Merencanakan hotel untuk liburan memang gampang-gampang susah. Kita harus menyesuaikan lokasi, fasilitas, dan tentunya budget yang mau kita keluarkan.

Nah, Untuk liburan kamu selanjutnya, saya merangkum beberapa tips yang mungkin bermanfaat sebelum kamu booking hotel nih!

Yuk simak tips di bawah ini supaya liburan kamu makin nyaman dan menyenangkan!

1. Cermat memilih lokasi hotel sesuai kebutuhan

bayar di hotel

Pilih hotel yang murah tapi agak jauh dari pusat kota? Atau yang agak mahal tapi ada di dalam kota?

Kalau saya, tergantung transportasi yang tersedia ke hotel sih. Tapi, ya harus dihitung juga biaya transport dari hotel ke tengah kota. Apakah cukup untuk mengkompensasi penghematan yang kita lakukan jika memesan hotel yang cukup jauh?

Misalnya, hotel di tengah kota Tokyo itu mahal-mahal semua. Lalu kebetulan, kamu juga beli daypass untuk transport public yang ternyata mengcover biaya transport hingga menuju hotel yang lebih murah.

Kalau begitu, tak ada salahnya kalau kita pilih opsi hotel yang lebih murah, kan? Lumayan bisa berhemat, barangkali uangnya bisa dipakai untuk makan steak daging wagyu yang premium, misalnya. Hehe.

Namun, kadang lebih baik kita keluarkan uang lebih banyak untuk hotel yang ‘kemana-mana gampang’ dan bisa diakses dengan mudah. Apalagi kalau memang tempat wisata yang mau kita datangi kebanyakan di tengah kota.

2. Pastikan lokasi persis hotel

Jadi ceritanya saya pernah booking hotel di salah satu kota. Lokasinya sih, sepertinya di tengah kota kalau dilihat dari alamatnya.

Nampak pusat perbelanjaan dan tempat makan juga terjangkau dari hotel. Bahkan rasanya bisa berjalan kaki.

Namun ternyata setelah sampai di hotel, lokasi hotel ini ada di area perkantoran yang ada jalan tol besar di depannya.

Lucunya, pusat perbelanjaan dan tempat makan ada di seberang jalan tol sana, jadi tak mungkin bisa menyeberang langsung. Saya harus memutar ke jalan cukup jauh dengan kendaraan dengan kondisi jalan yang macet pula!

Nah untuk menghindari hal-hal seperti ini, coba cek area hotel lebih detail misalnya dengan aplikasi map online. Apalagi yang ada fitur street view agar lebih detail dan tidak terkecoh seperti saya.

Btw, hotel yang saya pesan ini memang masuk kategori hotel bisnis. Yang harganya kebalikannya hotel/resort dekat tempat wisata. Kalau weekend dan libur justru dia akan lebih murah daripada hari biasa.

Nah bisa jadi tips lagi tuh buat yang mau hotel murah, pesanlah hotel bisnis. Biasanya kalau di Eropa ini berasa banget.

3. Booking saja dulu, bayar nanti di hotel

Apalagi kalau tempat ramai seperti Bali, sebanyakan apapun kamar bisa saja penuh!

Di musim liburan pasti hotel banyak yang penuh sekali. Kalau kita sudah punya tanggal untuk liburan, walaupun belum yakin seratus persen, pesan saja hotelnya dulu.

Daripada nanti hotelnya keburu penuh musim liburan? Pasti merepotkan. Lebih baik kita amankan dulu kamarnya.

Tak perlu khawatir, sekarang kita bisa menggunakan fitur “Bayar di Hotel” atau “Pay at Hotel” Traveloka untuk booking hotel tanpa harus membayar terlebih dahulu.

Pembayaran menggunakan fitur ini bisa kita lakukan nanti langsung di hotel saat kita check in.

Nah, tak perlu takut akan kehilangan kamar karena pesanan kita pasti terkonfirmasi. Soalnya, waktu booking dengan fitur ini kita harus memasukan detail kartu kredit.

Tenang saja, detail kartu kredit hanya untuk jaminan saja kok. Jadi, tidak akan ada biaya yang ditagihkan sama sekali.

Dan kalaupun tidak jadi liburan (yah, sedih dong haha) atau tanggalnya berubah, kamu bisa dengan mudah membatalkan pesanan tanpa biaya apapun. Tentunya selama kalau masih sesuai dengan kebijakan masing-masing hotel ya. Jadi, kita perlu selalu teliti saat memesan.

Menggunakan fitur ‘bayar di hotel’ di app Traveloka

Caranya cukup mudah. Contohnya ini saya mencari hotel di Jogjakarta. Kemudian pilih tab ‘Bayar di Hotel/ Pay at Hotel’ untuk mensortir hotel yang sudah punya fasilitas ini.

