Selama dua minggu di bulan September 2018 lalu, saya traveling ke dua Benua : Eropa dan Afrika.

Kok cuma dua minggu? Ya karena saya memang hanya mengunjungi satu negara di masing-masing benua itu kok haha! Ya, saya hanya pergi ke United Kingdom (bagian Inggris dan Skotlandia) di Eropa. Juga mengunjungi Maroko di Afrika.

Memiliki koneksi internet saat traveling sangat penting buat saya. Karena walaupun saya sedang traveling, banyak pekerjaan yang tetap harus saya selesaikan.

Belum lagi updatean instastories yang tak boleh ketinggalan biar nggak disangka hoax oleh netijen! #eh

Karena saya traveling solo, internet sangat saya butuhkan untuk paling tidak mencari rute jalan di google map, jadwal kendaraan umum, restoran halal terdekat, hingga aplikasi translator jika negara yang kamu kunjungi tidak terlalu ramah bahasa Inggris.

London, England.

Kenapa pakai modem? Karena setiap negara punya jaringan yang berbeda, sim card juga tentunya harus beda. Kalau kamu mengunjungi sepuluh negara eropa dalam dua minggu, misalnya. Pasti repot kalau ganti-ganti sim card. Belum proses registrasi yang kadang membuat pusing.

Modem Wi2FLY ini juga bisa digunakan hingga delapan orang. Jadi kalau kamu pergi dalam grup, bisa tetap menikmati internet asal masih di dalam jangkauan kawan kamu yang membawa modem ya. Bisa share cost juga ongkos sewa Wi2FLY-nya.

Kalau saya, karena agak malas untuk mengganti sim card di negara lain (saya pernah menghilangkan sim card lokal saya waktu di Thailand!), jadi saya lebih memilih opsi untuk menyewa portable internet wifi.

Royal mile, Edinburgh, Scotland.

Lagipula menyewanya juga mudah. Tinggal ke website Wi2FLY, tinggal isi informasi mau negara mana dan tanggal kamu traveling, bayar, dan modem akan dikirimkan kurir paling lambat satu hari sebelum kamu berangkat.

Isi paketnya cuma ada 4 items. Unit portable wifi, Charger + travel adapter, kabel usb, dan kantong kain beresleting untuk menaruh semuanya.

Ukuran modemnya relatif kecil. Ukurannya sedikit lebih kecil daripada iphone 7 plus kepunyaan saya.

Sesampainya di Bandara London Heathrow, saya langsung mengaktifkan wifi Wi2FLY. Proses menyalakan modem tak lama. Status layar berubah dari searching, authenticated, dan akhirnya connected. Logo LTE (4G) terlihat di layar dan sinyal penuh. Password untuk masuk ke jaringan wifi portable Wi2Fly juga terlihat di layar status.

National Museum, London.

Kuota untuk internet defaultnya adalah unlimited. Tapi tidak semua negara. Harap baca baik-baik syarat dan ketentuan di websitenya Wi2fly sebelum booking ya.

Sinyal LTE dari modem di kota London betul-betul lancar. Semua social media terpantau lancar. Streaming youtube juga tidak menjadi masalah.

Dari London saya berpindah ke Edinburgh. Karena kota besar, sinyal LTE juga masih aman dan terkendali. Sampai ketika saya pergi ke Isle of Skye, sinyal sedikit punya masalah. Tapi wajar karena memang ini adalah daerah rural bukan daerah urban.

Hingga sampai saya berpindah ke Afrika. Tepatnya di kota Marrakech, Maroko, Wi2Fly juga masih lancar-lancar saja. Kecuali waktu saya di Gurun Sahara, tak ada sinyal sama sekali. Karena memang tidak ada sih, hehe.

King Cross St. Pancras Station.

Problem dengan Wi2FLY? Terkadang memang tiba-tiba macet dan tidak terkoneksi. Namun biasanya setelah di restart jadi kembali normal.

Untuk daya tahan baterai. Biasa saya pakai dari pagi hingga malam belum pernah sampai mati di tengah-tengah hari. Waktu saya kembali ke hotel malam hari biasanya masih ada kira-kira 10-20%.

Harga sewa modem Wi2FLY relatif terjangkau. Contohnya untuk Jepang saja sekitar 66 ribu perhari dan.  eropa 119 ribu perhari(per Oktober 2018). Untuk paket worldwide memang ada di  159 ribu perhari. Tapi buat yang sedang traveling antar negara dan antar benua saya rasa ini lumayan terjangkau.

Penampakan modem Wi2Fly di Maroko

Sejauh yang saya pakai, performa wifi portable Wi2FLY tidak mengecewakan dan saya cukup merekomendasikannya untuk yang ingin tetap terkoneksi dengan internet saat di luar negeri.

Untuk info lebih lanjut tentang portable wifi ini atau info promosi kamu bisa cek di website Wi2FLY, blog, Instagram, ataupun facebook mereka.

Terima kasih!

Gurun Sahara, Maroko.