Setelah semalam di Jeonju, kami kembali ke Seoul. Tempat yang kami kunjungi keesokan harinya adalah Dongdaemun (东大门). Ini adalah salah satu area belanja terbesar di Seoul.

Pagi, siang, sore, malam, area ini tetap akan buka dua puluh empat jam. Buat yang gila belanja, silakan mampir dimari. Dari baju-baju murah di pinggir jalan hingga pakaian seharga ratusan ribu won ada disini.

doota mall descendant of the sun
Doota Mall.

Tapi kawan-kawan saya punya agenda lain pagi itu. Kita mau ke tempat syuting drama korea paling fenomenal di 2016 : Descendant of the Sun!

Bukan tempat syuting sih. Cuma replika saja. Letaknya di DOOTA free duty store, salah satu toko yang ada di Dongdaemun ini. Pameran ini dibuka pada Mei 2016, dan rencananya masih akan dibuka sampai akhir tahun.

descendant of the sun exhibition
Barak tentara tempat “red wine kiss”

Tempatnya tidak terlalu luas. Yang paling menarik memang ruang keluarga di barak tentara ini. Persis banget dengan yang di film.

descendant of the sun exhibition
Ketemu song joong ki!….yeah…

Walaupun banyak replika Song Joong Ki alias Captain Yoo Si Jin, tapi saya nggak menemukan para pemeran peremuan yang caem-caem itu. Kenapaaaa??? Mana letnan Yoon Myeong-ju ???

descendant of the sun exhibition
Medi Cube

Disini juga banya merchandise bertema film descendant yang bisa kamu beli. Saya membeli Tote bag seharga $17. Pake dollar cuy disini haha.

Saya tak lama disini karena memang tempatnya tidak besar. Kawan saya yang perempuan sebagian besar langsung berpencar untuk berbelanja. Sementara saya keluar mall dan menyebrang ke tempat yang sudah menarik mata saya sejak di pintu gerbang.

Dongdaemun Art Hall!
Dongdaemun Art Hall!

Di gedung panjang yang warnanya metal dan bertekstur kotak-kota ini, banyak pameran seni dan budaya korea. Namun belum sempat saya masuk ke dalam, karena terlalu lama foto-foto di luar, bus saya sudah datang menjemput. (saya sedang ikut tour yang diadakan oleh Korea Tourism Organization). Lain kali ke Seoul saya akan sempatkan masuk ke dalam sini.

sachoom-dance-dongdaemun-8
Bisa foto-foto ganteng di Dongdaemun Art Hall
sachoom-dance-dongdaemun-9
Foto ala boyband failed.

Cheonggyecheon Stream

Cheonggyecheon Stream
Kali di tengah kota Seoul

Tempat selanjutnya yang kami kunjungi adalah sebuah kali bernama Cheonggyecheon Stream. Dulu kali ini hanyalah tempat air lewat yang tak dihiraukan, tertutup oleh jembatan. Namun sejak tahun 2005 kali ini telah disulap menjadi sebuah taman cantik yang membelah kota Seoul.

Cheonggyecheon Stream
Andai di Jakarta ada tempat seperti Cheonggyecheon Stream ini.

Airnya seperti sungai di pegunungan. Ada air terjun mini di ujung dekat Cheonggye Plaza yang memberikan kesan sejuk karena suara-suara air yang jatuh. Butiran air kadang mengenai pipi kita ketika turun melewati tangga di samping air terjun ini.

Cheonggyecheon Stream
Mejeng dulu

Di kedua sisi sungai terdapat bunga warna-warni di dalam pot yang digantung di dinding. Payung-payung berwarna hijau digantung persis di atas aliran air. Setiap beberapa puluh meter ada batu yang disusun untuk kita menyebrang ke sisi lainnya.

Cheonggyecheon Stream
Santai di Cheonggyecheon Stream

Banyak orang kantoran yang sedang istirahat siang disini. Sambil memegang gelas kopi, mereka berjalan kaki untuk beristirahat merenggagkan kaki dari duduk di kursi sejak pagi. Udara sejuk musim gugur juga membuat suasana makin syahdu.

Saya sangat suka dengan tempat ini. Selain nyaman untuk jalan-jalan selo, tempat ini juga sangat instagram-able.

Akhirnya ngeliat mbak-mbak yang mukanya kinclong kayak di drama!
Akhirnya ngeliat mbak-mbak yang mukanya kinclong kayak di drama!

Hari ini kami juga menonton sebuah dance performance lagi, setelah sebelumnya terpesona oleh penampilan Fireman. Namanya Sachoom Dance. (Sachoom Theater, Cinecoa Building, Insadong. Website)

sachoom dance

“Sachoom” adalah pertunjukan dansa musikal yang punya plot cerita lebih sederhana dibanding fireman, namun gerakan tariannya jauh lebih bervariasi dan lebih banyak. Saat pertunjukan kami, cerita yang ditampilkan adalah tentang kehidupan seorang manusia dari lahir hingga dewasa.

sachoom-dance-dongdaemun-25

Jangan takut kamu tidak akan mengerti bahasa korea, karena pertunjukannya murni non-verbal. Penonton juga diajak ikut serta di beberapa bagian sebagai ice breaking sehingga tidak melulu tarian.

sachoom-dance-dongdaemun-26

Genre tariannya benar-benar campuran. Dari KPOP, hip-hop, jazz, dansa kontemporer, hingga break dancing. Pokoknya keren banget deh! Cuplikannya bisa kamu lihat di vlog saya di youtube. *promosi lagi*

sachoom-dance-dongdaemun-27

Buat yang pengen liat versi video silakan klik play langsung dibawah ini ya! Terima kasih!

6 COMMENTS

  1. Itu Cheonggyeocheon Stream (bener nggak nih tulisannya) keren banget! Sebagai pecinta area publik di perkotaan, apalagi yang ada unsur airnya, rasanya gue akan betah bolak-balik ke situ. Di Bandung ada Taman Citarum, tapi.. well, airnya masih coklat :D

    Kenapa ya seisi Seoul itu kalau nggak kelihatan kayak bintang drama, ya kayak member boyband / girlband. Itu dancer-nya juga udah kayak artis Kpop banget!

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')