Memasuki Elephant Parade Land, saya disambut patung gajah seukuran orang dewasa dengan motif tumbuhan dan huruf-huruf kanji berwarna merah.

Walaupun hampir sebesar badan saya, saya bisa pastikan ini patung gajah ini masih anak-anak karna mukanya yang sangat lucu!

Ini tulisan jepang atau cina ya?

Di Elephant Parade Land yang berlokasi di Chiang Mai, Thailand ini terdapat museum, workshop, hingga toko yang menjual patung-patung gajah berbagai ukuran. Mulai dari seukuran gantungan kunci, hingga ukuran yang sama dengan gajah aslinya.

Di pintu gerbang banyak patung gajah berwarna-warni yang sedang berbaris. Yang menarik, ada gajah yang berbentuk seperti tuk-tuk. Kamu bisa naik ke gajah tuk-tuk ini untuk berfoto.

Gajah plus manggis

Memasuki area workshop, ada puluhan seniman yang memproduksi patung-patung gajah ini. Semuanya handmade, dilukis satu-persatu dengan tangan.

Yang paling mencengangkan, ada patung bayi gajah yang sedang duduk dan berbentuk durian! Bentuknya seperti penyu yang punya cangkang durian namun kepalanya tetap gajah. Lucu sekali haha!

Gajah yang lebih mirip es krim duren

Di sebelahnya workshop ada museum yang berisi tentang Elephant parade land semenjak awal didirikannya hingga kisah parade ini keliling dunia.

Seperti yang kita tahu, Thailand adalah negara yang punya banyak sekali gajah. Terutama di daerah utara seperti Chiang Mai ini.

Museum dalam Elephant Parade land

Nah, Elephant parade ini adalah social enteprise yang memang bertujuan untuk mengangkat isu perlindungan tentang gajah. Bahkan, mereka menyumbangkan 20% dari keuntungan bersih perusahaan untuk konservasi binatang yang mulai langka ini.

Selain kita bisa membeli patung-patung gajah dengan motif unik, yang paling menarik adalah kita bisa melukis sendiri patung gajah. Bebas mau motif apa saja, sesuai kreativitas masing-masing.

Saya dan kawan-kawan media yang sedang ikut acara Fun Family Thailand pun ikut serta dalam pembuatan patung ini.

Kami memilih motif yang cukup menantang : Batik mega mendung Cirebon!

Sebetulnya banyak contoh di katalog mereka. Atau bisa langsung ambil contoh dari patung-patung yang dijual di toko. Tapi karena ini sedang lomba. Dan salah satu lawan kami adalah negara tetangga. Jadinya gak mau kalah deh biar gak diklaim! (haha, becanda eaaa)

(sok) serius
Gajah dicelup cat putih, lalu kita gambar motif dasar
Keroyokan
Akhirnya jadi!
Foto team gajah mendung

Overall, main disini tentunya lebih berfaedah daripada kalian berwisata menaiki gajah. Menurut saya, wisata menaiki gajah ini kurang pantas untuk disebut sebagai ‘wisata’. Melukis gajah di Elephant Parade Land ini, secara tidak langsung kita turut serta melestarikan keberadaan hewan besar ini.

Lagipula, membawa anak kecil kemari pasti sangat menyenangkan karena anak-anak biasanya senang menggambar. Saya lihat di grup sebelah sih, karena kebetulan saya belum punya anak maupun istri.

#kodekeras

:))

ELEPHANT PARADE LAND – CHIANG MAI
180/9 Moo. 7 T. Sanpeesue Amphoe Muang Chiang Mai, Chiang Mai, Thailand
DMS: 18°50’01.3”N 98°59’49.1”E

Opening hours: 9am – 5pm
Phone: +66 62 918 9621
Workshop reservations: workshop@elephantparade.com

5 COMMENTS

  1. Kukira cewek yang pegang hasil motif kalian itu mbak Yuki hahahahaha.
    Kalau di Indonesia kita membatik, jika membuat gerabah pun hanya pada dasar awal. Kalau di sini membuat motif heheheh. Bagus juga :-)

  2. Whaha seruuuu.. Iya nih kalo ke Thailand sama anak-anak bisa mampir ke sini ngelukis gajah, ya. Happy banget pasti mereka.. :) Setujuuu bangget, daripada naik gajah beneran.. Akhirnya menang lawan negara sebelah gak kak? :D

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')