Seri Air contact – Photo by deuter.com

Saya sudah mencoba beberapa macam merk backpack.

Mulai dari yang lokal seperti eiger, consina, avtech. Atau yang buatan luar seperti deuter, osprey, jack-wolfskin dan kawan-kawannya.

Memang ini sangat subjektif, tapi berdasarkan pengalaman punggung saya mencoba mereka, deuter-lah yang (saat ini) paling klop.

Dari sisi harga, tas buatan jerman ini masuk ke kategori mid end – tidak murah tetapi juga tidak terlalu mahal. Dari sisi desain juga sebenernya biasa saja, tapi saya suka dengan bentuknya simpel dan cenderung bulat seperti kapsul.

Bukannya tidak cinta produk dalam negeri, tapi, kalo saya bandingkan dengan eiger dengan harga yang hampir sama – Deuter masih unggul. Setidaknya saya sudah mencobanya sendiri.

Disini, saya memang mencoba mencari tas yang multifungsi. Bisa buat traveling ke kota, ataupun untuk trekking ke gunung. Berarti harus agak besar, tetapi tetap ringan.

Deuter Air Contact

Seri deuter trekking backpack ini ada empat jenis:

  1. Air contact pro
  2. Air contact lite
  3. Air contact
  4. Air contact trail

Masing-masing punya ukuran dari sekitar 30-an liter hingga 80-an liter. Tapi, ketiga seri ini mempunyai perbedaan mendasar.

Seri Air Contact pro di desain untuk orang-orang berjiwa ‘porter’. Tas ini paling berat, tetapi juga paling besar daya angkutnya. Daya angkut disini bukan kapasitas. Tetapi beban maksimum yang bisa diberikan. (dengan kapasitas sama, seri pro ini yang paling besar daya angkut-nya).

Seri pro ini juga punya lebih banyak kantong dan fungsi tambahan.

Seri Air contact ini terbilang backpack normal. Tidak ada yang terlalu spesial, semua spesifikasi ada di tengah-tengah. Kalo bingung pilih yang mana, pilihan ini tidak akan salah.

Nah, seri yang ini yang jadi pilihan saya. Seri Air contact lite. Didesain untuk ultralight hiking. Beratnya paling ringan dari kedua saudaranya. Ada juga seri Air contact trail, juga seri ultralight tapi ukurannya kecil tidak ada yang lebih dari 40 liter.

Ini si tas saya, Air contact lite 40 + 10 liter

Sebagai perbandingan, dengan kapasitas yang sama 50 liter, seri lite mempunyai berat kosong 1.4 kg. Disusul seri normal dengan 2.3 kg, dan seri pro dengan lebih dari 3 kg!

Keuntungan lain adalah pada suspensi belakang tas. Panjang untuk menampung tulang belakang bisa diatur ukurannya. Sehingga bisa disesuaikan dengan ukuran torso kita masing-masing.

Tapi…

Meskipun beratnya ringan, kekurangannya adalah tidak banyak kantong yang tersedia di pinggir-pinggirnya seperti kedua kakaknya. Juga tidak bisa membawa beban terlalu banyak, tapi memang itulah seri ini dibuat. Kecepatan.

Namun yang disayangkan adalah tidak adanya rain cover yang disediakan. Terpaksa saya membeli plastik biru bertuliskan deuter untuk dengan harga hampir seratus ribu rupiah. Bah.

Untuk naik gunung, tipe top loading sangat tidak masalah. Tapi mungkin tipe seperti ini kurang cocok untuk traveling ke kota-kota karena agak repot jika ingin mengluarkan barang di dalam. Tapi secara praktis tidak masalah.

Pengalaman saya

It served me really well. Mulai dari gunung gede, semeru, hingga rinjani, tas ini sangat cocok dan ukurannya sangat pas. Bahkan saya pakai tas ini di hampir semua perjalanan non-hiking seperti saat susur pantai, atau saat ke kota-kota di Flores.

Sangat nyaman di punggung, dan tidak terlalu membuat gerah.

Dulu, saya menggunakan tas consina 70liter. Tetapi, baru beberapa gunung kecil di Bandung, tas ini sudah ‘tamat’. Frame-nya keluar dari jahitan tas.

Kesimpulannya, saya merekomendasikan tas ini untuk orang-orang yang suka travel/hiking light tanpa mengurangi kekuatan dan kenyamanan serta harga menengah.

