Pernah nggak lagi traveling sakit? Rasanya sama sekali tidak enak loh. Waktu yang sangat berharga kita sengaja sisihkan untuk menikmati  perjalanan, eh malah cuma bisa tiduran di kasur hotel! Semua rencana yang kita buat bisa langsung bubar. Kita pun juga akan merepotkan orang-orang yang bersama kita.

Nggak enak, kan?

Pergi ke tempat berbeda, apalagi dengan kondisi cuaca dan waktu yang berbeda dengan tempat kita tinggal, sudah pasti membuat tubuh kita harus menyesuaikan. Nah, bagaimana tips agar badan kita selalu fit saat traveling? Mari disimak dulu yuk!

1 .Berolahraga rutin sebelum traveling

nu oceana sea salt lemonade
Kalau mau jalan disini plis olahraga dulu yang banyak, turunin berat badan *ngomong ke kaca*

Apalagi yang tipe traveling nya naik gunung, bawa backpack sebesar kulkas. Kalau tidak terbiasa berolah-raga, saya jamin baru tak berapa lama setelah berjalan pasti ada yang gak beres. Atau ketika bangun besok paginya, badan jadi pegel dan sakit hihi!

Berolahraga secara rutin 2-3 minggu sebelum traveling akan membuat badan kita terbiasa untuk bergerak. Itu akan meningkatkan stamina. Jadi kita bisa berjalan lebih jauh, dan mengangkat beban lebih banyak.

Tapi olahraga sih seharusnya dibuat rutin saja, jangan cuma pas traveling. Kalau saya sih olahraga terus karena pengen sering jalan-jalan terus hehe!

Dan buat yang mau naik gunung seperti Rinjani, WAJIB hukumnya buat berolahraga dan latihan fisik secara rutin minimal sebulan sebelum jalan. Kalau tidak mau langkahmu terseok-seok disana.

 

2. Jangan lupa selalu SARAPAN

Sarapan dulu mz..
Sarapan dulu mz..

Ingat, waktu traveling kita pasti menggunakan energi yang lebih daripada hari-hari biasa yang kebanyakan duduk di belakang komputer. Untuk memulai hari, sarapan jangan sampai lupa.

Jangan lupa juga bungkus beberapa makanan yang bisa dibungkus dari sarapan hotel buat bekal di jalan, hehe! Biasanya kan bisa tuh roti-rotian. Tapi jangan sampai ketahuan ya hihi!

Tapi, mentang-mentang makan buffet di hotel, semua-semuanya kita ambil. Duh, jangan ya. Kebanyakan makan malah buat kita jadi MAGER alias malas bergerak. Kebanyakan makan juga membuat  kita jadi LOLA alias loading lama. “Hemm, hari ini mau ngapain yah? Balik ke kasur aja deh….”

 

3. Perbanyak minum Air, selalu bawa air dan Nu Oceana di dalam tas

Traveling di suhu nyaris 40 derajat celcius. Kalau kurang hidrasi bisa tepar gannn.
Traveling di suhu nyaris 40 derajat celcius. Keringat sampai nyeplak di badan. Kalau kurang hidrasi bisa tepar gannn!

Yang namanya traveling, most of the time kita akan berada di luar ruangan. Yang artinya juga kita akan bergerak dan berkeringat lebih banyak. Konsumsi air putih tentunya harus tetap dijaga. Bawalah selalu botol minum, jadi kalau kehabisan bisa kita refill di tempat-tempat yang memungkinkan. Kalau kita traveling ke negara maju biasanya air kerannya bisa diminum tuh.

Nah, terkadang di siang hari bolong di tengah panasnya kota Bangkok ini (misalnya), dengan minum air putih saja rasanya dehidrasi belum hilang. Minum minuman yang mengandung garam laut seperti Nu Oceana bisa membantu kita menghilangkan dehidrasi loh. Hah? Sea Salt? Asin dong? Hehe, ini bukan garam dapur loh ya. Sea Salt adalah Garam Laut, yang alami tanpa proses kimia dan mengandung mineral ini mempunyai kemampuan untuk menyeimbangkan air dalam tubuh sehingga kita tidak mengalami dehidrasi. Mengkonsumsi Sea Salt yang tepat dapat memaksimalkan kerja ginjal dalam mendistribusikan cairan tubuh melalui sistem yang seharusnya.

nu oceana
Nu Oceana dengan kandungan Sea Salt plus lemonade yang segar. Asik banget dinikmatin kapan saja dan dimana saja.

