7 Hal Asyik yang Bisa kamu lakukan di Belitung

43

Berkat tiket promo yang harganya sudah tidak berbau promo lagi — terima kasih buat pak Menteri — saya akhirnya bisa sampai ke Pulaunya Laskar Pelangi ini. Apa saja yang saya lakukan disana? Mari di scroll ke bawah kakak ~

Main-main di Pantai Kece Belitung seperti Tanjung Kelayang dan Tanjung Tinggi di sebelah utara Kota Tanjung Pandan. Pantai yang kamu lihat waktu nonton film Laskar Pelangi adalah Pantai Tanjung Tinggi.

wisata belitung tanjung tinggi
Pantai tanjung tinggi
wisata di belitung
Pantai tanjung Kelayang, terlihat batu garuda di kejauhan.

Kamu bisa berandai-andai jadi anggota Laskar Pelangi di pantai Tanjung tinggi…

wisata belitung  pantai tanjung tinggi
Cakap kali kau anak pesisir!

 

Makan makanan khas belitung sepeti mie Belitung (Mie dicampur udang, bakwan, potongan tahu, toge, kentang, dan disiram kuah udang yang gurih dan kental). Ada juga Gangan (sup ikan yang dibumbui rempah-rempah segar) dan Hoklopan ( yang ternyata cuma nama lain dari martabak manis. Duh dikira apa karena banyak sekali yang ngantri waktu beli).

Mie Belitung Atep yang paling ngehits disini.
Mie Belitung Atep yang paling ngehits disini. Jangan lupa pesan es jeruk kunci yang segar.
Gangan yang segar
Gangan yang segar

 

Menikmati matahari terbit atau terbenam di kota Tanjung Pandan? Cobalah ke pantai Tanjung Pendam. Pantai ini adalah pantai tengah kota yang ramai.

Matahari terbit di belakang hotel harlika
Matahari terbit di belakang hotel harlika
menginap di aston belitung
Sunset juga bisa, ini dari kolam renang hotel Aston belitung

Jangan lupa berkeliling pulau-pulau kecil sekitar Belitung. Dengan menyewa kapal dari Tanjung Kelayang, kamu bisa saksikan batu-batu granit raksasa yang berbentuk ajaib.

hopping island belitung

Seperti pada batu bernama berlayar Belitung ini..
hopping island belitung

Atau menyambangi pulau Gosong yang banyak bintang lautnya. Jangan memegang mereka seperti turis-turis yang lain yaa, kasihan dia.

hopping island belitung

Kalau punya stamina lebih, cobalah memanjat mercusuar di Pulau lengkuas yang berlantai 18 ini. Kamu akan melihat pemandangan yang sangat keceh.

hopping island belitung
Nggak perlu pakai drone buat motret pulau lengkuas dari atas.
Batu-batu belitung dari atas pulau lengkuas.
Batu-batu belitung dari atas pulau lengkuas.

Mau snorkeling juga bisa. Walaupun nggak bagus-bagus banget. Kasian sekali terumbu karangnya dipakai buat jangkar kapal-kapal.

Snorkeling di Belitung
Snorkeling di Belitung

Jalanan belitung mengasyikan. Sepi, mulus, dan cuma mengitari pulau. “Kalo ada maling motor atau mobil pasti gak akan bisa sembunyi lama-lama. Makanya aman disini,” kata seorang juru parkir kepada saya. Saking banyak yang ngebut, sampai ada papan peringatan dimana-mana yang kira-kira isinya : “JANGAN NGEBUT, KELUARGA MENUNGGU, RS JAUH!” 

Jalanan di sekitar manggar, ini jalan yang paling sempit dan kurang bagus. Di jalan yang bagus saya lagi nyetir jadi nggak ada fotonya.
Jalanan di sekitar manggar, ini jalan yang paling sempit dan kurang bagus. Di jalan yang bagus saya lagi nyetir jadi nggak ada fotonya.