Jika masih terlalu berat, saya sarankan menggunakan teknologi Porter™. Hehe.

Happy backpacking!

Di salah satu sudut wakatobi
Di salah satu sudut wakatobi
Oro-oro ombo semeru
IMG_1665
Dibawain porter ;3

133 COMMENTS

  1. bang numpang tanya” ya om wira…
    mupeng jga nih aircontact 50+10, tapi tinggi sya 163 cm om, kira” recomended gak om?
    terus perbedaan yg ada SL sma gak apa ya?

    • kayaknya sih bisa2 aja, kan bisa diatur tinggi suspensi belakang. Di pas-in sama panjang tulang belakang.

      Kalo seri SL itu lebih pendek ukuran suspensi belakangnnya. Juga bentuknya di pas-in buat perempuan, agak kecil. Tapi buat orang asia seri SL juga gak masalah kalo badannya masih ‘normal’

  2. owh gitu yaa om, ya maklum msh newbie nih, and ini rncna baru pertma kalinya beli carrier, selama om wira makai deuter blm ada problem ya baik di tasnya and di punggungnya,, kan katanya itu di desain untuk org eropa ya???
    terus yg terakhir, kira” deuter di indonesia ada yg imitasi gak om, takut dpt yg palsu nantinya, soalnya mau beli online, :)

    • Belum ada masalah sih selama ini. Kalau orang eropa emang punggungnya panjang2, makanya beli tas nya yang bisa diatur belakangnya (kalo gak salah ada fitur deuter vari-quick). Beli nya online tapi yang penjual terpercaya aja :)

      • fitur deuter vari quick itu kya aircontact gak om?
        terus kemarin om wira dpt brp aircontact lite ny??
        mau buat perbandingan aja, :)

        • langsung liat di webnya aja deuter.com . Saya kalo gak salah 780 ribu deh, belum termasuk rain cover karena versi lite. Jadi sekitar 800an.

  3. Alhamdulillah, akhirnya Deuter aircontact 55+10 menjadi pilihan saya om, dan sumbing lah yg menjadi pendakian perdananya,
    thanks a lot atas saran” n diskusinya yg menyenangkan om,
    senang banget klo bisa trekking bareng om wira, :)

  4. wah, reviewnya berguna banget om, ane ada rencana mau beli deuter act lite 50+10 nih om, sangat membantulah, tengkyu om :)

    • ohh, jd belum bener2 jadi porter ya gan. hahaha, saya kemarin beli online itu barang, soalnya lg diskon, tp blm dateng. kira2 merk karrimor gmn gan dibanding deuter? maaf ya, agak oot. salam kenal gan, saya mau coba jd backpacker soalnya.

  5. mas berooo minta saran dunk,,klo untuk backpack/traveling mending yg aircont 55+10 ato pro 50+15..
    q pake juga buat pendakian…

  6. kang Wira, emg itu muat ya buat bawa kamera + logistik?soalnya punya saya aircontact 55 liter aja udh ga muat kalo masukin kamera di dalam, akhirnya nyempil deh di keril tmn :D. Salam, Roji.

  7. Gan, mau tanya, kalau di banding kan dengan seri futura apa? mana yang lebih cocok buat naek gunung? trims Gan

    • cocok aja dua2nya. Cuma futura model suspensinya mesh, jaring gitu, adem punggungnya. Tapi, kalau beban berat agak2 kurang stabil. Makanya seri futura paling gede 50 liter ya kalo gak salah. Seri air contact lebih pas di punggung, menurut saya.

      Seri futura kalau buat traveling biasa asik banget tapi :D

  8. mau nanya dong, bingung antara mau deuter seri yang aircontact atau traveller nii. rencana peruntukkannya hanya untuk traveling/backpaker aja k pantai ato kota2 gt bukan buat hiking atao trekking.. rekomennnya apa gan?mikir nya si kalo aircontact itu pasti ga bs masuk kabidn pesawat gede banget soalnyaa, jd hrus bagasi. apa memang bgtu?

    • ambil yang dibawah 40 liter aja. Saya pernah punya seri futura 32 liter enak kok buat ke pantai atau ke kota. Tas saya ini yg act lite 40 masih bisa masuk kabin.