Walaupun ada kandungan sea salt, Nu Oceana ini gak asin sama sekali kok! Rasanya segar, manisnya tidak berlebihan, dan tambahan rasa lemonade bikin tambah seru. Rasanya sangat light, cocok dinikmati di cuaca apapun, apalagi di tengah hari summer, apalagi kalau diminum dingin! FYI, Nu Oceana bukan minuman isotonik kok, jadi bisa dikonsumsi terus.

 

4. Perhatikan pakaian yang dikenakan

Jika tempat yang kita tuju sangat panas, jangan lupa membawa topi dan kacamata hitam. Jika tempatnya berdebu, cobalah persiapkan masker. Pengaruh iklim dan cuaca yang ekstrim bisa membuat kita jatuh sakit, jadi lebih baik persiapkan pakaian yang sesuai.

Apalagi kalau kamu mendaki gunung (demen bener naik gunung mz!), kamu harus tahu betul bahan-bahan pakaian yang sesuai dan yang seharusnya tidak dipakai.

Kalau bakal trekking lama, no jeans plis. Kalau basah berabe!

 

5. Kurangi camilan tak sehat, apalagi kalau sedang roadtrip dengan mobil.

Jangan banyak-banyak makan gorengan...
Jangan banyak-banyak makan gorengan…

Pengalaman saya, yang namanya perjalanan jauh berjam-jam, apalagi berhari-hari menggunakan mobil, pasti membuat berat badan naik. Kenapa? Karena yang kita lakukan adalah duduk, memuka kantong plastik besar dari mini market, dan menghabiskan seluruh camilan yang kita beli selama berjam-jam. Dan itu akan dilakukan secara tidak sadar HAHA.

Nah, mumpung sudah saya kasih tahu, lebih baik camilannya diganti dengan buah saja. Sama-sama nikmat dan jauh lebih sehat.

 

6. Tetap jaga kebersihan diri

Apalagi kalau sedang traveling ke tempat seperti ini eheh
Apalagi kalau sedang traveling ke daerah ini ehehe

Bawa selalu antiseptic ataupun tissue basah untuk membersihkan tangan kita sebelum makan. Juga kalau sedang ke toilet umum, kita gak tahu kan seberapa higienis-nya tempat yang kita pakai karena itu tempat publik.

Waktu traveling kita juga pasti gak sadar tangan kita itu menyentuh macam-macam. Pasti isinya kuman semua tuh hihi!

 

7. Istirahat cukup

Yha gpp cuma di hostel 100rb-an, yang penting bisa naro barang dan istirahat :’)

Keluar jam 7 pagi dan kembali jam 12 malam setiap hari? Duh, kamu lagi traveling apa jadi satpam gedung? Walaupun kita excited banget saat lagi traveling, please jangan overly excited karena masih ada hari esok kok.

Nah, itu tips dari saya supaya kamu tetap sehat dan segar saat agar jalan-jalan kamu makin seru. Bagaimana pengalamanmu? Yuk share di komentar!

15 COMMENTS

  1. salam kenal mas Wira,
    thanks buat tipsnya…. saya ingat waktu ke Phuket, karena kelamaan main jetski sampe malam, besoknya saat akan berangkat ke KL dan Singapura, saya terkapar di pesawat dan saat check in di hotel, lsg cari dokter, karena demam hebat dan muntah2… benar2 pengalaman paling ga enak….

  2. Tipsnya penting banget nih kak.

    Sarapan memang paling penting, saya tiap sarapan makan yang cukup biar bisa bertahan sampai sore, cuma ngimbangi aja dengan minum. Saya juga tuh sering bungkus2 roti buat bekal, tap masih dalam batas wajar.

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')