Waktu meliput Musi Triboatton di Palembang lalu, saya mampir ke kembali ke Kampung Al Munawar di tepian sungai ampera dekat jembatan ampera.

Di hari minggu siang yang panas itu, saya melihat anak-anak sedang bermain Bentengan. Permainan tradisional yang sering saya mainkan bersama anak-anak komplek waktu kecil dulu. Jadi nostalgia ya? Barusan kemarin saya post tentang permainan taplak gunung di Kampung Maspati di Surabaya, hari ini post tentang Bentengan.

Mungkin besok saya harus posting tentang kelereng, hehe.

Enjoy!

kampung-arab-al-munawar-1
Biru pastel
kampung-arab-al-munawar-4
Berlari
kampung-arab-al-munawar-5
Menjaga benteng
kampung-arab-al-munawar-6
Mulai menyerang
kampung-arab-al-munawar-10
Tim penyelamat
kampung-arab-al-munawar-11
Persaingan sengit
kampung-arab-al-munawar-13
Kalah
kampung-arab-al-munawar-12
Terjatuh
kampung-arab-al-munawar-2
Terima kasih!

24 COMMENTS

  1. Sekarang permainan seperti Bentengan sudah jarang diminati anak-anak disekitar ku. Jadi prihatin. permainan anak sudah beralih ke gadget. Waduh…. Fotonya lucu-lucu mas.

  2. Salam kenal Mas Wira,

    Aturan permainan ini sederhana. Satu orang anak (biasanya hasil udian dengan hompimpah) menjaga “benteng” umumnya sih berupa tiang rumah, tiang listrik, atau tembok sambil menutup mata dan berhitung sesuai kesepakatan (misal 10 hitungan) sementara yang lainya bersembunyi seterpencil mungkin, ditempat2 area skitar nya sampai hitungan selesai. setelah itu, si penjaga benteng harus menemukan seluruh tempat sembunyi teman-temanya sambil terus waspada menjaga benteng agar tidak kecolongan oleh temannya. sebab, jika kecolongan ia akan selalu menjadi penjaga benteng sampai permainan selesai. Lebih asyik lagi jika permainan ini dilakukan pada malam hari pas terang bulan. Meski sederhana permainan ini, dan umumnya permainan-permainan anak tradisional banyak sekali memberikan pelajaran-pelajaran berharga dan menumbuhkan kecerdasan ganda bagi anak-anak.

  3. ups! sorry, yg saya tulis diatas aturan main petak umpet dingg… maaf ya maklum faktor U… qeqeqe. baru inget kalo bentengan itu biasanya dimainkan secara tim. mininal ada dua tim yang saling mempertahankan sekaligus memperebutkan masing-masing benteng lawannya…

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')