  9. naksir air contact seh,tp berat kosong nya ampun deh hehehe plus harganya juga seh, futura 50+10 seh kaykanya udah cukup buat naek gunung ya?

  10. website deuter.com nya ga bisa diakses,,punya rekomendasi ngga bang utk pembelian online terpercaya? thanks

  11. gw dulu pake boggie 65L yg tipe Leuser, cuma karena tampilannya gede suka dititip macem2 pas naek gunung.. makanya wlopun ga pernah jadi porter tapi ujung2nya porter juga hehhehe

    • sepertinya mahalan yg 50+10 itu. kalo saya sendiri sih, kurang suka seri futura kalo beban-nya berat. Harus nyobain sendiri sih hehe.

      • oh, kebetulan kemarin saya beli futura vario yang 50 + 10 dari temen, coz dia mau KKN katanya ga punya duit hehehe, emang second sih tapi lumayan baru dipake sekali itu juga bukan ke gunung, cuma acara indoor aja, hehehe saya beli 850 ribu, kemahalan ga kira kiranya ?hehehe

  12. om saya beli deuter fox 40 ga ada rain covernya juga, boleh tau ga beli ‘plastik biru bertuliskan deuter untuk dengan harga hampir seratus ribu rupiah’ itu dimana ya? hehe mkasih om

  13. om wira, saya masih bingung mau milih air contact atau yang pro saya tinggi 185cm berat 78kg, enaknya gimana tuh? rencana mau naik rinjani om , makasih om ditunggu balasannya

    • oh ya nambahin nih om, kalo SL itu kapasitasnya sama atau lebih kecil lagi? kok cenderung memanjang ya kalo SL? makasih sekali lagi

      • kayaknya sama deh, cuma SL itu kan seri buat perempuan, jadi ngikutin bentuk tubuhnya. Setahu saya sih bedanya suspensi belakangnnya lebih pendek. Ada kok penjelasannya di web deuter.

      • Yang mana aja gak masalah kayaknya. Tergantung beban yang biasa dibawa. Kalo agak berat mending ambil yang act pro. Kalau normal yang act biasa aja.

  14. gan ane baru beli nih Deuter Futura pro 42 kira2 itu cocok buat torso berapa dan tinggi berapa ya gan ? tinggal nunggu dateng soalnnya gan maaf banyak nanya hehe

  15. gan wira, mw tanya nih, mas wira udh prnah coba osprey blom?
    soalnya ane bingung mw beli osprey atw deuter nih untuk hiking, soalnya rencana dalam satu tahun ini mw kekerinci,semeru,rinjani(mudah2an klo duitnya memadai).

    • waduh haha ya bebas panggil apa aja tapi saya masih kuliah kok hehe.

      Di kawani ada, cuma kadang kurang lengkap. Yang agak lengkap di tandike jakarta selatan.

  16. Om WIRA mau tanya, saya rencana mau beli fox 40, tapi saya liat untuk junior, apa cocok untuk saya, tinggi saya 172 cm, apa cocok tas dipake untuk menampung perbekalan pendakian 2 malam 3hari.
    thank

  17. Deuter emang top kaaak… Untuk daypack yang tipe futura 28 aja saya masih bisa packing tenda ke dalamnya (tergantung packing juga sih). Buat sistem UL hiking, enak pake daypack ituuu… Semua masuk kalo packingnya rapi, terus masih muat buat beberapa logistik. :3

  18. Hi wira, salam kenal,
    untuk Seri ACT Lite diatas sempat dikatakan bahwa ACT Lite gak bisa bawa beban terlalu banyak, kesimpulan dr postingankm adalah ACT Lite 40+10 gk bisa dipake dg kapasitas maksimum? Gt y…
    Kindly advise. Thanks

    • bisa, tapi kapasitas maksimum dia sendiri..saya ndak hafal persis berapa maximal beban yang bisa diangkut act lite, coba cek aja spek nya di web deuter. Yang jelas kapasitas angkut act lite < act < act pro. karena act lite memang ditujukan untuk light hiking. Semoga bermanfaat.

