Ini trip pertama saya di tahun 2010. Sebelumnya saya juga pernah kesini, tetapi tidak ke pantai pangandaran-nya melainkan di batu karas.

Pantai Pangandaran bisa ditempuh dalam waktu 6 jam perjalanan dari Bandung menggunakan mobil. Tetapi kali ini saya mencoba untuk sedikit berbeda. Ya, naik motor , yang dikira bisa lebih cepat ternyata malah meleset sampai 8 jam lebih karena sering berhenti mengistirahatkan p*ntat yang pegel-pegel. :lol:

Tujuan kami kali ini adalah pantai pangandaran, green canyon, dan pantai batu hiu. Berangkat dari bandung pukul 5 sore dan sampai sekitar jam satu malam. Karena terlalu malam, kami mencari penginapan musholla pom bensin deket pantai timur pangandaran biar deket sunrise besoknya.

Sunrise dari pantai timur pangandaran 
 
 Geser sedikit ke kanan, sayang terlalu banyak orang.. 
 Sunrise
|D40, 12-24, grad ND| 
 Cuaca yang cerah.. 
Benar – benar cerah ! Cocok buat jemur baju..! 
 Pernah lihat monyet di pantai? Aneh emang. Monyet – monyet ini sempat menyerang saya sampai sendal saya terlepas lalu mereka membawanya pergi, untung ada pawang-nya yang menyelamatkan sendal saya…hiks 
 Menyusuri sungai air payau sepanjang 3 Km untuk menuju green canyon 
Air dari tanah

Saya nekat membawa kamera saya ke green canyon, sangat tidak direkomendasikan kecuali menggunakan waterproof case. Saya membawa kamera sambil berenang dengan dibungkus plastik.  Sempat tercebur lagi seperti kejadian di puntang.

Gambarnya jadi garis – garis banding. Tapi seperti biasa, dijemur sebentar d40 langsung normal kembali. Benar – benar luar biasa D40 saya ini yang sudah 96.xxx shutter count-nya. :D

 
Ini teman saya yang habis lompat dari atas batu…..dasar stress..

Nah abis dari green canyon kita berencana lihat sunset di pantai  batuhiu, tetapi karena keterbatasan tenaga duit, kita berencana masuk lewat jalur nelayan alias jalur ilegal. :lol:

Tapi baru mau masuk kita udah disambut awan hitam yang menyuruh kami pulang. Akhirnya kita gak jadi kesana, lagipula pantai batu hiu menghadap ke timur yang artinya untuk sunrise.

Yup, kalau saya kesana lagi saya akan sewa nelayan buat sampai ke karang bolong. Benar – benar view yang luar biasa untuk landscape.

Ini tambahan satu foto lagi, lihat langit di kiri atas. Itu gara – gara kamera saya basah dan sensornya agak bermasalah. Jadi ada bending – bending gitu. Hati – hati kalau kamera anda tercebur ke air. Langsung lepas batre dan memory card dan jemur secepatnya. Jika perlu langsung ke Alta. :lol:

 Pantai parigi, tempat nelayan mencari ikan di pangandaran

*NB : kalau ditawarin masuk taman laut atau ke karang layar atau batu apalah. Jangan sampai terlalu terpedaya sama om om sales perahu-nya. Ga seperti di foto yang dia janjikan deh pokoknya. HOAX gan. :lol:

18 COMMENTS

  1. Klo di pangandaran penginapan yg bagus n murah dmn ya? Skitar brp harganya? Kmu pny rekomendasi ga? Klo di green canyon naik kapalnya brp bayarnya? Kmarin ksana bw modal brapa? Mau dunk di share, hehe.. :D Thank ya Wira.. ;)

  2. hemm..kalo penginapan saya kurang tahu teteh, tapi banyak sih kayaknya dari yang murah sampe yang kelas atas. Saya aja nginep di pom bensin kemarin. Cowo gak modal semua sih..hehehe. Kemarin sih gak terlalu mahal :

    1. bensin motor pulang pergi : Rp. 43.000
    2. masuk pangandaran satu motor 6 ribu
    3. green canyon sewa perahu 75.000/perahu, tambah berenang ke dalem bayar 15.000/orang ke abang perahunya jadi Rp. 40.000/orang di green canyon
    4. makan cari yang murah – murah di bawah 10 ribu juga banyak
    5. sama ongkos parkir palingan..

    • wah g jadi page one gw..

      tp gpp gw komen dah!!

      secara materi ga usah ditanya yak,,gw gak ngerti..tapi arajiib pisan lah potonye..

      fitur halamannya lengkap,,ciaamiik dah!!

      tapi kayaknya ini masih mirip yang wordpress (apa cuma mirip ‘doank’??)
      SUKSES lah om buat halaman barunya..moga jadi potograper lah (lah..emang sekarang apaan–>potograber??)

      kali2 buat bike photo session atuh..saling support dong!!
      OK OK.. :D

      ~Kem BEW~
      .-= kem´s last blog ..Bike to Campus Movement//GB-BEW inside,, =-.

      • ada mata air di tengah2 hutan gitu. jernih abis airnya warna biru. hehehe liat di pesbuk ane dah ada potonya. ga jauh dari pangandaran kok sebelum green canyon juga ngelewatin.

  3. Foto- fotonya inspiratif .. aku udah 2 kali ke spot ini ..tapi blum kepikiran angle dan komposisi yang menarik disini … super wira nih keren bener .. makasih ya udah share ^_^

    • makasih teteh, jangan buat hidung saya membesar gitu donk..hehe. Kita sama – sama masih belajar kok :) Thx atas kunjungannya :)

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')