Saya jatuh cinta pada masakan Thailand. Aroma herbal yang menyengat hidung bercampur rasa asam, pedas, manis, gurih, asin, dan beberapa rasa rempah misterius tak berhenti bergoyang di lidah. Sebut saja tom yum, sup herbal pedas asam ini pasti membuat rasa pening akibat kemacetan di bangkok langsung hilang. Berganti peluh segar yang mengalir di sekujur tubuh.

Namun, buat para muslim yang sedang traveling ke Bangkok, tentunya harus berhati-hati karena masakan-masakan lezat itu belum tentu halal. Tom Yum yang notabene seafood-pun kadang juga menggunakan lemak babi. Tak heran,  mayoritas orang di Bangkok adalah non-muslim. Tapi, ada beberapa tempat makanan yang dimiliki oleh warga muslim lokal yang menyajikan makanan thailand yang halal lho! Jadi gak perlu takut untuk mencoba pad thai maupun kai yang disana. *slurp*

Ini diantaranya yang pernah saya coba beserta lokasi BTS/MRT terdekatnya:

1. Makanan halal di Ratchathewi : Rumah makan Farida (BTS : Ratchathewi)

Rumah makan halal Farida di Rachatevi Bangkok
Rumah makan halal Farida di Rachatevi, Bangkok

Saya kira si Ibu pemilik restoran ini orang Malaysia atau Indonesia karena ia bisa sedikit bahasa Indonesia dan Malaysia. Namun ternyata ia asli dari Thailand.  “Orang kedubes Indonesia sering makan disini,” ujurnya.

Menurut saya, tempat makan ini yang paling maknyuss dibanding tempat makan lain yang pernah saya coba. Hampir semua menu terkenal thailand ada disini kok. Untuk harganya tidak terlalu murah dan mahal, sekitar 50-80 baht.

Cara menuju kesana : Dari stasiun BTS Ratchathewi, jalan sedikit ke perempatan, belok kiri kemudian menyebrang. Sekitar 100-200 meter akan ada beberapa tempat makanan halal disana. Namun restoran Farida ini paling terlihat ramai diantara yang lainnya.

Pesen mango sticky rice dulu buat cemilan
Pesen mango sticky rice dulu buat cemilan
Waktu nyari makan bareng teman-teman blogger #AABC2015
Waktu nyari makan bareng teman-teman blogger #AABC2015
Tom yum dan kawan-kawan
Tom yum dan kawan-kawan
Sepanjang jalan rachatevi ada juga tempat makan halal lain
Sepanjang jalan rachatevi ada juga tempat makan halal lain
Pad Thai
Pad Thai
Om bolang sedang menikmati Tom Yum, bukannya segar malah ngantuk, kebanyakan nambah nasi.
Om bolang sedang menikmati Tom Yum, bukannya segar malah ngantuk, kebanyakan nambah nasi.
Susana rumah makan Farida
Susana rumah makan Farida

 

2. Makanan halal di Chatuchak Weekend Market (BTS : Mo Chit)

Salah satu kios makanan di chatuccak. Agak mahal ya.
Salah satu kios makanan di chatuccak.

Di pasar serba ada ini akan beberapa kios makanan halal. Yang paling terlihat adalah kios di dekat jam besar di tengah-tengah pasar. Ada juga yang agak tersembunyi di pojokan dekat musholla (yes, ada mushola kecil ber-AC di pasar yang panas banget ini).

Tapi hati-hati buat tempat makan yang di dekat jam besar itu, karena harganya agak mahal. Saya makan nasi ayam briyani saus thai dengan thai tea dihargai 25o baht! Salah sendiri gak lihat harga dulu. Untungnya enak dan banyak, sih.

makanan halal chatuchak
makanan halal chatuchak
makanan halal chatuchak
200 baht itu kaya

 

3. Makanan halal di Mall Bangkok : MBK (BTS National Stadium), Platinum (BTS Ratchathewi/Chidlom), Central World (BTS Chidlom), dan lainnya.

makanan halal bangkok
Di depan mall central world

Di food court mall-mall di Bangkok biasanya ada satu-dua makanan yang berlabel halal. Sayang,  saya lupa memotret karena keasyikan menikmati AC. Waktu saya di Bangkok, udara di luar siang hari mencapai 40 derajat celcius. Jadi, masuk ke dalam mall ber-AC itu rasanya luar biasa sekali.

Foto di atas di depan Mall central world. Waktu itu nampaknya sedang ada bazar makanan disana. Ini juara banget mie-nya. Seger!

