( Artikel ini tidak lagi relevan saat ini)

Mungkin ketika kita mengupload foto ke facebook, hasil yang ditampilkan agak sedikit berbeda dengan foto asli kita. Jika  kita sedikit perhatikan foto menjadi berkurang ketajaman dan saturasinya. Ini dikarenakan script dari facebook yang mengecilkan dan mengkompres foto saat kita mengupload-nya. Tips kali ini berguna untuk mengoptimalkan hasil upload kita agar terlihat seperti aslinya. Saya mulai dengan foto ini, diambil menggunakan D40 dengan lensa super tajam nikor 18-135 mm.

 

Pertama-tama yang harus kita lakukan adalah me-resize ukuran foto kita menjadi sesuai dengan spesifikasi facebook. Kalau kita save foto dari facebook, kita akan menemukan 604 px untuk sisi terpanjangnya. Walaupun kita memakai Nikon D3x atau Canon 5d mk2 bahkan sebuah Hasselblad, facebook tetap akan mengecilkannya menjadi 604 px dengan color space sRGB 72 dpi.

Untuk kebanyakan monitor, 72 dpi sudah lebih dari cukup. Juga untuk color space, diatas sRGB seperti Adobe RGB mungkin masih sulit untuk ditampilkan. Tidak akan terlihat perbedaan yang signifikan. Tapi mungkin untuk cetak, silahkan proses file RAW anda dengan resolusi 300 dpi. Mungkin akan terasa perbedanya.

Nah, untuk mengoptimalkan kualitas foto di facebook saya menggunakan photoshop. Langsung saja resize image dengan langkah : image -> image size

 

Biar mudah ingat saja sisi terpanjangnya adalah 600 px ( ralat : sekarang sudah bisa 700 px)  lalu sisi terpendek biarkan mengikuti ukuran terpanjangnya. Jangan lupa dicentang ” Constrain Proportion “. Kemudian view gambar dalam 100 % agar terlihat ketajamannya. Nah, setelah kita melakukan resize image, ketajaman bakal berkurang. Ini bisa kita siasati dengan cara menajamkan gambar. Saya biasa menggunakan smart sharpen karena lebih praktis.

 

Lalu silahkan ditajamkan sesuai selera. Untuk saya sendiri, saya menggunkan Amount 100%, radius 0.2, dan remove lens blur. Settingan ini hampir bekerja dengan semua resolusi dibawah 1000 px. Masih banyak settingan yang lain, tapi saya terlalu malas menyentuhnya karena cuma buat pebuk hehe.

Setelah ini Save gambar dengan perintah File -> Save for web. Perintah ini akan langsung mengkonversi color space menjadi sRGB. Kita bisa memilih kualitas yang kita inginkan. Perhatikan juga besarnya ukuran foto. Saya sendiri tidak pernah  lebih dari 150 Kb. Biasanya JPEG High sudah sangat mencukupi.

 

Saya juga mencoba versi “Save As” tetapi tampaknya tidak ada perbedaan. Oya, pada saat save for web jika ingin EXIF tidak hilang ada pilihan metadata yang mau dihilangkan. Pilih sesuai keinginan. Jika menggunakan Save as, tidak ada metadata yang dihilangkan.

Yup, itu dia sedikit tips buat uplod foto di facebook. Silahkan lihat disini perbandingannya.

Jika ada yang ingin cepat, saya membuat action untuk proses resize ini, silahkan di download disini.

Terima kasih sudah membaca!

16 COMMENTS

  1. mantab bro… boleh tuker link ga… sesama pecinta fotgrafi, tapi saya pemula…
    kalau boleh berkunjung ke blog saya ya… hehehehe

    salam ^_^

  2. makasih mas informasinya, memang untuk upload ke FB suka bikin kesel ja, hasilnya jadi kurang maksimal,, :D maksih gan , tnacaaaaaaaaapp hajaaaaaaaarrrrrrr

  3. Mohon link actionnya, yg lama mungkin error,
    It seems we can’t find what you’re looking for. Perhaps searching, or one of the links below, can help.

  4. kak,mau tanya kalo gak bisa upload foto di facebook di hp android gimana??saya selalu gagal upload foto,tp klo ganti pp bisa,,terus ada kata “facebook gagal upload ketuk untuk melihat opsi”

  5. tapi jika kita desain gambar di corel untuk kemudian di upload ke fb, biasanya rada-rada ancur tuh hasil disain setelah di fb, berapa takaran resolusi yang pas buat corel?

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')