Banyak yang bertanya apakah D40 bisa menghasilkan gambar yang kece ? J

awabannya bisa ya bisa tidak. Tergantung dari bagaimana anda menggunakan dan memaksimalkan potensi yang ada. Karena menurut saya, D40 dengan kamera lainnya adalah sama saja.

Tetapi, anda memang harus menguasai kamera anda sendiri agar pada saat memotret kamera tidak menghalangi anda berkreasi. Kamera harus menjadi perpanjangan mata dan tangan anda. Tips – Tips di bawah ini mungkin akan membantu anda, khususnya pengguna D40 agar bisa digunakan dengan maksimal :) :

1. Percaya diri : Yakinlah bahwa D40 adalah kamera yang luar biasa ! Apakah anda sadar D40 really worth to be bought ? Dengan kualtitas body yang (saya pikir) lebih baik daripada merk lain yang sejenis dan kualitas gambar yang bisa diadu dengan saudara-nya (D80, D200 etc). Yakinlah pada diri anda bahwa anda-lah yang membuat gambar, bukan kamera!

2. Setting Kamera : D40 memiliki setting Optimize image. Disinilah kita mengatur output dari gambar yang akan dihasilkan. Ada yang suka warna – warni yang dangdut seperti orang ini , dan sebagian orang yang lain justru ingin warna yang tidak terlalu dipaksakan karena alasan noise, dynamic range, dan lain sebagainya. Hal ini membutuhkan banyak eksperimen. Tapi jangan berharap dengan settingan ini foto anda menjadi lebih baik. Perhatikan dahulu cahaya yang ada pada subjek foto kita !
Tips : Setting contrast ( Tone compensation) ke auto. D40 cukup pintar untuk mengkompensasi gelap dan terang dari scene yang kita hadapi. Jika anda adalah orang yang cukup rajin, gunakan settinga preset dan anda bisa mendownload “picture control” dari komputer ke kamera anda. Berasa D300 kan :).

nikon d40
nikon d40

3. ISO auto : D40 adalah kamera yang cukup pintar dan 40d adalah kebalikannya. Ups! Fitur auto iso memungkinkan ada untuk menentukan shutter speed atau aperture dan d40 akan memilihkan iso yang sesuai. Percayalah, fitur ini benar-benar berguna di berbagai kondisi pemotretan. Tetapi ingat, pada saat mode manual exposure, fitur auto iso belum dimatikan. Hal ini mungkin cukup menggaggu bagi sebagian orang, tetapi jika kita berpikir sejenak. Mode manual dengan iso auto menjadikan mode yang sangat canggih. Saya menyebutnya Shutter Aperture priority. Mungkin mirip seperti mode program, tapi kita bisa mengatur kombinasi shutter dan aperture secara terpisah sesuai keinginan. Tetapi hati-hati bisa saja semua jepretan anda menggunakan iso 1600 :)

4. My menu setting : D40 memang tidak mempunyai banyak tombol shortcut seperti kamera kelas atas. Tapi anda mempunyai setting ” my menu” yang memungkinkan kita bisa membuang menu yang tidak diperlukan. Menu – menu yang hanya perlu disetting sekali saja lebih baik dibuang. Sisakan satu halaman saja untuk mengakses menu yang penting seperti Auto ISO, Optimize image, White Balance dan yang menurut anda penting.

5. Flash : Jika anda ditanya siapa yang punya teknologi flash paling hebat, nikon adalah jawabannya. Saat anda memotret dengan flash (mode normal), maka exposure bar akan ditarik ke nilai minus. Ini normal. Menandakan bahwa background akan underexpose dan subjek akan terang karena flash. Jika diinginkan background juga terang (terisi ambient light), gunakan mode slow sync flah. Exposure bar akan menunjukan nilai yang normal. Shutter speed akan sama dengan kondisi anda tidak menggunakan flash, jadi gunakan tripod atau sandarkan kamera pada permukaan yang stabil.

