Samsung Galaxy J5 review indonesia
Samsung Galaxy J5

Ketika diberikan kesempatan oleh Samsung untuk mencoba J5 — smartphone midrange terbaru mereka, saya sempat mengira bahwa harganya ada di rentang 4-5 juta rupiah. Karena kesan pertama saat memegang smartphone ini adalah bahan yang sangat solid dan layar yang sangat terlihat tajam.

Namun, saya cukup kaget ketika mendengar harga smartphone masih berada di angka 2 jutaan, sebuah harga yang harusnya masuk di kategori low end. Apalagi setelah saya gunakan Samsung  galaxy J5 ini sebagai smartphone saya sehari-hari, saya makin kaget karena performanya hampir-hampir tak berbeda jauh dengan Galaxy seri S milik saya yang notabene adalah seri flagship dari Samsung.

Tak heran, Galaxy J5 dengan layar a 5 inci super AMOLED dengan resolusi HD dengan prosesor 1.2 GHz quad-core Snapdragon 410 beserta RAM 1.5 GB membuatnya sangat responsif. Baterai besar dengan kapasitas 2,600mAh pun ikut serta membantu J5 tetap menyala seharian.

Nah karena saya sukanya foto-foto, kali ini kita bahas dulu tentang kameranya dulu ya…

Oh iya, satu fitur palingggggg penting buat yang suka foto dari samsung galaxy J5 dan galaxy lainnya yang terbaru : Quick launch camera! Tekan tombol home dua kali secara cepat (seperti double click pada mouse) — dalam kondisi terbuka atau terkunci, maka J5 akan langsung masuk ke aplikasi kamera! Dengan ini kalau tiba-tiba ada momen yang ingin kita foto, kita tinggal mengambil J5 dari kantong sambil menekan tombol home dua kali, dan kamera akan sudah siap. Saya bahkan tak perlu waktu hingga 2 detik untuk melakukan ini!

Kamera belakang yang mumpuni

Kamera belakang dengan resolusi 13 Megapixel menangkap banyak sekali detail. Coba lihat foto dibawah, kalau tidak diberitahu, mungkin kalian kira foto hutan Taman Nasional Gunung Halimu salak di Bogor  ini adalah hasil keluaran dari kamerabesar layaknya DSLR atau mirrorless.

samsung J5
Hasi kamera 13 megapixel samsung J5 yang menangkap detail sangat baik

Tidak percaya? Coba saja save foto ini ke komputer kalian dan liat metadatanya hehe.

Lensa kamera samsung J5 juga punya diafragma f/1.9. Untuk ukuran lensa, f/1.9 adalah lensa yang ‘cepat’. Artinya punya bukaan yang relatif lebar sehingga cahaya lebih banyak yang bisa dimasukan. Dan hasil akhirnya jika cahaya minim — misalkan ada di dalam ruangan atau malam hari — kamera tetap dapat menghasilkan foto yang detail dan ber-noise rendah.

samsung J5 camera review indonesia
Samsung J5 camera in action

Oke, mari kita lihat kemampuan kamera belakang J5 dengan foto-foto dibawah.

Pertama, mari menantang matahari.

samsung J5 front flash camera
Sore hari yang cantik di Pelabuhan Sunda Kelapa

samsung-J5-review-Indonesia-front-flash-kamera-12

Test foto di dalam ruangan, mba-nya cantik skin tone cantik, dan performa noise terkontrol.

Samsung J5 front flash
Foto indoor samsung J5

Kemudian test foto jarak dekat dan bokeh, silakan dinilai sendiri.

samsung J5 kamera front flash
Foto makro samsung J5

Warna-warni saat sunrise juga terlihat sangat baik.

samsung J5 camera
Foto sunrise di gunung salak

 

Dari pantauan metadata EXIF, lensa samsung J5 memiliki focal length ekuivalen dengan lensa 28mm di kamera full-frame DSLR. Kalau kamu punya DSLR  atau mirrorless (misalnya samsung nx3000 atau nx30 ini) dengan lensa 18-55, focal length samsung J5 persis seperti di posisi 18mm.

Tapi, yang mengejutkan adalah kamera depannya. Mari lanjut simak dibawah.

Kamera depan yang menawan dilengkapi front flash

Pertama kali menyalakan kamera depan, kesan pertamanya adalah : Lebar. Yeay, I love wide angle so much!

Kalau kamera depan tadi punya focal length 28mm, maka berdasarkan klik kanan -> properties/get info, kamera depan punya focal length 23mm. Ini jauh lebih lebar! Pantas saja saya tak perlu bersusah payah untuk memasukan badan saya yang besar ini ke kamera depan tanpa perlu tongsis. Hehe!

