5 Langkah Mempersiapkan Liburan Hemat!

5

Banyak email yang masuk ke saya dengan pertanyaan, “Kak, kalau jalan ke luar negeri pakai biro perjalanan apa sih?” atau pertanyaan sejenis lainnya.

Saya pribadi hampir tak perlu menggunakan biro perjalanan. Kalau kamu masih relatif muda dan familiar dengan internet, saya rasa tak perlu untuk membeli paket-paket perjalanan. Kecuali untuk perjalanan yang agak sulit kalau dipersiapkan sendiri seperti umroh. Atau kalau kamu adalah orang tua yang tidak ingin sedikit repot mempersiapkan segala sesuatunya dan punya budget yang tak terbatas, silakan saja membeli paket-paket perjalanan.

Saya akan coba menuliskan pengalaman saya mempersiapkan semuanya sebelum memulai plesir ke sebuah tempat. Percayalah, ini tak akan sulit, cuma butuh beberapa sentuhan di smartphone kamu!

1. Tentukan destinasi impianmu

Sedang liburan di jepang

Pasti kamu punya destinasi imipian kan? Saran saya, jangan ikut-ikutan orang lain atau hanya impulsif memilih tiket yang murah.

Pilihlah destinasi yang benar-benar kamu ingin datangi karena alasan personal. Destinasi imipian saya dulu adalah Jepang. Karena sejak kecil saya adalah fans doraemon, dragon ball, dan anime-anime lainnya. Ingin sekali rasanya makan Dorayaki seperti Doraemon dan Ramen seperti Naruto di tempat asalnya. Ingin sekali piknik di bawah bunga sakura yang sedang mekar. Ingin jadi super saiyan seperti Son Goku kalau bisa. Dan kalau ada kesempatan, ingin sekali menonton langsung AKB48 biar bikin iri yang cuma bisa nonton tiruannya di FX Sudirman!

Karena kalau kita tidak pergi ke destinasi yang betul-betul kita inginkan, kita akan tetap terbayang-bayang terus sampai gak bisa tidur!

Sama misalnya kamu mau beli mobil. Kalau kamu maunya BMW tapi malah beli Toyota, sampai kapan juga akan terbayang-bayang itu BMW. Lebih baik sabar dan terus kumpulkan uang sampai bisa beli itu yang jadi impian kamu!

 

2. Buat rekening khusus liburan

Jalan-jalan ke Indonesia Timur seperti Togean ini butuh perencanaan dana yang khusus

Kalau kamu serius untuk betul-betul pergi ke destinasi impian kamu, coba satu tips ini dari saya : buat rekening khusus untuk traveling!

Dengan membuat rekening ini secara terpisah dari rekening kamu yang lain, kamu bisa fokus untuk menabung setiap bulannya. Karena biasanya sih, destinasi impian kamu itu pastilah tidak murah. Kalau tidak dipisah, nanti akan tercampur dan menggangu pos-pos pengeluaran kamu yang lain.

Kalau kamu sisihkan misalnya 500 ribu setiap bulan saja, kamu bisa dapat 6 juta rupiah dalam setahun. Bisa libran sekitar satu minggu lebih tuh di Jepang!

Apa? Nggak bisa sebulan 500 ribu? Coba deh coret kopi overpriced yang secangkirnya bisa hampir 100 ribu itu dari daftar belanjaan kamu tiap bulannya. Atau buat yang hobi merokok, kalau kamu bisa berhenti, mungkin dalam setahun saja kamu bisa mengumpulkan uang yang cukup untuk berkeliling Eropa selama beberapa minggu:)

 

3. Membuat Jadwal Perjalanan

Tidak usah membuat jadwal perjalanan dan itinerary detail sampai kepada jam sekian, menit sekian kamu harus kesini dan melakukan anu. Pasti nanti jadi pusing sendiri.

Kalau saya pribadi, saya hanya membuat wish-list tempat yang akan saya kunjungi di destinasi tersebut. Berdasarkan prioritas. Wah kalau nanti saya nggak sempat mengunjungi semuanya bagaimana? Tak apa, kan jadi alasan kamu untuk mengunjunginya kembali suatu saat, kan?

Ini contoh Itinerary saya waktu ke Eropa beberapa waktu lalu. Cuma buat pegangan saja, aslinya waktu saya pergi liburan tidak sama persis dengan yang saya buat ini.

 

4. Memesan Transportasi dan Akomodasi Secara Online

paket pesawat plus hotel lebih hemat

Setelah draft itinerary sudah kamu buat, saatnya memesan transportasi dan akomodasi.

Pesanlah pesawat dari jauh-jauh hari sebelum liburan kita. Terkadang untuk tiket promo bisa 3-6 bulan sebelum keberangkatan. Rajin-rajin pantau media sosial dari maskapai biar tidak ketinggalan promo.

Baca juga : 8 Trik untuk dapat Harga Hotel Termurah

Ada cara lain untuk menghemat biaya pesawat dan hotel. Cobalah pesaan pesawat dan hotel kamu bersamaan!

Di beberapa situs pemesanan pemesanan seperti Traveloka, kamu bisa memesan paket gabungan tiket dan pesawat sekaligus. Selain lebih berhemat, cara ini juga mempermudah proses rencana liburan kita. Ragam pilihan pembayaran pun tersedia seperti transfer bank, ATM, Kartu Kredit, maupun cicilan.

Makin simpel makin nyaman kan liburan kita?

 

 5. Be open mind. Enjoy your Holiday!

Itinerary sudah dibuat. Tapi jangan terpaku seperti yang sudah kamu rencanakan di atas kertas.  Banyak hal-hal spontan yang akan terjadi ketika traveling.

Mungkin kamu jatuh cinta ke sebuah tempat sehingga mengubah itinerary dan memperlama waktu kamu di tempat tersebut. Atau malah sebaliknya. That’s totally okay. Kamu kan tidak pakai biro perjalanan yang harus mengunjugi 10 tempat dari satu hari sehingga kadang selfie pun tak sempat.

Jadi, sudahkah kamu merencanakan liburanmu berikutnya?

5 COMMENTS

  1. Nah ini, membuat rekening khusus untuk liburan. Sesuatu yang harusnya saya lakukan bertahun-tahun lalu. Untuk membuat rekening khusus ini memang butuh disiplin dan mengurangi hobi belanja :)

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')