Kalau lagi traveling tas apa sih yang kamu bawa? Selain koper atau backpack segede kulkas itu?

Pasti tergantung dari tujuan dan berapa lama perjalanan ya. Saya sendiri karena suka motret pasti bawa tas yang kedua adalah tas kamera. Kadang yang tas punggung, kadang yang tas selempang.

Ada juga pasti dari kamu yang lebih mementingkan fashion. Pakai tas-tas kulit retro yang sangat instagram-able, hihi.

Ini beberapa tas yang biasa saya bawa kalau lagi jalan. Kalau tas kamu bagaimana? Jangan lupa share juga pengalaman kamu memilih tas traveling ya!

1. Tas Selempang

Tas selempang kulit. Terlihat sangat kece, tapi berat.
Tas selempang kulit. Terlihat sangat kece, tapi berat.

Messenger bag a.k.a tas selempang memang keren. Terlihat lebih ashionable. Hanya kalau bebannya terlalu berat, yang ada bahu kita yang sakit.

Kalau barang-barang yang kita bawa ringan, cuma dokumen-dokumen atau kamera poket kecil, pakai tas selempang memang asik. Belum lagi aksesnya gampang, tinggal tarik ke depan perut dan ambil barang yang dibutuhkan.

Tapi kalau sudah bawa kamera DSLR, air minum, dan catokan; mendingan pakai backpack saja.

2. Tas Backpack

backpack
Nyaman dengan backpack

Tas backpack memang tak sekeren tas selempang. Tapi jauh jauh jauh lebih nyaman. Apa saja bisa masuk mau botol minum, jaket, buku, sendal, hape, laptop, peta, kamera, bantal, kasur, atau apa saja terserah kamu.

Namun tas backpack juga tak praktis saat mau mengambil barang. Apalagi kalau pas lagi bawa banyak. Harus meletakan tas dulu baru bisa mengambil barang-barang di dalamnya. Agak repot ya. Juga kalau di keramaian bisa saja dicopet isinya kalau kita nggak waspada.

Pastikan tas kamu jangan kayak anak sekolahan biar pas di instagram keliatan lebih kece, hehe.

Tas backpack ukuran 16-22 liter sudah sangat cukup untuk jalan-jalan keliling kota. Kalau nggak mau ribet bisa bawa tas backpack yang bisa dilipat seperti tas merah dari travelnblog seperti foto di bawah.

FYI kalau mau beli tas backpack kecil seperti ini murah pake diskon bisa di hari belanja online nasional tanggal 12 Desember nanti loh. Jangan sampe kelewat!

tas backpack traveler
Tas backpack travelnblog ini bisa dilipat tapi memang tak bisa membawa banyak
Backpack kecil ini jadi teman yang cocok buat si koper.
Backpack kecil ini jadi teman yang cocok buat si koper.

3. Tas Kamera

tas selempang travel
Tas Selempang Kamera

Saya punya beberapa tas kamera yang dipakai sesuai jenis perjalanan. Kelebihan dan kekurangan jenis tas kurang lebih sama dengan paparan di atas.

Tapi tas kamera yang menurut saya paling nyaman adalah tas beltpack. Seperti keluaran merk think tank photo jenis speed demon. Bergerak enak, ambil kamera cepat, ganti lensa cepat, tapi memang penampilan mirip om-om nerd banget sih.

IMG_4174-crop
Tas kamera beltpack. Foto dari om Ken Rockwell.
tas backpack gunung
Tas selempang kamera kecil yang kadang saya tempelkan dengan karabiner kalau lagi bawa tas backpack gunung.

4. Goodie Bag

Kalau kamu sering dateng ke acara-acara blogger atau media pasti stok goodie bag sudah menggunung tuh. Nah pakai aja buat traveling, enak loh nggak kelihatan mencolok pas bawa kamera.

Paling kelihatan nggak modal dan mirip billboard berjalan aja. Hihihi!

Terima kasih!

49 COMMENTS

  1. Tas wajib itu tas punggung/backpack sih. Rela makan mie instan demi beli yang agak mahal. Hehe. Efektif buat bawa barang banyak. Bahan pun anti air kalo cuma buat nerobos ujan bentar. Satu lagi, tas selempang untuk kamera dan perabotan sirkusnya :D

  2. Tim backpack! Aku juga punya tas ransel kain yang bisa dilipat Giordano Outdoors, suka banget pake itu meski ga bisa terlalu banyak bawaan di dalemnya. Jadi biasanya buat main bagnya pake tas ransel yang kokoh, baru nanti kalau buat jalan-jalan kelilingnya si tas kainnya dikeluarin.

    Alasan lain suka backpack adalah…kalo lagi di keramaian juga jaganya lebih gampang dari tas selempang, tinggal diputer cara pakenya :p

  3. Makasi tulisannya mas Wira.
    Saya selama ini kalau traveling selalu cuma bawa 1 backpack, 75L
    Isinya semua di situ.
    Krn skrg kerjaan saya bisa dikatakakn full online, jadi ada kemungkina nambah 1 backpack lagi.
    Tapi buat dipake bagian depan badan, buat laptop sama kamera kali.
    :)

  4. Saya selalu bawa tas kamera bacpack karena mayan banyak bawaannya. Gampang sakit pundak kalau harus pakai selempang, nggak nyaman. Tapi begitu udah mulai jalan di lokasi, benda-benda yang paling sering dicopot-pasang atau dipakai, ditaruh di pouch dan beltpack. Misalnya lensa yang bakal dipakai di lokasi, taruh di pouch lensa (yang bisa cantolin di pinggang), trus kamera point and shoot, batere-batere, filter dll ditaruh di beltpack.

  5. Tas slempang emang lucu2 sih kl dilihat … tp pas dibawa hmm … bs bikin pegel bahu satu sisi – jd mesti ganti – ganti sisi bahu :D

    Makanya lebih suka pake backpack kl ke mana2 … oh tp kl bawa kamera, ya tetep bawa ding yg sling bag, tp yg kecil, jd cuma buat 1 kamera dan lensanya, trus kantong kecil buat isinya struk2 belanjaan #eh

  6. saya biasanya bawa tas slempang yang kecil buat nyimpen kabel powerbank, tempat minum dll
    kadang juga make backpack yang kecil dengan tujuan yang sama sih

    yang jelas make tas yang bikin kita nyaman pas traveling aja

  7. Wah, iya uga ya, bawa goodie bag buat traveling bikin barang-barang berharga seperti kamera yang kita bawa jadi nggak terlihat mencolok. Boleh juga nih kapan-kapan dicoba. Terima kasih infonya Mas Wira.

  8. bagus yah tipsnya..Sewa Avanza paket All In (mobil+driver+BBM+parkir) 400rb atau Innova All In 500rb bisa keliling Cirebon slama 12jam, krna banyak tempat wisata & kulinernya yg sangat menarik. Segera hubungi CS kami di Komplek Griya Intan Blok A No 19 Perumnas Cirebon http://www.nabarentcar.com/

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')