OLYMPUS DIGITAL CAMERASulawesi. Salah satu pulau para pelaut ini adalah rute #terios7wonders berikutnya.

Setelah menempuh perjalanan sekitar 3020 km dari Jakarta menuju Pulau Komodo pada tahun lalu, tahun ini kami kembali melakukan perjalanan bersama si terios di pulau para pelaut-pelaut ulung; seniman pembuat kapal  — yang bisa jadi adalah nenek moyang kita, — yaitu suku Bugis dan suku Bajo.

Melihat itenerary, dan mencari jarak antar kota di google map, jarak yang ditempuh terlihat ngeri-ngeri sedap.

Etape pertama kami akan menempuh kota Manado –  Tompaso – Kawangkoan – Bintauna – Isimu – Marissa – Torosiaje dengan jarak tempuh 668 km. Ya, mirip-mirip jarak jakarta ke malang kira-kira.

Etape kedua, Torosiaje –  Toboli – Palu – Pasangkayu – Mamuju dengan jarak 767 km. Hmm, pasti bagian belakang saya sudah mulai panas.

Etape ketiga Mamuju – Pare Pare dengan jarak 327 km. Nampaknya saya sudah siap akan dipotong. Beruntung belum dapat nomor, jadinya ikut makan sate saja.

Etape keempat adalah berkendara dari Pare- Pare menuju Rantepao, Tana Toraja. Melintasi Enrekang – Makale yang berjarak 210 km.

Menginap di rumah suku Toraja mungkin akan menyenangkan, sekaligus cukup mengerikan tidur bersama orang-orang tak hidup yang belum dikubur.

Kemudian etape kelima dari Rantepao – Tanjung Bira akan menempuh jarak 447 km. Juga akan melewati kota-kota seperti Makale – Enrekang – Sidrap – Watampone – Sinjai – Bulukumba – Tj. Bira. Untuk mampir melihat kapal phinisi beserta para seniman pembuat kapal dengan dua tiang tujuh layar ini.

Etape keenam akan dilakukan dari Tanjung Bira – Kolaka 155 km.

Etape ketujuh Kolaka – Kendari 158 km

Etape final. Kendari – Wakatobi. Saya sudah tak sabar untuk kembali ke bukit Tomia. Karena saya punya kenangan manis disana :)

Wakatobi – 2 years ago.

Doakan kami selamat sampai kembali pulang ke rumah ya. Dan juga semoga saya bisa sedikit banyak bercerita tentang kisah-kisah heritage yang ada di Sulawesi ini. Pantau saja hashtag #Terios7Wonders di twitter dan instagram.

Salam sahabat petualang!

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

3 COMMENTS

  1. […] Sulawesi. Inilah rute kami berikutnya. Setelah menempuh perjalanan sekitar 3020 km dari Jakarta menuju Pulau Komodo pada tahun lalu, tahun ini kami kembali melakukan perjalanan bersama si terios di pulau para pelaut-pelaut ulung, seniman pembuat kapal — yang bisa jadi adalah nenek moyang kita — , yaitu suku Bugis dan suku Bajo. Melihat itenerary, dan mencari jarak […] Lebih Lanjut […]

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')