Filter yang wajib untuk foto landscape cuma satu, gradual ND. Untuk apa? Coba lihat foto dibawah.

Over expose pada matahari, karena meter kamera saya arahkan ke tembok
Solusinya pakai filter ini, warna gelap di bagian atas filter menurunkan 3 stop cahaya. Jadi kalo kita pakai speed 1/100, bagian yang gelap sama seperti kita menggunakan 1/400
There we go!
Ini contoh foto landscape yang menggunakan filter GND. Tanpa filter, bagian atas foto akan benar-benar blown out.

 

That’s it! Semoga mencerahkan. Ada yang lebih suka pakai teknik HDR, tapi saya kurang begitu suka karena repot dan harus di post processing lagi.

15 COMMENTS

    • eh iya bener 1/800 hehe. Menurut saya sih merk hitech. sekitar 700rb dapet 3 buah ( 1, 2, 3 stop masing-masing). Kaya yang punya saya itu. Warnanya netral seperti seharusnya ( gradual NEUTRAL density), kalo yang merk2 cina kayak tian-ya paling satunya 70rb, tapi ada color cast-nya. Kalo merk2 singh ray overpriced banget, sekitar 1.5 juta sebiji. :o

  1. Mas Wira salam kenal mas,
    Saya mau tanya bila memotret landscape menggunakan filter CPL (polarizer) hasilnya bila dibandingkan dengan filter GND bagusan mana mas? Saya baru mulai belajar fotografi, senang sekali lihat-lihat hasil bidikan mas Wira terutama yang foto landscape nya. It’s so amazing….

    • beda mas. Kalo bisa punya dua-duanya. CPL itu untuk menghilangkan refleksi pada benda. Kalau GND cuma menurunkan exposure saja di sebagian foto, biasanya bagian langit.

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')