6. RGB histogram : Ini adalah kunci untuk mendapatkan exposure yang baik dan benar. Tahukan anda bahwa histogram yang ditampilkan saat anda menekan tombol bawah d-pad, itu hanyalah bagian green channel. Bagaimana jika red channel dan blue channel overexpose ? Lihatlah ke RGB histogram, caranya : saat preview image tekan ok –> filter effect –> color balance –> lihatlah apakah ada channel yang clipping. Jika anda sedang bekerja dengan file RAW, menekan OK sekali lagi maka anda mendapatkan konversi ke JPEG secara gratis. :)

7. Gunakan Remote control : nikon remote control ML-3 sangat berguna lho, selain untuk wireless cable release, juga bisa dipakai buat narsis..hehehe. Dan bisa dibuat sendiri dengan mudah bagi mahasiswa elektro. coming soon!

50 COMMENTS

  1. Tapi sekarang katanya D40 sudah discontinue ya? Digantikan oleh D60. Saya agak kurang suka D60 karena fitur live preview-nya. Serasa kek kamera poket aja pakai live preview…

  2. @galih :sepertinya d40 emang udah ga ada sih…temenku nyari di BEC udah gak ada.. :) kamera sakti emang laku ya.

    @patrush : hehe..salam kenal juga..saya juga pengguna canon(mantan tapi..hehe) salam kenal juga..

  3. D40 masih ada koq mas, tapi sepertinya BM. Saya baru beli 2 minggu yg lalu, dan bukunya bahasa jepang semua. Bingung bacanya huehehehe

    tq
    JB

  4. hmmm..untuk D40 saat ini yang tersedia adalah nikon AF-S DX 12-24 dan sigma 10-20 HSM. Baru dua itu yang jalan autofokusnya di D40. Kalau seperti Tokina 12-24 tetep bisa berfungsi normal, tapi minus autofokus. Saya sendiri lagi nabung nih buat sigma 10-20, yang nikon mah diluar jangkauan. :D

  5. Thx bgt mas wira :) senangnya,lg nyari2 tips&trik buat D40x,eh dpt sumbernya hehehe.. Hatur nuhunnn..
    Info2 lainnya dunk,terutama biar pas moto ga sering blurr,maklum newbie :)

  6. salam kenal , bozh …
    aq udah pke d40 sjak awal brg itu ada . sd hr ini _ Agustus 2009 , g ada mslh kcl lensa’e yg kdg aq anggep msh kurang canggih . maklum , punya’q cuman itu . mau beli neh , malezzz … aq sll ikuti perkembangan kamera dslr , dr yg murah sd hasselblad . smua sama wae , yg penting org / pemakai’ne . iza maksimal / ga , paz pake’e ? itu aja . kbeh , ada plus minus’e . ga ada yg mutlak + no body perfect + body kamera apa pun ! . adik’q yg punya hasselblad 5 pcs tp mlh takut bw2 kluar rmh . brg muuuahaaal + slangit , takut dirampok org d tgh jln . he9x … aq sll pke raw klo njepret , semua hsl’e jd duit krn aq designer grafis . klo ada minus’e , yo maklum , gwean manungso . tp klo ada lbh’e , yo amien . hebat tp ga usah sombong . dulu , aq pke fuji trus canon/eos tp yg film / negatif . dslr’e bru d40 itu . smua hsl jepretan d40’q , jd duit kbeh sd hr ini . aq isa bli ini itu , jg krn d40 . kponakan’q , yg kamera’e canon + jaoh lbh muahal + canggih + komplet dr’q , mlh cuma isa teori + gaya’thox . g2 , bozh … smg para pembaca , ga usah ragu pke d40 . murah tp ga murahan . yg pke canon mania , jgn sombong , brg anda akeh ca2t’e dbdk nikon . liat history’e nikon + canon , bru comment . jgn asal njeplak + nulis . aq wez dolan ke pabrik’e canon + nikon + fuji + hasselblad . podho wae . matur nuwun .