      • Baca-baca di kaskus katanya 20kg-an, tapi masih mampu buat bawa yabg lebih berat. Katanya loh gan

        CMIIW

  19. bang wira itu aircontact pro kan covernya bisa dilepas jadiin daypack, nah trus klo udah dilepas, carriernya masih bisa ditutup tanpa covernya ga?
    trus buat size daypacknya sebesar apa yah om?
    thanks :)

  20. hmmm, kalo cuma ditutup sih bisa, tapi gak rapet. Kan, cuma dikencangkan pake tali. kalo besar daypacknya sih kira-kira mungkin 10 liter. Coba cek ke web nya deuter, soalnya saya nggak jualan :))

  21. pernah make deuter air contact itu ke pangrango.
    padahal packingan rapi, dan bawaan gak banyak banyak banget.
    tetep sakit -,- lebih suka eiger kalo ane mah :)

    • hehe ia bentuk badan orang kan beda-beda, mungkin yang eiger lebih cocok dengan bentuk badan si mba. Kalo deuter untuk perempuan itu yang seri SL.

  22. bang wira, kira-kira ACT Lite 40L punya space sendiri gak buat nampung laptop 14 inch, soalnya saya lagi nyari tas yang benar-benar multifungsi buat nampung laptop dan dslr. takut salah beli, maklum harga tas deuter sekarang lumayan bersaing ama harga kambing,,,hehehehehehe…
    terimakasih

  23. Gan ane liat ACT Lite 40+10 di toko online kebanyakan 1,25 juta, agan beli dimana ya? Kebetulan budgetnya ane terbatas :$

  24. gan mw taxa perbedaan seri fox ama aircontact ap y?
    soalx lht modelx sm ma air contact tp knp hargax jauh beda
    tq gan

  25. Any female that has ever ordered a Designer Bag will understand the frenzy of pleasure you have when acquiring it. The happy feeling you obtain whenever you take it out with the 1st time, plus the adrenalin that rushes by you whenever you see and experience other women searching at you with envy! You merely can not beat it! Its merely a disgrace you cannot beat the value tag!

  26. Om wiraa,aku abis beli futura vario 45+10 ya,kmrn udh dpake ke papandayan,awalnya agak ga enak,tp pas plg udh mulai akrab ama punggung,cumaaa kmrn nyobail act lite yg 45+10 juga ko lebih “plek” gt d punggung ya,itu kl udh dpacking dgn beban yg sesungguhnya gitu akan ttp enak apa ga ya?soalnya jd mikir waduh ini enak vario apa act lite ya?..hehe

  27. Bang wira mendakinya pake porter apa bawa tenda n macem2nya sendiri? Saya juga rencana naik rinjani, penasaran apa yang 40 + 10 cukup atau perlu yg lebih gede..hehehe.. thanks gan

  28. Gan Ane mau nanyak dan minta saran nih.

    bagusan mana ya futura vario 50 + 10 Atau Act lite 40 + 10 fire cranberry ?

    • Kalo ane kurang suka tipe futura kalau bawa beban berat. Agak “goyang” gitu. Kalau buat traveling biasa sih enak futura, soalnya bagian jaring belakangnnya

  29. om wira,,, beli deuter yg asli (ane kapok yg plsu) d bandung d mana yhhh ?

    d kaskus byk yg kw euyy

    • duh kurang tau kak kalo bandung, biasa langsung ke tandike di jakarta selatan. Kalau bandung kayaknya bisa ke kawani deh di jl. dr otten.

      • di sanah yh
        sy cmn tau kawani ajah, buat perbandingan harganya kurang,

        hatur nuhun kang mas, info ny bloger nya aktif,,

    • Sempatkan ke Jakarta Um. Antartic Penggilingan Jakarta Timur sedang discount 40% untuk semua tas termasuk Deuter. Kemarin mau beli tapi masih cari2 mau yang air contact atau futura. Tapi setelah baca review Mas Wira, hati saya mantabs membeli air contact. Makasih Mas Wira reviewnya

  30. nice review, lagi nyari deuter jg ni om… lagi nyari di google ketemu blog ini…
    pengennya sih beli yg pro #ngecek dompet :v

  31. Om mau tanya. Saya mau cari daypack deuter..kebetulan saya jauh dr kota besar jadi susah nyari toko yg jual deuter..ada rekomendasi online shop yg terpercaya ga? Online shop tokooutdoor(dot)com itu gimana om??saya liat koleksinya cukup lengkap disana..makasih

  32. Permisi mas, saya mau tanya pernah pake eiger dyno 70+5 L/ excelsior 55 L? kalo pernah pake ada kendalanya kah?

    terima kasih salam kenal mas hehe

  33. Mas Wira tuluuunggg…..aq mo cari deuter yang SL dengan berat 35+10 L ato 40+10 L….tinggi qu 170 berat 70 kg….yg mana yg cocok tah….mohon pencerahannya….alnya mo ta pake travelling ke LN dan bakalan pindah2 hotel selama 5 hari….ini kali pertama travelling jauh….saya ga suka pake troley jadi supaya bawa satu tas ajah…ma’achi sebelumnya….

