Foto kamu kurang bagus? Berarti kurang dekat!

4

THE RULE OF THUMB dari Robert capa adalah :

If your photo not good enough, you’re not close enough.

Capa tidak bercanda. Makin dekat kita dengan subjek foto, impact-nya akan lebih terasa.

Contohnya ini, foto ini saya ambil di pantai Rancabuaya. Ombak lewat persis di bawah kamera sehingga efeknya benar-benar terasa. Sebetulnya ini tidak sengaja hehe, dan saya merasa beruntung kamera tidak sampai tersapu ombak.

Lebih dekat? Maksudnya pakai lensa tele?

Tidak!

Getting closer means getting really closer with your feet! Gunakan lensa lebar dan dekati subjek. Coba dan lihatlah bedanya.

Lebih dekat dengan subjek akan membuat pemirsa foto ikut di momen dalam foto tersebut.

Well, ignore that 1D

 

4 COMMENTS

  1. Selain lebih dekat secara fisik, aku mikirnya quote ini ada juga unsur tersiratnya: “Lebih dekat secara psikologis”. Maksudnya, jika kita udah ngobrol sama penduduk setempat, tahu sejarah2 daerah itu.. Kita akan memotret dengan angle2 yang ngena. Misalnya, ada 1 kendi kecil yang gak ada bagus2nya, tapi kata orang setempat, kendi itu keramat, sehingga kita punya angle lain, yaitu si kendi. Jadi, lebih dekat secara mata dan hati akan menjadi sebuah perpaduan yang dahsyat, toch..? :)

  2. alhamdulilah menginspirasi, asalnya mau banget naik gunung karena temen saya bilang “ayolah naik gunung mah ga usah banyak teori, kita langsung aja” ditambah film 5cm yg memperlihatkan ‘miniatur’ yang keliatannya naik gunung itu sangat seru tp setelah baca ini ternyata naik gunung itu harus lebih matang, kece abis postingannya

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')