 

“Mun lum ngupi lum sampai Manggar.” “You are not in manggar until you have a cup of (Manggar) cofee. Tradisi ngopi sambil berkumpul dan berkelakar di warung kopi sudah ada di belitung sejak zaman dahulu.

warung kopi atet di manggar, belitung timur
warung kopi atet di manggar, belitung timur
Membuat kopi manggar yang biji kopinya berasal dari lampung.
Membuat kopi manggar yang biji kopinya berasal dari lampung.
Di tanjung pandan juga banyak warung kopi seperti  warung kopi ake atau konng djie, tapi favorit saya tetap di manggar karena tak terlalu asam. Selera sih.
Di tanjung pandan juga banyak warung kopi seperti warung kopi ake atau konng djie, tapi favorit saya tetap di manggar karena tak terlalu asam. Selera sih.

 

Mengunjungi replika SD Muhammadiyah di Gantong dan mampir ke Museum kata Andrea Hirata. Bayangkan kamu dulu sekolah di tempat yang hampir rubuh itu.

Sekolah laskar pelangi belitung
Sekolah laskar pelangi

hal-asyik-belitung-5971

museum kata andrea hirata manggar
Manggar jadi kota sastra dimulai dari museum ini?

Belanja oleh-oleh khas Belitung. Buat saya cuma dua yang wajib : Kopi manggar dan sirup jeruk kunci!

Galeri KUMKN ini adalah salah satu pusat oleh-oleh yang lengkap di Tanjung Pandan.
Galeri KUMKN ini adalah salah satu pusat oleh-oleh yang lengkap di Tanjung Pandan.

Terima kasih sudah membaca!

hal-asyik-belitung-6590

Oh iya saya menemukan banyak kucing-kucing lucu di pantai Tanjung Tinggi, sampaikan salam saya kalau kalian kesana ya!

:3 :3
:3 :3

43 COMMENTS

  1. Ini fotonya asli atau udah edited mas, mantep semua. Kasih bocoran dong, ini jepretnya pake kamera apa ..?

  2. Wala, mas wira kece banget gayanya diantara batu-batu guede itu.. hee
    fokus ke kopinya,, nikmat banget sepertinya..
    50% hidup masyarakat sana habis buat ngupi-ngupi ya? haha

    • Joss banget kopinya kak, apalagi yang di manggar. Ahahaha nggak tahu berapa persen tapi warung kopi nggak pernah sepi dari pagi sampe sore :))

  3. pengalaman ku waktu ke belitung, waktu snorkeling, kapal yang aku tumpangi berhenti dengan memilih-milih tempat, terus aku tanyain “kenapa bang?”, dia bilang “mau nurunin jangkar, cari tempat yang nggak kena terumbu karang”

    • iya, masih beda-beda kesadaran tour operator disana. Waktu aku disana ada beberapa kapal yang menancapkan jangkarnya tepat di karang yang paling besar.

  4. hiks, msh sebel kalo inget Belitung.. outing thn lalu itu udh fix kantor bakal ke Belitung dan tiba2 berubah jd JOGJA, hihhh!! Itu semua tempat yg kamu tulis , udh ada di itin nya di travel tour -__- ..Kece bgt itu foto2nya mas.. batu2 di sana bisa segede2 gitu ya…

    Kebiasaan org di sana kyk di Aceh, suka ngopi ;p

  5. ane asli orang belitong bang… kampung ane di selinsing dekat gantong.. nice share bang,artikel sama foto2nya juga bagus,makasih sudah mau sedikit mengenalkan indahnya belitong pada orang2… omong2 ane izin share ya bang..

    salam

    Dirgantara

  6. pantai di Belitung suasananya mellow amat ya * apa karena batu-batu dan langit yang berwarna keabuan ya? Hahaha

    Ternyata di Belitung kata ‘kalau’ juga diucap ‘mun’, persis kayak Bawean. Mungkin karena sama-sama banyak Melayunya ya.

  7. Jadi ngga sabar nunggu tgl 27 Agustus nich…mau poto2 juga kayak mas Wira….keren mas…….inpiring me

  8. mas, kesana pake agen tour atau trip sendirian aja ya? kira2 klo datang aja, bs ada rekomendasi sewa mobil/motor buat disana? ada itinerary yang bs diikuti? thanks mas..

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')