Teh ini jauh lebih pekat dan rasanya kuat dibanding teh celup yang biasa kita konsumsi.

Cara membuat teh talua
Tambahkan teh hitam

4. Tambahkan pemanis dan jeruk nipis sesuai selera, nikmati selagi hangat!

Jangan lupa tambahkan jeruk nipis untuk menambah kesegaran!

3. Tuangkan Teh hitam bubuk yang kuat di atas telur
Menambahkan susu kental manis

Nah, mudah kan? Teh ini konon bisa menambahkan stamina dan vitalistas. Apalagi buat yang mau mengendarai mobil di Jalur lintas Sumatera.

Selamat mencoba!

Cara membuat teh talua padang
Ini warung nya
Cara membuat teh talua padang
Sesaat sebelum mendarat di Sumatera Barat. Yuk, kapan?!

25 COMMENTS

  1. Mampir lah ke itiak lado mudo di ngarai sianok, sama nasi kapau di los lambuang, biar makin endut gan,,,,,,heheheheheeh,,,,,, :D

  2. Soto padang nya beneran aroma nya bikin tergoda …. Btw wira nich sirik banget dech, knp foto gw yg keliatan ganteng nya standar di munculin, kan ada pose yg ganteng super :-(

  3. aagghhhhhh aku suka soto padang ^o^… memang ga ada yg ngalahin masakan padang ;p

    eh tapi itu teh taluanya, amis ga sih mas? -_- aku ga pernah mw makanin telur mentah gitu.. apalagi dicampur ke minuman ;p

  4. waktu kesumbar juga nyobain teh telur dikampung cina, pertama tama agak takut buat nyobain, takut amis tapi pas nyoba ternyata gak amis mirip mirip teh tarik rasanya.

  5. Wir, sotonya mak nyus kah? Kalo iya nanti pas ke Padang saya mau mampir ke warung yang sama, sekalian mau belajar bikin teh talua juga. Sejak pertama kali tau tentang teh ini langsung penasaran rasanya gimana.

    • Sotonya sih biasa aja kak Bama, tapi tetep enak hehehe. Nggak nyobain soto padang lagi pas di rumah2 makan lainnya jadi gak bisa bandingin. Tapi teh taluanya top! :))

  6. Saya orang betawi kerja nya di tanaah abang,dan bergaulnya sama uda2 dan uni2 nongkrongnya di foodcort biasanya kalo pesen kopi susu buatan uda yg punya warung,pernah di tawarin teh telor saya nolak karna ga biasa konsumsi telor mentah,tp pas nyobain ternyata enak,dan akhirnya ternyata saya ketagihan maaknyus dah teh talua…

  7. Mand4ffff teh telor saya malah nyobain pertama di pekan baru tepatnya di bukit barisan harapan raya.keduanya di pingiran aceh..di aceh tamiang rasanya pengen terussss joooosss

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')