Saat ini, belum semua hotel punya fitur ini. Untuk itu tekan sekali lagi tab “Bayar di Hotel”. Pilih kamar, kemudian konfirmasi pemesanan dengan memasukan informasi kartu kredit kamu. Pastikan agar kartu kredit yang kamu gunakan masih aktif dan memiliki limit yang cukup, ya!

Tenang aja, kartu kredit tidak akan di charge kok. Nah, tak lama kemudian kamu akan mendapatkan voucher hotel dan kamar sudah di tangan!

Baca juga : 8 Trik Dapat Hotel Dengan Harga Termurah

4. Saat check in, perhatikan hal-hal yang ‘complementary’ dan yang perlu biaya extra.

Yukata ala jepang ini bebas kita pakai selama menginap di Ryokan (hotel tradisional Jepang) ini.

Misalnya saja, apakah biaya hotel yang kita bayarkan termasuk sarapan?

Hal lain yang  juga bisa kamu tanyakan adalah internet, parkiran, atau bahkan yang paling menyebalkan: biaya handuk. Biasanya pada hotel-hotel budget sih handuk harus bayar. Bahkan saya pernah menginap di salah satu hotel budget yang semua amenities-nya (sikat gigi, sabun, shampo) harus dibeli di “warung” yang ada di samping resepsionis.

Biasanya hal-hal ini memang sudah terlihat waktu kita booking online, namun tak ada salahnya untuk konfirmasi kembali. Apalagi biasanya pihak hotel akan mengotorisasi kartu kredit kita (atau ada biaya deposit per hari) untuk hal-hal yang tidak gratis dan kita konsumsi saat menginap.

Setelah check out, jangan lupa periksa transaksi kartu kredit/debit yang digunakan untuk deposit. Kadang mereka suka salah untuk mencharge jumlahnya. Misalnya kamu pesan nasi goreng untuk room service hanya satu piring, tapi yang tertagih ada dua piring. Nah, jadi sebelum kamu meninggalkan hotel ada baiknya diperiksa.

5. Cek review hotel di berbagai situs

Hotel yang saya inapi di Hongkong

Kadang foto-foto yang ditampilkan di website hotel ataupun travel agent adalah betul-betul versi yang sangat sempurna.

Sebagai fotografer, saya tahu proses membuat foto kamar hotel untuk keperluan promori . Terkadang, butuh tiga hingga empat lampu tambahan loh demi foto sempurna, hehe.

Atau di foto hotel terdapat “infinity pool” yang terlihat sangat luas. Namun saat sampai disana ternyata aslinya hanya sebesar setengah lapangan bulutangkis, hehe.

Maka dari itu cobalah baca beberapa review dari beberapa website yang berbeda. Apalagi kalau harga hotel itu terlalu murah atau terlalu mahal. Kamu harus cek lebih dulu apa kata orang-orang disana.

Namun ya kamu harus hindari review yang terlalu memuji ataupun terlalu menghina. Anggap saja opini orang-orang ini adalah “preview” bukan “review”.

Baca juga : 5 Alasan Mengapa Booking Hotel Online di OTA Lebih Praktis

6. Jangan malu bertanya dan meminta sesuatu kepada front desk hotel

Misalnya saat check in kamu ingin kamar yang menghadap ke arah tertentu. Atau kamu ingin kamar yang ada di pojokan agar dapat ruangan yang lebih besar.

Karena biasanya, kalau menurut yang saya dengar sih, kamar-kamar yang bagus seperti ini diprioritaskan untuk para member loyalty hotel atau orang booking dengan harga reguler.

Namun jika kita bertanya dengan sopan, mereka juga tak akan segan untuk memberikan kamar-kamar spesial ini. Sekalipun kita booking dengan harga yang dibawah rate.

Lalu, misalkan  di hari itu kamu sedang ulang tahun, boleh juga tuh dikasih tahu ke mbak resepsionis. Mungkin ada promo upgrade kamar atau restoran untuk yang berulang tahun, siapa tahu kan?  

Atau misalnya juga kamu adalah selebgram yang punya ratusan ribu follower, bisa saja loh minta upgrade dengan cara barter hehe. Intinya kalau kita sopan dan mereka sedang available fasilitasnya, biasanya sih pasti dikasih.

7. Berburu promo hotel 

Kalau kamu jeli, saat ini banyak sekali promo-promo yang membuat traveling makin hemat, termasuk promo hotel.

Promo hotel bisa berasal dari hotel itu sendiri, travel agent, atau bahkan dari kartu kredit yang kamu pakai.

Maka dari itu, kamu harus follow social media atau newsletter dari mereka supaya selalu update jika ada promo yang berlangsung.

Kadang promo tak selalu potongan harga langsung. Bisa saja bundling bersama tiket pesawat, promo menukarkan poin, dan macam-macam promo lainnya.

Selamat memesan hotel untuk liburanmu selanjutnya ya!

2 COMMENTS

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')