Saya menghabiskan masa kecil di tahun 90-an pada zaman smartphone belum ada. Saya ingat sekali saya masih sempat bermain permainan tradisional yang tak perlu bantuan software. Tapi butuh kaki dan tangan yang bergerak langsung. Sebut saja kelereng, petak umpet, bentengan, lompat tali, ular naga, engklek, dan masih banyak lagi. Waktu main ke Kampung Lawas Maspati di tengah kota Surabaya setelah dari pelabuhannya yang megah itu,...
SAYA sempat menonton perlombaan Musi Triboatton yang digelar 11-15 Mei 2016 lalu di Sungai Musi, Sumatera Selatan. Kalau mendengar sungai Musi, pasti kita teringat jembatan Ampera di Palembang. Namun mungkin saya harus ingatkan, sungai musi ini panjangnya lebih dari 750 kilometer ( itu kira-kira mirip jarak Jakarta ke kota Malang lewat jalur pantura loh!). Sungai Musi membelah kota Palembang jadi dua bagian. Juga melewati sebagian...
desa nyambu tabanan bali
Kalau bicara sawah di Bali, pasti yang teringat adalah Ubud. Namun, Ubud saat ini sudah terlalu ramai ya? Walau dibandingkan dengan area selatan Bali seperti Kuta masih jauh lebih sepi sih. Uniknya, di Desa Nyambu yang letaknya di Tabanan hanya sekitar setengah jam dari pusat kota Denpasar, kita masih bisa melihat sebuah desa yang benar-benar BALI banget deh. Luas sawahnya...
Saya tercengang ketika pertama kali masuk ke terminal penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN) di dalam area Pelabuhan Tanjung Perak kota Surabaya ini. Ini pelabuhan apa bandara? Kok keren amat? Kalaupun ini Bandara, kondisinya benar-benar membuat Bandara Soekarno Hatta feels like a joke. Haha! Desainnya interiornya modern, ruang tunggu nyaman, ada wifi yang kencang (cukup ini saja penumpang kayak saya udah...
"Dibalik masjid itu kampung arab Al Munawar", kata pak Latief guide kami, sambil menunjuk ke masjid di pinggir sungai saat kapal masih berjalan di atas sungai musi, sepulangnya kami dari pulau kemaro. Kalau kamu melihat Menara BTS seluler yang lebih mirip seperti tiang panjat pinang yang diberi daun, kampung Arab Al munawar tepat berada di bawahnya. Kampung ini terletak di...
Makan ala nikahan tradisional palembang
Pempek? Tapi selain itu apa lagi ya? Saya sempat berkunjung ke Palembang beberapa hari dan tanpa sadar badan saya jadi tambah berat. Mulai dari Pempek, Patin, Mie Celor, hingga Martabak Har yang legendaris itu semuanya berhasil menggoda saya! Oh iya, FYI saja kalau berencana jalan ke Palembang, saya sarankan nanti pas 9 Maret. Ada apa sih? Gerhana Matahari Total! Gerhana ini cuma...
tbex media trip
In the past TBEX asia 2015 Bangkok, I had followed a session with the theme as it is written in the title above. The presentation was delivered by an Irish Public Relations Agency company who specialized in the field of travel. Actually, this session is not for bloggers, but for business people in the industry. But, because the class I attended was quite...
2058 km, 12 hari, 7 mobil Terios, 7 destinasi,  dan 28 kawan yang luar biasa. Apa saja yang kami temui sepanjang perjalanan ini? Ini adalah sedikit daftar dari pengalaman yang tak akan bisa dihitung jumlahnya. Berikut ini foto-fotonya, yang nggak mau scroll bisa lihat videonya aja dibawah ini nih. Tinggal klik play. Ciao! [youtube https://www.youtube.com/watch?v=0CXCinmCclE?rel=0] 1. Melihat Hutan yang terbakar dan kabut asap yang menutupi...