  34. fox didesign untuk junior/remja ….bhan berbeda dg serie yg laen..mnrt sy mslhnya di kekuatan bw beban .krn mreka tidak drkmdsikan hiking sndri ato mmbwa beban berat jd fox dciptakan untuk alasan itu. …cmiw

    • Masuk banget mas…masi sisa banyak banget…yang masuk ke tas ini punya saya : tenda consina magnum 4orang, trangia yg 27-4, satu sleeping bag, matras lipet, dan logistik kira2 bisa buat 3 hari.

  35. Mas Wira, minta bantuannya dong. Aku mau beli tas yg multifungsi hiking & travelling kap. 40-50L dengan budget max. 700rb. Rekomendasi merk & tipe apa ya Mas? Lagi nemu Deuter Air contact 40+10L yg disc. 50% jd cuma 1,2jt tp keuangan lagi tipis bgt. Mohon sarannya ya Mas. Thanks Mas

  36. Mantap kang blognya sangat informatif. Boleh minta tips kang cara packing supaya multidays hiking (semeru, rinjani) bisa cukup masuk ke carriernya yg 40 + 10 l? hehe

  37. gara2 baca tulisan mas wira yg ini saya akhirnya beli deuter act lite 40 – 10 warna merah :D
    memang tas ini enteng dibandingkan punya saya sebelumnya deuter aircontact pro

  38. Om wira, saya mau tanya. Saya baru beli deuter act lite 40+10 dan saya kira dapat rain cover, ternyata tidak. Memang seharusnya begitu atau bagaimana om?
    Di tunggu jawabannya….

  39. Wah untung nemu review ini..
    kbetulan temen ada yang mau balik dr yurop.. nitip deh!
    Siapa tau harga bisa cincai dikit.. hehe

    Makasi ea om ripiuna..

  40. Om mau tanya ni saya mau beli kerir deuter yang kapasitas diatas 85L-100L ada gk itu om, recomend ny yg tipe apa itu om, mohon pencerahan ny.

  41. mas mau nanya nih ane baru mau bayarin deuter fox40L punya temen..klo buat hiking kemana aja cukup gak yah kira2??soalnya gasuka bawa yg terlalu besar nih mas hehehee

  42. mas saya gajadi ambil yg fox 40 jadinya act lite 40+10 nihh mas second 900k baru dipake 2x BU punya temen hahahaa thanks ya mas masukan buat deuter nya hehehee

      • okeeokee mas thanks yaa hehehe…tp untuk harga kira2 mahal gak yah keadaan second cuma masih bagus sih mas hehehee..ane cek harga terbaru sih 1,4 klo gasalah barunya…

  43. Om wira salam kenal, kemaren pas pameran sy beli deuter act lite 35l dl, tp sy beli untuk anak sy yg tinggi 120 kemaren sy minta perbandingan sm yg type fox tp sellernya kasi rekomendasi yg act lite sl krn anak sm memang cewe, minta saran nya om sy salah beli nga yaa mana mahal bgt lg. Thanks om

  44. Reviewnya bagus om keren..sangat membantu..saya mau tanya om…klo cara ngelepas frame Act lite 50+10 gmn caranya ya?soalnya tiap saya cuci framenya gk prnh saya lepas

  45. Bang wira cover bag buat act lite 40+10 ini pake cover bag eiger ya? Pake yg berapa L bang? Ane mau nyati juga ni tapi takut salah ukuran buat cocer bag nya. Makasi bang wira sebelumnya

  46. Om saya mau beli deuter futura 50+10 gimana sarannya saya juga suka mendaki dan ni perdana saya mau beli carrier apakah cocok untuk pendakian memakai futura

  47. Mau tanya dong kalau aku tinggi 158 enakan beli act lite 35 + 10sl atau 45+10sl ya? Buat traveling makasih

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')