benq-97
Pulau ternate dari jailolo

“Bobane artinya pantai, hena berarti pinang, jadi bobane hena itu pantai yang banyak pohon pinang,” kata seorang nelayan, ketika saya tanya nama pantai ini.

Ibarat artis ibukota, Bobane hena pun punya nama populer di kalangan turis. Namanya adalah dermaga galau, pantai galau. Tak habis pikir kenapa namanya bisa agak alay seperti itu.

galau
Anak-anak yang bermain sore hari di dermaga, karena sedang festival, dermaga ini jadi dipenuhi penduduk dan juga turis

Padahal, menurut saya segalau apapun orang, jika datang ke pantai ini pasti galaunya hilang. Paling tidak sebelum matahari terbenam. Karena penatapan disini sungguh unik. Empat buah deretan gunung berapi laut maluku utara ini berbaris bak tentara penjaga perbatasan.

Mari kita absen dari kiri ke kanan. Paling kiri yang runcing adalah Pulau Tidore, di sebelahnya adalah pulau Maitara, disusul sebelah kanan adalah pulau Ternate, dan paling kanan adalah Hiri.Ditambah sedikit semburat oranye yang perlahan hilang menjadi merah membara, siapa yang masih galau disini?

IMG_6092
Enjoying Jailolo Sunset
IMG_6095
Dermaga galau punya beberapa dermaga
IMG_6099
hati-hati mba jangan-jangan ada hiu dibawah tuh hehe
IMG_6122
Panorama gunung-gunung itu manjain mata banget
IMG_6123
Ternate dari Jailolo
IMG_6131
Mata air panas yang mengalir ke laut, jadi banyak yang menghangatkan badan disini.
IMG_6134
Salah satu sudut bobanehena
IMG_6137
Hati-hati dermaganya memang sudah agak sekarat.

Hari gini masih galau bro? Ke dermaga galau aja gih, nyebur ke laut *ditabok*

8 COMMENTS

    • hmm kurang tahu juga mas soalnya ini trip gratisan hehe. Coba cek aja pesawat ke ternate. Untuk akomodasi dan lain2nya disana standar aja kok, gak mahal.

  1. Pantai ini berpasir hitam ya mas? Jadi inget pantai Kawaliwu yang juga punya sumber air panas di pinggir laut jadi bisa buat mandi air hangat abis kedinginan

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')