Jujur saja saya kurang begitu suka teknik HDR digunakan pada landscape. Kenapa ? Karena HDR membuat foto – foto landscape kita terasa “terang semua”. Jadi permainan antara highlight dan shadow menjadi kurang terasa.

Sebetulnya jika teknik ini digunakan dengan baik, foto yang dihasilkan bisa sangat bagus.

Hasil HDR
Hasil HDR

High dynamic range berarti kita menambahkan kemampuan kamera mengambil foto dari bagian yang paling gelap dan paling terang tanpa kehilangan detail. Teknik HDR digunakan karena kemampuan kamera yang sangat terbatas dalam menangkap range cahaya.

Sebetulnya ini dapat diatasi oleh filter gradual ND, tetapi terkadang filter ini membuat garis bekas gradasi pada horizon yang tidak datar, seperti dibatasi pepohonan ataupun pegunungan.

Tetapi saran saya, untuk teknik HDR yang baik, kita juga harus menggunakan filter gradual ND untuk menjaga batas tiap foto yang akan digabungkan agar tetap ada detail.

Berikut ini ada contoh foto yang saya gabungkan :

Foto yang digabungkan

Foto di atas tetap menggunakan gradual ND 0.6 untuk menjaga range cahaya. Teknis nya sangat mudah, hanya butuh tripod dan tentu saja cahaya yang bagus. :D

Saya mengambil 5 buah exposure yang berbeda dari yang paling gelap ke paling terang. Format gambar saya ambil RAW untuk hasil maksimal.

Untuk menggabungkannya diperlukan software pengolah HDR seperti photomatix atau photoshop. Saya memilih menggunakan photoshop.

Caranya sangat mudah tinggal pilih File -> Automate -> Merge to HDR (saya menggunakan photoshop CS3)

Lalu tinggal menunggu hasilnya dan silahkan di atur – atur brightness, contrast, dan gamma. HDR anda siap dinikmati.

* Ini hasil  tanpa filter dan HDR, siluet man! :lol:

siluet!

Thanks for reading!

11 COMMENTS

  1. Dengan photoshop masking sebenarnya juga bisa (dan buat saya lebih praktis secara D40 tidak punya fitur bracketing). Jepret dengan single exposure dan selesaikan semuanya dengan PS hehehe… Nice tips mas wira.

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')