Dan seperti kamera belakang, kamera depan pun punya lampu flash agar wajah ganteng saya tetap terlihat walaupun cahaya sangat minim. Malam hari misalnya.

Front camera flash galaxy J5
Front camera flash

Berikut adalah contoh-contoh foto kamera depan Samsung Galaxy J5 dengan resolusi 5 Megapixel ini :

Samsung J5 front flash camera
Pagi hari dengan bantuan front flash agar wajah tak gelap-gelap amat.

Foto dibawah ini diambil jam setengah 6 pagi ketika matahari masih malu-malu di menembus hutan. Kondisi cahaya sangatlah rendah. Namun foto selfie dengan front-flash camera masih bisa dilakukan dengan hasil yang cukup natural. Foto memang agak grainy karena memang masih sangat gelap, beruntung diafragma f/1.9 masih bisa mengumpulkan cahaya untuk tidak membuat foto jadi blur karena kurangnya kecepatan rana (shutter speed).

samsung J5 front flash camera
Selfie bareng mb-mb dengan front flash
Selfie menyenangkan dengan front camera yang lebar!
Selfie menyenangkan dengan front camera yang lebar!

Fitur dan Mode Kamera unik lainnya yang saya sering gunakan

1. Direct access camera. Seperti yang saya jelaskan sebelumnya di atas, tinggal klik home button dua kali untuk langsung quick launch ke kamera. Ini fitur wajib bagi tukang foto seperti saya.

2. Pro Mode, disini kita bisa mengatur parameter exposure kamera secara semi-manual. Kita bisa mengatur ISO, White Balance, Metering dan Exposure Compensation. It’s photographer friendly camera!

3. Panorama dan (Wide Selfie) Panorama, menggabungkan beberapa foto jadi satu foto berbentuk horizontal yang sangat lebar. Cocok untuk motret landscape. Juga tersedia di kamera depan sehingga kita bisa selfie dengan latar belakang panorama yang lebar!

4. Sound & shot. Ini fitur yang sangat PENTING untuk jurnalis. Biasanya fitur ‘voice note’ ini hanya ada di kamera-kamera DSLR professional. Jadi kita bisa merekam suara kita sebagai ‘note’ di dalam foto. Biasanya para jurnalis merekam nama orang, tempat, atau kejadian saat itu. Kudos buat Samsung untuk fitur ini!

5. Gesture control self timer. Waktu selfie, kita hanya perlu mengangkat telapak tangan kita ke atas seperti lagi dadah-dadah, maka self timer akan aktif sendiri tanpa kita harus menyentuh tombol shutter kamera.

Selain itu masi banyak fitur-fitur lainnya namun saya jarang gunakan seperti Beauty Face yang bikin wajah kamu sehalus kulit bayi. Takutnya juga kalau saya selfie pake mode Beauty Face dan kalian liat fotonya, nanti bisa muntah-muntah mungkin. HAHAHA.

Saya juga membuat sedikit video review kamera dari Samsung Galaxy J5 yang bisa ditonton di link youtube dibawah ini.

Untuk penutup artikel pertama ini, J5 layak dapat predikat bang for the buck. Dengan kamera yang cukup baik dan performa layaknya smartphone high end, Samsung Galaxy J5 bisa jadi pilihan kamu yang butuh performa tinggi tanpa kompromi yang terlalu banyak dengan kantong.

Terima kasih!

Review bagian berikutnya :

Kamu bisa beli Samsung J5 disini!

This post is sponsored by Samsung #TunjukkanMomenmu campaign.  All thought are my own.

Untuk info lebih lanjut silakan kunjungi website samsung disini,  twitter @samsung_ID, instagram @samsung_id, atau facebook : Samsung Mobile Indonesia

44 COMMENTS

    • Betul mas, biasanya Samsung harga segini agak ‘kurang’. Mungkin Samsung gerah juga lama-lama lihat pasar kelas bawah didominasi merk dari Tiongkok :D

  1. eh?? Bang wira, jujurlah padaku, itu foto ada pake editing lagi nggak? terutama pas sunrise dan sunsetnya?
    dua jutaan? 2.999.000 juga dua jutaan Bang hehehe

        • Ahahaha tapi menurut saya cukup worthed kok mas, waktu launching katanya 2.8. Padahal harga aslinya sekitar $200 kalo gak salah, sayang dollar lagi ancur :))

  2. Keren ya mas.. Kualitas kamera si Samsung ini bikin ngiler…
    Sayang nya saya baru 2 bulan lalu ganti ke S***…
    #akh
    Beliin mas..beliin… saya ga minta banyak.. satu aja… :P

  3. Wahhh hasil kameranya depan n belakang amaizing semua,mas wira mingin mingini aja. Mau dong mas,1 aja gak usah banyak2,hiii hiiiiii….

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')