WN286540

Karena sudah banyak yang mengucapkan selamat tahun baru pada tanggal 1, maka saya mau mengucapkannya di tanggal 3 saja, biar nggak mainstream. Happy new year, everyone!

Well, 2013 saya fantastis. Tempat-tempat menarik, pengalaman baru, teman-teman baru, semuanya luar biasa! Dari menyelam, hiking, roadtrip panjang, lulus kuliah, hingga sakit hati berkali-kali *eh*,  sudah dilalui tahun ini. Sampai-sampai, saya merasa agak sedikit jenuh di akhir tahun, dan memutuskan untuk istirahat dulu. Mengambil nafas, berhenti sejenak sambil merenungi apa-apa yang sudah diperbuat tahun ini, dan akan memulai lagi dengan tenaga baru.

Karena, pada suatu titik di hidup kita, kita akan menemukan alasan untuk mengganti halaman, ataupun menutup buku yang kita baca. Bahkan mengganti bukunya.

***

Okay, tahun ini saya masih di Indonesia saja. Paspor masih sengaja dikosongkan dulu, sebelum distempel visa tanah suci (aamiinn!). Saya nggak terlalu banyak traveling di tahun 2013, karena memang memfokuskan untuk menyelesaikan si skripsi yang sudah telat dua semester. Anyway, here they are..

Januari Selain kosan-kampus-kantin, saya sempat ikut lomba foto yang diadakan Canon di cihampelas walk. Lombanya on the spot, yang sudah pasti objeknya adalah model yang meliuk-meliuk. Yang menarik perhatian saya adalah pemenangnya. Ia menggunakan teknik multiple exposure. Ia menggabungkan foto close up model dari samping dengan dedaunan, dan merubahnya jadi hitam putih. Diedit di dalam kamera.

Tentu, ia bisa menang karena fotonya sangat berbeda dengan ratusan foto peserta lainnya. Karena tak ada aturan yang melarang ia berbuat demikian. Sementara itu beberapa orang cemberut karena beberapa ada yang sampai membawa tangga demi mendapatkan angel unik, beberapa sampai membawa lampu studio portable :))

Saya? Saya di belakang panggung lagi godain si mbak model, hihi.

para peserta lomba yang liar.
para peserta lomba yang liar.

Februari  Masih bingung kenapa tugas akhirnya gak kelar-kelar. Masih sibuk sepedaan ke dago dan latihan menyelam bebas tiap minggu. Tapi, mungkin karena kepala saya memanas, saya butuh istirahat sejenak. Tanpa penolakan saya pun mengiyakan ajakan seorang kawan untuk mendaki krakatau..Loh kok malah mendaki? Iya, mendaki dari bibir pantai. Ini puncak pertama saya di tahun 2013, walaupun tingginya memang hanya sekitar 200-an meter.

Bulan segitu, ombak sedang lucu-lucunya. Perjalanan dari Pulau sebesi lampung ke anak gunung krakatau sukses membuat saya mengeluarkan isi perut di dalam kapal. Tapi, yang saya baru tahu. Ternyata underwater di sekitar sini memang masih bagus. Kabarnya terumbu karang disana sudah di restorasi sejak sepuluh tahun lalu, dan baru nampak hasilnya sekarang. So, be good to reef guys!

Anak krakatau
Anak krakatau
nyelem gaya sotong di krakatau
nyelem gaya sotong di krakatau

Maret Hari-hari bulan ini cuma berkutat di depan komputer dan solder. Dan diselingi sekali jalan-jalan menikmati utara Bandung.

Good morning Lembang
Good morning Lembang

April Bulan ini saya diundang oleh salah satu operator seluler untuk mengikuti sebuah trip ke Cirebon. Waktu itu, baru pertama kalinya naik kereta eksekutif. Ternyata ada colokan listriknya sob *norak*

Saya selalu senang dengan kota kecil. Ramai tapi tak bingar. Dan yang penting, bisa dinikmati dengan berjalan kaki.

