Kalau kamu mencari Bibimbab, Gimbap, Tteokbokki, atau sebutlah saja street food korea lainnya yang kamu inginkan, semuanya ada di sini : Gwangjang Market!

Pasar ini adalah salah satu pasar tradisional tertua di Seoul. Sudah ada sejak tahun 1905. Selain lengkap, namanya pasar, makanan disini juga tentunya relatif murah!

Campuran untuk Bibimbap

Tak hanya turis, warga lokal disini juga sangat banyak. Karena Gwangjang market ini ya memang betul-betul pasar tradisional. Ada sayur, buah, dan semua hal yang kamu biasa temui di pasar.

Tteokbokki

Untuk menuju ke pasar ini kamu bisa naik metro dan arahkan ke stasiun Jongno-5. Pasar ini buka setiap hari dari jam 8.30 hingga jam 18.00. Anehnya, pasar ini tutup pada hari minggu. Tidak tutup semua toko sih, masih ada yang buka beberapa. Tapi saya lihat di website Korea Tourism pasar ini memang officially tutup di hari minggu.

Jeon Alley

Saya suka sekali suasana disini. Walaupun pasar tradisional, namun di bagian tengah pasar, di area ‘Jeon Alley’ yang banyak bendera ini punya stan-stan makanan siap saji yang semuanya bikin ngiler!

Tourist information center yang mobile

Nah tapi masalahnya adalah, karena saya muslim dan tidak bisa makan pork, agak kesulitan juga disini. Karena walaupun makanan seperti bibimbab dan gimbab sepertinya tidak memakai pork, tapi kebanyakan memakai campuran ground pork untuk menambah rasa gurih.

Untungnya saya bertemu dua orang mas dan mba information center yang memang bertujuan membantu turis. Mereka bekerja dengan berkeliling mencari muka-muka yang kebingungan seperti kami ini. Mereka juga bisa berbahasa inggris walaupun logat koreanya sangat kental. Kami pun minta direkomendasikan makanan yang tidak menggunakan pork. Akhirnya dapat beberapa buah walaupun tak banyak. Annyeonghaseyo Hyung & Noona!

Ada yang berani makan ini?

So kalau kamu adalah salah satu foodies dan suka banget sama makanan korea, saya sangat merekomendasikan tempat ini buat dapetin makanan yang otentik!

Karena hari itu hari jumat, jadi saya tidak berlama-lama di Gwangjang market karena mengejar sholat jumat di Seoul Central Mosque, Itaewon.

Ini versi videonya ya. Jangan lupa like & subscribe!

Terima kasih!

2 COMMENTS

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')