  7. salam kenal…
    aku baru 1 bulanan pake d40.
    dslr pertama dan pertama punya kamera hehehehe
    donlod picture controlnya di nikon.usa???
    harap maklum masih belajar…

  8. salam kenal…aku sudah lama pake d40. tapi lama dipinjam orang stlh kembali jadi aneh tu mas..
    1. feature auto focus sudah gak mau jalan
    2. feature micro sudah gak mau
    3. ketika ngeshoot auto pake zoom gak mau ngeshoot..
    itu knapa ya mas, lensanya rusak atau kameranya…. kalo ganti lensa harganya berapa?
    mohon panduannya mas…terimakasih..

    • banyak koq mas. kalau mau autofokus, lihat aja ada logo AF-S untuk nikon. Klo merk sigma ada HSM.
      Kalau saya saran sih AF-S 55-200 VR, sekitar 2.x juta..
      Atau klo mau yang keren AF-S 70-200 VR f2.8 . tapi harganya 20 jutaan.hehe :D

  9. Salam kenal,
    Saya udah bartahun2 pake kamera saku, nah kini lag mau nyoba pake camera SLR, tapi saya kok tertarik ma NIKON D40 ini, lha ni da yang mau ta’ tanya’in utk mengobati penasaranku :
    1. Untuk tahun 2009 tepatnya akhir 2009 ini D40 masih kluar yang baru ndak? dan kira2 harganya berapa?
    2. Kelebihan & kelemahan D40 yang sering muncul apa Mas?
    3. Lensa yang bisa dipake di D40 yang ukuran brp ja?
    4. Remote untuk D40 kira-kira berapa duit mas?

    Terima Kasih…

  10. Lam kenal mas.. saya pemula… lagi cari2 kamera
    dapet rekomen dari temen beli nikon D40, setelah cari di forum sana sini
    dapet juga nikon D40, garansi masih 4 bulan lagi, dapet tambahan memory 4 GB, dikasih tas, baterei cadangan… tapi harganya 4,650 jt mas .. kira2 kemahalan gak nih mas ???

  11. assalamualaikum mas… skrg saya lagi tertarik ma photography, tapi bingung pake kamera apa enaknya, bisa tolong di beri masukan enaknya pake kamera apa yang kira2 harga juga terjangkau… kalau buat pertama pake kamera digital biasa bisa ga mas??? makasih mas sbelumnya

  12. cipi :

    assalamualaikum mas… skrg saya lagi tertarik ma photography, tapi bingung pake kamera apa enaknya, bisa tolong di beri masukan …a

    wah kamera apa aja sama aja mas. yang penting enak dipegang :lol:

  13. wah keren banget mas tulisannya! :)

    saya cinta mati sama D40 deh pokoknya, mau diadu sama D3s di kondisi terang pun saya berani (kalau gelap menyerah deh) hehehe

    loveable sekali kamera ini! :)

  14. salam kenal mas wira……., saya seorang pemula dibidang ini dan saya punya nikon d40 saat ini…., mohon informasinya bagaimana mendapatan buku manual nikon d40…ada bahasa indonya ndak..? trims

  15. Kameraku tulis battere ini tidak cocok, silahkan gunakan battere yang didesain untuk kamera ini. Itu kira-kira terjemahannya. Padahal battere yg kupasang sesuai speknya yaitu 7.2 Volt. Memang pernah kelebihan voltase s/d 9 Volt. Tapi setelah sesuaipun, kameranya tetap tulis ” tidak cocok”. Mohon bantuan, apakah bisa di reset ya mas???

  16. Saya juga pake D40, tp ada embelan x-nya. :D apakah mas wira masih pake kamera ini? Atau beralih ke yang lain? Foto2nya kereeeen…. high quality pictures, saya kemudian kagum dgn karya2 foto dn tulisan Anda. Terimakasih juga sudah membagi banyak tips and trick sehingga bisa dipelajari.

    Salam,
    D.

  17. hello mas wira,saya baru belajar megang kamera dan saya mempunyai kamera nikon D40 saya suka sekali sih,tapi saya bingung kalau foto malam misalnya di acara pesta gitu settingan nya bagaimana ya mas wira,mohon saran dan petunjuknya mas.

    Terima kasih banyak

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')