Pengalaman saya dengan imigrasi terbilang cukup baik.

Dari mulai membuat paspor, memperpanjang paspor, mengganti paspor dengan epaspor, hingga menambahkan nama di paspor untuk keperluan umroh.

Beberapa kawan saya tidak bernasib sama. Ada yang harus menunggu lama karena stok buku paspor habis, harus mengantri dari sebelum subuh agar dapat antrian, hingga kejadian kurang mengenakan lainnya.

Nah, menambahkan nama di paspor ini biasanya untuk keperluan umroh atau haji. Karena imigrasi di Saudi Arabia mengharuskan jumlah nama adalah tiga buah.

Ini untuk alasan keamanan juga sepertinya. Kalau cuma dua kata seperti misalnya WIRA GANTENG, ada kemungkinan akan ada nama orang yang sama.

Apalagi jika nama kamu generik seperti AGUS, BUDI, ASEP, dan lainnya.

 

Ditambahkan nama siapa?

Nama saya baru dua kata. WIRA dan NURMANSYAH. Kamu bisa menambahkan nama dengan nama bapak, atau nama kakek.

Misalnya nama bapak saya GANTENG, maka nama saya di paspor akan menjadi WIRA NURMANSYAH GANTENG. 

Nantinya di halaman catatan pengesahan, bakal ada keterangan nama lengkap yang sudah di tambahkan.

Jadi bukan paspornya diganti atau ditambahkan halaman, cuma tercetak saja nama lengkap yang sudah lengkap dengan nama tambahan.

 

Bagaimana caranya?

  1. Datang ke tempat kamu menerbitkan paspor. Jadi misalnya paspor kamu dikeluarkan di Jakarta Selatan, ya literally you must dateng ke sana lagi.
  2. Bawa dokumen berikut :
    • Paspor asli
    • Fotokopi paspor bagian yang ada fotonya dan bagian belakang yang ada alamat. Dalam kertas A4 tidak udah dipotong.
    • Fotokopi KTP. Dalam kertas A4 juga ya.
    • Surat rekomendasi dari travel agent yang kamu gunakan untuk umroh
    • Formulir surat permohonan penambahan nama. Diisi dan ditanda tangan di atas materi. Tersedia di koperasi kantor imigrasi.
  3. Serahkan dokumen ke petugas. Ingat bukan di counter yang untuk membuat paspor baru ya. Tanya saja ke petugas atau satpam di mana counter untuk menambah nama.

 

Berapa lama prosesnya?

Sekitar 10 menit saja setelah saya serahkan dokumen, paspor sudah saya terima kembali. Saya di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan. Biayanya gratis tis tissss!

 

Udah begitu saja?

Iya, mudah dan simpel kan. Kamu juga bisa datang jam berapa saja. Lebih enak setelah jam makan siang sih karena kantor imigrasi lebih sepi. Karena kalau pagi itu adalah jadwal untuk penyerahan aplikasi pembuatan paspor.

Ini juga bisa diwakilkan sebetulnya. Dari travel agent juga bisa diurus, tapi dengan biaya sekitar 200 ribu. Mahal menurut saya.

Sedikit tips : Kalau punya anak, langsung saja kasih tiga kata buat nama biar gak perlu ribet begini haha!

Kalau kamu sedang akan berangkat umroh, nanti saya titip doa supaya bisa balik lagi ke sana ya bersama keluarga ya. :)

Terima kasih!

2 COMMENTS

  1. Pantas saja kemarin waktu bikin passport, di whiteboard tempat ditempelnya contoh isian dokumen, ada formulir tambah nama segala. Harus bikin 3 nama buat calon anak nanti hehe.

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')