Nonton Bareng Pesona Indonesia di Bioskop

0
Peluncuran TVC Pesona Indonesia
Peluncuran TVC Pesona Indonesia

15 Februari 2016. Senin pagi yang tidak biasa. Saat itu saya sudah di Mall FX Sudirman bersama Pevita Pearce, JKT48, Andien, dan …..Menteri Pariwisata.

Ceritanya saya diundang dalam acara peluncuran Perdana Iklan Pariwisata di Bioskop Indonesia. Iklan-iklan ini akan tampil pada TVC yang ditayangkan di 55 bioskop yang tersebar di 14 kota besar Indonesia.

“Penikmat film di bioskop itu pasar wisatawan nusantara yang potensial,” Kata Menpar Arief Yahya

Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Pevita Pearce
Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Pevita Pearce

Ke-14 kota tersebut adalah : Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Bandung, Yogyakarta, Surakarta, Semarang, Surabaya, Bali, Batam, Medan, Palembang, dan Makassar. Kota-kota ini dinilai jumlah penduduk yang berpotensi melakukan kegiatan wisata yang besar.

Ada tiga jenis TVC yaitu : TVC “Ini cara kita”, TVC Wonderful Indonesia, dan TVC 15 Destinasi Pesona Indonesia.

TVC “Ini cara kita” menceritakan empat orang sahabat dengan latar belakang berbeda yang memutuskan untuk liburan bersama mengunjungi destinasi-destinasi yang berbeda di Indonesia.

TVC Wonderful Indonesia yang berbahasa Inggris, diperankan salah satunya oleh Nicholas Saputra, terdiri dari empat tema yaitu : adventure, business, family dan love. Kedua TVC ini sangat menarik karena punya story line yang kuat.

Sedangkan TVC “15 Destinasi Pesona Indonesia” adalah video yang menyajikan video tentang tujuan wisata utama yang tergabung dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Destinasi tersebut diantaranya Bali, Jakarta, Raja Ampat, Taman Nasional Komodo, Wakatobi, Tanjung puting, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Jawa timur, Yogyakarta, Jawa Barat, Toraja, Manado, Lombok, dan Flores-Kelimutu.

Sayangnya, TVC ini adalah stok video lama yang kamu bisa temukan di halaman youtube Indonesia.travel yang diedit ulang menggunakan Jingle Pesona Indonesia yang dinyanyikan oleh Rossa.

Dari hasil survey, 56% penonton masih mengingat iklan yang muncul di layar bioskop menyudahi film. Hasil survey lainnya menyebutkan 49% penonton masuk ke bioskop sesaat setelah pengumuman pintu bioskop dibuka. “Satu setengah juta impresi per bulan yang kami harapkan,” kata Menpar.

JKT48 brand ambassador Enjoy Jakarta
JKT48 brand ambassador Enjoy Jakarta

Selain endorser kemenpar seperti pevita pearce, ada juga kawan-kawan dari JKT48. Mereka adalah “brand ambassador” Enjoy Jakarta (Pariwisata DKI Jakarta) yang ikut dalam launching kali ini. Melody JKT48 juga mengingatkan kita untuk mengeksplor kota, dan negeri sendiri, sebelum beranjak ke luar negeri.

Mungkin secara tak sadar kita ini ke Belitung gara-gara melihat film laskar pelangi. Ataupun wisatawan asing ingin ke Bali gara-gara film Eat, Pray, Love. Apapun itu, semoga destinasi yang di promosikan sudah siap menerima wisatawan. Sehingga bisa tercapai wisata yang berkelanjutan.

Duh, saya jadi ingat film 5 cm yang mempromosikan Gunung Semeru yang sangat sukses :)