Kalau kamu sering traveling, memilih dan memesan tiket pesawat dan hotel sudah pasti sudah menjadi ritual. Ritual yang cukup merepotkan dan menghabiskan waktu.

Saat ini booking hotel secara online menjadi hal yang biasa. Praktis adalah alasan utama para traveler memilih cara ini. Saya sendiri hampir tidak pernah menelepon atau langsung datang ke hotel kalau tidak kepepet.

Nah, apa saja sih keuntungan booking hotel secara online? Yuk mari simak dibawah ini!

1. Bisa booking dimana saja dan kapan saja

booking hotel online
Salah satu hotel di Sanur, sayang nginepnya gak sama istri malah sama mz mz :(

Waktu itu kebetulan traveling ke Singapura waktu high season. Daripada go show langsung ke hotel-hotel dan risiko kamar penuh, saya langsung ke website online travel agent dan langsung mencari hotel.

Tak sampai 5 menit, saya sudah mendapatkan kamar hotel yang sesuai dengan budget saya.

Ups, maksud saya hostel sih, karena waktu itu dananya kurang untuk pesan hotel, hehe.

 

2. Bisa melihat review orang yang sudah menginap sebelumnya di hotel tersebut

booking-hotel-online
Lebih percaya review mas di atas apa brosur hotel?

Sebagai netizen yang ingin memanfaatkan internet untuk hal-hal baik, saya selalu membagikan review tentang barang atau jasa yang saya gunakan. Bisa di blog pribadi ini atau situs lainnya.

Nah, dengan booking hotel secara online, ulasan orang-orang yang telah mencoba hotel tersebut bisa kita baca. Saya lebih percaya review-review ini daripada deskripsi di situs hotel itu sendiri, hehe.

Kalau sebagian besar reviewnya kurang, lebih baik kita mencari hotel yang lainnya saja.

 

3. Mendapat harga yang transparan, sesuai budget, dan tentunya paling murah

Ketika kita memilih hotel dan memasukan tanggal check in, harga akan langsung keluar. Sebagai contoh jika memesan di Traveloka, harga yang keluar adalah all in termasuk pajak dan lain-lain. Sehingga kita bisa mencari hotel yang paling sesuai budget.

Kalau kamu pesan langsung ke hotel lewat telepon atau langsung, kita tidak tahu apakah harga yang diberikan oleh staff hotel sesuai dengan yang seharusnya kan?

Booking hotel secara online menjamin kita mendapat harga yang transparan. Biasanya juga ada promo-promo menarik dari para online travel agent ini, apalagi jika ada perayaan tertentu seperti tahun baru misalnya. Jadi jangan lupa follow social media mereka supaya langsung dapat info promo.

 

4. Memudahkan proses memilih kamar 

booking-hotel-online
Salah satu hotel pilihan saya di bangkok, kamar mandinya aja nih :)

Dengan booking hotel secara online, kita akan punya informasi ketersedian kamar pada tanggal tertentu secara langsung. Tak perlu menelepon, apalagi langsung datang ke hotel dan tiba-tiba kamar sudah penuh.

Online travel agent memungkinkan kita untuk memilih kamar hotel apa saja dan harga berapa saja.

 

5. Proses pembayaran mudah dan cepat

booking hotel online
Saya dapat voucher ini dalam waktu 5 menit saja, tak perlu di print cukup tunjukan dengan smartphone. Bahkan ada app khusus-nya.

Pembayaran booking hotel secara online sangat mudah. Hampir semua metode pembayaran elektronik bisa dilakukan. Mulai dari Transfer via bank, ATM, kartu kredit, ataupun metode pembayaran khusus online seperti BCA Clickpay atau Mandiri Clickpay.

Mudah, menyenangkan, dan tentunya menghemat waktu.

 

6. Customer service online yang siap siaga

Namanya online travel agent, pasti semua staff nya online semua, termasuk customer service. Saya pernah mengalami kejadian dimana hotel tidak menerima booking-an dari online travel agent yang saya pesan. Bahkan hotel tersebut mengatakan kamar penuh! Padahal waktu itu sudah jam 7 di sabtu malam. Saya langsung email ke customer service (karena saya di luar negeri, jadi kalau telepon nanti roaming, mahal).

Sekitar 10 menit kemudian email saya dibalas dan mengatakan bahwa mereka akan langsung menghubungi pihak hotel. Tak berapa lama kemudian, pihak hotel memanggil saya dan meminta maaf karena ada sedikit kesalahan di sistem mereka yang belum terupdate. Good job!

Jadi, kapan liburanmu selanjutnya? Jangan lupa booking hotelnya online saja ya!

23 COMMENTS

  1. pernah coba boking kamar di salah satu hotel di Purwokerto pake aplikasi ini, tapi kok pilihan kamar yang muncul itu harga yang mahal doang yah? gak ada opsi untuk milih kamar tipe standart, akhirnya saya boking via telpon deh.

  2. Emang sih, kalau udah booking online bisa dengan mudah nggak perlu mikir kamar waktu di lokasi heheheh. Jadi waktu untuk menikmati destinasi liburan nggak kepotong sama cari-cari hotel :-D

  3. aku juga selalu mesen kamar via online kalo traveling mas… kyknya lebih tenang pas nyampe gitu loh, udh terjamin ada tempat tinggal :D.. tp pernah juga sih ngalamin peristiwa ga enak, pas udh booking, eh nyampe di tujuan hotel kita renovasi dong, dan mrk ga ksh tau apa2 ke kita -__-.. itu sebel bgt… uangya sih di refund lg ama online bookingnya, tp kan jd kecewa ya..cuma dlm hal ini yg slh sih pihak hotel,,,

  4. yang enaknya lagi, kadang travel agent ngasih promo dan pas dikonfirmasi ke hotelnya, mereka ternyata matok tarif sama, jadi yang nombokin si travel agentnya :D

  5. Tulisan yang mantab, memang benar mas, pernah saya ke Jakarta tanpa persiapan apapun akhirnya clingak-clinguk cari hotel, belum lagi harga dll, wah pokoknya ribet. Tapi alhamdulillah dengan online semua mudah dan sesuai :) Salam kenal mas saya Zam dari Jogja academic Indonesia

  6. Mas… nanya donk, berhubung blm pernah booking online hehe… nanti pas smpe hotelnya gmna? Kasih bukti pmbayaran kamarnya gitu ya?
    Trus hrg kamar klo psan lewat traveloka sma ke hotelnya langsung biasanya beda ya?

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')