 

4. Makanan halal di Ratchadamri : Street food halal (BTS : Ratchadamri)

Ntah namanya apa tapi semacem salad seafood
Ntah namanya apa tapi semacem salad seafood

Di dekat seven eleven disini ada beberapa street food yang penjualnya muslim dan berlabel halal. Di ujung jalan juga ada restoran muslim yang belum sempat saya coba.

makanan halal bangkok
Noodle soup
makanan halal bangkok
Makan dulu gaes!

Kamu ada rekomendasi tempat makanan halal di Bangkok yang lain? Tulis di komen yuk!

Terima kasih!

50 COMMENTS

  1. Sama, saya juga pernah makan di restoran halal yang deket jam besar Chatuchak itu. Namanya Saman Islam, kalo nggak salah. Agak pricey, tapi untung enak dan porsinya banyak. Lumayan lah, abis capek muter-muter langsung kekenyangan.

    Saya mau tambahin, di Magic Food Point di Suvarnabhumi Airport lantai paling bawah juga ada restoran halalnya. Waktu itu makan nasi ayam opor harganya 55 bath aja kalo nggak salah. Dan ayam di Thailand itu gede banget potongannya.

  2. tengkyu gaess inpohnya, penting ini secara ngomongin perut wkwkw in sha Allah OKT 2015 mo cus to bangkok neh, klo di bandara Don Muang ada gak bro makanan halal, secara sampe sono keknya kita sore hari gitu deh :D

  3. Postingan penting niih.. Kali2 mau ke bangkok :)
    Ampe sekarang belom kepikiran sih jalan2 kesana, secara kalau jalan2 kan bareng anak-keluarga, belom menemukan apa yg fun buat anak2. Any recommend?

    • Wah aku juga kurang tahu kalo untuk anak2 mba. Tapi kalo anaknya suka jalan sih pasti asik ikut2 tur perahu chao praya, atau kidzania juga ada di mall (di jakarta juga ada sih hihi)

  4. Sy muslim n ada renc ke bangkok ber2 sj dgn temen yg cewek jg tgl 18 nov dan ini utk pertama kalinya..mksh ya krn info2 kuliner d atas sgt membantu..semoga perjlnn ke bangkok nanti terlaksana dan lancar

  5. Saya pernah tinggal di sekitar Khaosan. Disana ada masjid dan di gang masjid itu ada yang jual makanan halal. Ikan patin goreng sambalnya enak sekali. Kalo malam ada yang jual mie juga.

    • Saya rencana minggu ini mau ksana. Hotelnya dikhaosan road dekat mesjid. Tolong dong infonya tempat makan dan tempat wisata yg dekat dari sini.

  6. Makasih sharenya..
    Sangat bermanfaat. kebetulan saya baru 5 hari di Bangkok dan masih ada 21 hari lagi kedepan.
    Saat ini saya berada di daerah laksi, kalo boleh share kira makanan halal yang dekan sini dimana ya?

  7. Sy lg d Bangkok nh skrg…..lumayan lah liburan 5 hari. Ini baru hari ke-2?, kmrn sy makan d Terminal 21 posisinya d lantai 5 deket jembatan San Fransisco ada makanan Halal nama “warungnya” Bismillah, deket KFC. Lumayan lah makanannya, hargany jg g mahal, sekitar 25-50 Baht aja. Kl mau ke sini naik BTS turun d Asok Statin, nah Terminal 21 Mal ini terkoneksi langsung dengan stasiun. Selamat mencoba…….????

  8. Ya Allah. G sabar Ingin ke Bangkok. Untuk stay 12 hari minimal bawa budget berapa ya kakak-kakak ? ?

      • Masalahnya saya di Surabaya. ?. 10 juta itu apakah cukup ? Kita kan akan selalu makan makanan halal 3 kali sehari. Belum beli oleh-oleh ?

        • Wah, itu tiap orang beda-beda mas. 10 juta bisa kurang, atau malah lebih dari cukup. Saya kalau makan cukup 30-50 baht saja (sekitar 20 rb) sekali makan.

  9. Nice inpoh.. Ada rencana ke sana tp blm kesampean.. Masih mengkhawatirkan makanan, tempat tinggal dan teman jalan2 heheehe.. Tinggalin jejak dulu ya.. barang x ada kesempatan

  10. aswrb.ada juga sahabatcmuslim/ah ….tmpt makan halal..di food centre lantai atas tuh platinum centre…

  11. saya belum pernah ke Thailand tapi perlu juga tahu tempat yang bagus buat nemukan makanan halal sapa tau suatu saat saya bisa datang ke sana karena tetangga saya pernah juga ke Thailand katanya nyari makanan halal tidak segampang di Indonesia

    • Saya biasa dari Suvarnabhumi naik kereta sih. Kalau dari don mueang sepertinya ada bis yang ke chatuchak, dari situ bisa sambung bis lagi atau naksi kalau ga mau ribet. Soalnya khaosan tidak ada jalur kereta.

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')