Ibu penjual barang antik bekas di pasar dekat keraton
Ibu penjual barang antik bekas di pasar dekat keraton

Mei. Bulan ini terbang agak jauh ke bumi halmahera. Teluk jailolo, festival teluk jailolo tepatnya. Pertama kalinya ikut media trip bareng kawan-kawan media. Trip media itu, semua udah disiapkan; pesawat, hotel, kendaraan. Tapi ya, konsekensinya tinggal duduk manis aja ngikutin jadwal.

Yang diinget cuma makanannya ;))
Yang diinget cuma makanannya ;))

Juni. Bulan itu skripsi udah hampir beres. Hampir putus asa, tapi beruntung punya seorang kawan baik yang tetiba muncul menyemangati. Sambil finishing skripsi dan nunggu sidang, saya pun akhirnya pergi ke kepulauan seribu untuk pertama kalinya! Baru kali ini melihat jakarta-yang-nggak-macet hehe. Pertama kali juga, snorkeling bareng sampah sama ubur-ubur :))

pulau pari
pulau pari

Juli *sidang Tugas akhir* *Alhamdullilah* Bulan ini sibuk revisi, dan belum sempat kemana-mana untuk memberi hadiah ke diri sendiri. Jadi, saya cuma mengambil sepeda motor dan memacunya ke tempat biasa saya menenangkan pikiran di bandung selatan :)

Another good day in pangalengan
Another good day in pangalengan

Agustus Selepas lebaran, saya dihadiahi oleh divemag indo buat pergi lebih jauh ke timur. Raja Ampat! Thanks buat kak Riyanni, om Pinneng, dan mba wenning yang memberi saya graduation trip yang luar biasa! *salim*

pulau arborek
pulau arborek
Diving di raja ampat :3
Diving di raja ampat :3

September Bulan ini gak kemana-mana, sibuk dengan pekerjaan freelance. Cuma jalan-jalan bareng beberapa sahabat di jakarta. Jadi turis di kota sendiri itu ternyata menyenangkan.

Turis norak :))
Turis norak :))

Oktober  Kali ini menang kontes blog, dan beruntung bisa ikut bareng rombongan salah satu produsen mobil ini roadtrip dari Jakarta sampai ke Pulau Komodo! 3000 kilometer lebih dalem mobil! Saya pikir akan membosankan, tetapi ternyata sangat menyenangkan. Kapan lagi coba roadtrip selama 14 hari dengan konvoi 7 buah mobil.

Somewhere in sumbawa
Somewhere in sumbawa

November setelah jadi anak jalanan selama 14 hari dalem mobil, ternyata saya masih belum puas. Akhirnya saya extend trip-nya, mumpung masih di Flores, dan mengunjungi tempat-tempat yang tak sempat saya kunjungi tahun lalu. Wae rebo dan Riung pun sudah bisa dicoret dari bucket list. Pulang-pulang, wisuda :3

"bro, nengok sini , bro," kata tripod. Tapi gue gak mau.
“bro, nengok sini , bro,” kata tripod. Tapi gue gak mau.

Desember Di akhir tahun, di sela-sela kesibukan pekerjaan. Saya memilih melepaskan pikiran-pikiran aneh di bawah bintang kaki gunung gede pangrango. Beruntung, frame tenda tertinggal dan saya pun tertidur langsung di bawah bintang tanpa penghalang.

End of December
End of December

Saya cuma ingin mengucap hamdallah :)

21 COMMENTS

  1. Hoooo… ternyata selama ini belum lulus tokh.
    Untung sekarang sudah hehehe… jadi, 2014 bakalan makin menggila dong ya? Good luck and have fun!

  2. Traveling memang adiktif. :) Congratulations untuk wisudanya dan…keren-keren euy fotonya, as always. Saya dulu kuliah di Bandung juga malah belum sempet ke Pangalengan. Liat foto kebun itu (teh?) jadi pengen ke sana sekali-sekali.

    • itu temen ane broh yang dikirain-udah-bawa. Tapi pas lewat tengah malem pindah ke tenda tetangga sih, tenda mahal lagi sampe 4 jutaan harganya *malah mupeng*

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')