PURWAKARTA ini lokasinya strategis. Ia berada di persimpangan Jakarta, Cirebon, dan Bandung. Dahulu, sebelum ada tol hampir semua kendaraan dari Jakarta yang ingin ke kota Bandung atau Cirebon pasti singgah kota Purwakarta. Namun demikian, saat ini Purwakarta sedikit berbenah dengan memberikan banyak atraksi-atraksi baru untuk menarik wisatawan. Inilah beberapa daftar tempat wisata di Purwakarta yang bisa membuat kamu untuk singgah di kota ini! 1. Menyaksikan Pertunjukan...
test drive mazda 2
Buat anak weekenders, paling enak kabur ke mana sih kalau tak ingin terlalu jauh dari Jakarta? Puncak? Terlalu ramai dan macet. Kota Bandung? Apalagi. Ujung Kulon? Wah ide bagus, tapi kejauhan dan jalannya nggak bagus. Yah, jadi kemana dong tempat yang nggak begitu jauh dari Jakarta tapi bisa bikin pikiran kamu jadi fresh? Well, ini selera sih. Tiap orang beda-beda. Tapi saya...
Jakarta sepi yang ke 10? Tidak terasa ya waktu berjalan cepat sekali *berasa tua*. Pertama kali ikut kumpul Jakarta sepi dulu yang ketiga tahun 2008. Beberapa kali ikut lagi dan beberapa kali absen. Sempet ikut tahun 2009, 2010, 2012, dan 2013, dan tentunya tahun ini. Jakarta sepi awalnya memang inisiasi dari komunitas fotografer.net -- portal fotografi Indonesia yang dulu sempat hits di kalangan fotografer,...
Pada suatu hari yang cerah, saat saya sedang asik-asiknya mengerjakan proyek akhir, tiba-tiba datang seorang 'iblis' yang berkata, "wir ke bromo yuk". Saya shock. "Muke gile lu, gue lagi ngerjain PA gini lu mau ajak ke bromo, udah mepet nih" gw mencoba menolak. Tetapi memang sang iblis punya naluri setan penggoda yang sangat kuat, "Udeh PA lu cuma gitu...
Ada mitos yang mengatakan jika ada yang mendekat ke puncak gunung Patuha, manusia maupun hewan, maka akan mati. Masyarakat sekitar percaya bahwa puncak itu adalah daerah kediaman para Jin. Dengan kata lain, angker. Adalah Dr. Franz Wilhelm Junghuhn, yang pada tahun 1837 melakukan ekspedisi ilmiah ke puncak gunung ini. Dia bersama peneliti lainnya akhirnya menemukan kawah putih beserta belerangnya, sekaligus menjawab...
Rasanya belum lama saya ke pantai, tapi kok sudah mau ke pantai lagi hehe. Pagi itupun kami berangkat menuju rancabuaya, tempat yang kami sendiri tidak mengetahui entah dimana itu. Tanpa pikir panjang kami langsung menuju garut, menyetop ELF di dalam tol (jangan ditiru!) di sekitar tol buahbatu. Tapi sialnya ada petugas yang memergoki kami, dan akhirnya disuruh ke terminal. Berdasarkan...
Pemandangan savana Bromo seperti ini bisa dilihat jika kita memasuki Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dari Tumpang, Malang. Foto ini saya ambil saat menuju Ranupane, desa terakhir sebelum mendaki gunung Semeru, dari atas jeep terbuka yang dinaiki lebih dari sepuluh orang. Ya, kita berdiri, tidak seperti jeep bromo yang tertutup dan hanya muat lima orang duduk.

Papandayan Hore-Hore

Dari awal Camp David, pos pertama papandayan, kami disambut kepulan asap berbau belerang dan trek berbatu. Sesekali penambang belerang lewat dengan motor bebek yang disulap menjadi motorcross membuat kami iri, berharap diberi tumpangan sampai ke puncak. Gunung Api di garut ini sudah terkenal dengan padang bunga abadinya yang memanjakan mata. Dengan jalur yang tak terlalu sulit dan relatif pendek ( 2...