Sebagai seorang fotografer perjalanan, saya seringkali berada di luar ruangan untuk memotret. Masalah yang sering saya hadapi ketika memotret menggunakan layar di belakang kamera adalah gangguan refleksi dari cahaya matahari yang terik. Layar jadi sulit terlihat, warna menjadi padam, dan proses memotret jadi tak menyenangkan.

Bila menggunakan kamera DSLR, biasanya saya pakai viewfinder — lubang kecil tempat mengintip apa yang kamera lihat — masalah terselesaikan karena tak ada ganggunan cahaya luar. Namun, terkadang saya butuh cepat untuk mengupload foto ke media sosial, mau tak mau saya harus menggunakan kamera smartphone saya di luar ruangan.

Samsung J5 review Indonesia AMOLED
Layar super AMOLED di luar ruangan tetap berjaya

Nah, disini masalah mulai muncul. Karena tak semua smartphone punya layar yang cukup cerah untuk melawan sinar matahari tropis yang terik. Seringkali kita harus menggunakan tangan kita untuk melindunginya. Kalian pernah? Saya sering.

Sampai akhirnya saya mencoba Samsung Galaxy J5 yang saya review kameranya di post sebelum ini. Singkatnya, untuk memotret di luar ruangan, misalnya di siang hari terik, saya tak terlalu kesulitan untuk melihat layar Super Amoled 5 inci ini untuk mengatur komposisi foto. Layar Super Amoled-nya punya kemampuan untuk menaikan level kecerahan ke tingkat yang cukup tinggi. Swipe jari kita dari atas ke bawah untuk memunculkan quick settings panel, kemudian di sebelah kanan slider brightness, centang tombol “Outdoors” sehingga layar Super Amoled dengan resolusi HD jadi lebih terang, bahkan lebih dari level maksimum.

Samsung J5 review Indonesia AMOLED
Nyalakan ‘Outdoor’ mode, pada luar ruangan
Samsung J5 review Indonesia AMOLED
Kondisi layat saat terkena langsung sinar matahari masi bisa terlihat jelas.

Hasilnya, galaxy J5 tidak masalah untuk penggunakan luar ruangan.

Super Amoled adalah layar yang digunakan untuk smartphone samsung high end seperti Galaxy Note 4, Galaxy S6, dan Galaxy yang akan datang. Melihatnya muncul di jajaran seri J yang bisa dibilang kelas budget, tentu ini adalah penawaran yang sangat menarik.

Samsung J5 review Indonesia AMOLED
Memotret dengan kamera depan
Samsung J5 review Indonesia AMOLED
Layar Super AMOLED tak masalah pada hari terik.

Tak hanya bagus untuk diluar ruangan, Super Amoled display J5 ini juga bagus untuk menikmati sajian multimedia. Foto, grafis, maupun video terlihat sangat sedap dipandang. Layar ini juga bisa di setel ke level kecerahan terendah, sehingga kita bisa gunakan display saat lampu padam tanpa harus merasa sakit mata ( tapi tidak direkomendasikan yaa, kasihan mata kita hehe)

amoled J5
Motret anti silau
Samsung J5 review Indonesia AMOLED
Menikmati sajian video dengan samsung J5. Sudah lihat videonya disini?

Buat saya pribadi, sebuah smartphone yang bisa benar-benar dipakai di luar ruangan tanpa kesulitan sudah sangat lebih dari cukup.

Kalau kamu?

Review part berikutnya :

 

This post is sponsored by Samsung #TunjukkanMomenmu campaign.  All thought are my own.

 

7 COMMENTS

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')