Bloggercamp hari blogger nasional
Blogger Camp

Selamat hari blogger nasional!

Saat ini saya sedang di bumi perkemahan Hulu Cai di Bogor, bersamaan dengan ratusan blogger lainnya, di empat kota yang berbeda, sedang bersama-sama mengikuti acara yang bertajuk Blogger Camp ID — sebuah acara ‘pesta blogger’ yang mengangkat tema bagaimana membuat blog yang tetap kredibel.

Wuih, tema yang cukup berat ya? Hehe.

Nah, dari sana saya bisa simpulkan beberapa poin penting yang bisa disimak nih. Silakan!

 

1. Memilih-milih tulisan ‘pesanan’

Misalkan kamu suka tentang fotografi dan kamu punya beberapa blog fotografi yang sering kamu kunjungi. Anggap saja blog itu adalah blog saya. Mungkin kamu percaya saat saya merekomendasikan sebuah kamera. Tapi, jika suatu ketika saya merekomendasikan sebuah sepatu di blog saya, apakah kamu akan percaya?

Saya sih tidak.

It’s okay to say no to brand/agency.

Jangan tumbangkan reputasimu yang dibangun bertahun-tahun dengan satu tulisan yang tidak sesuai dengan tulisanmu lainnya.

 

2. Fokuskan tema blog

Tenda kamu yang mana?
Tenda kamu yang mana?

Di bloggercamp saya menemukan berbagai macam tipe blogger. Ada yang blogger perjalanan, kuliner, lifestyle, beauty, family, campur-campur, hingga blogger yang lupa password.

Menurut saya, blogging is about passion. Contohnya, kalau kamu tidak suka tentang sejarah, lalu memaksakan diri untuk menulis untuk itu, saya rasa tulisanmu akan terkesan memaksa.

Blog what you like, things you passionate about.

Tapi semua kembali ke diri kamu sendiri, hehe.

 

3. Tetap update blog secara konsisten

Suasana bloggercamp malam hari
Suasana bloggercamp malam hari

Mas Iman brotoseno, seorang blogger kawakan yang masih ngeblog hingga saat ini, masih menulis paling tidak dua tulisan dalam satu bulan. Saya sendiri mencoba untuk membuat 3-4 tulisan perbulan.

Ketika kamu mengunji blog yang hanya diupdate setahun yang lalu, apa menurutmu blog itu masih kredibel?

 

4.  Pastikan informasi akurat

Our lovely camp
Our lovely camp

Blogger adalah citizen journalist, seperti acara dengan nama yang sama di NET.  Blogger memang bukan wartawan yang punya media besar. Namun blogger harus tetap punya kode etik jurnalis.

Misalnya, jika tulisanmu adalah tulisan titipan, tunjukanlah bahwa tulisan tersebut adalah sponsored post/adventorial post.

 

5. Bangun kredibilitas dengan membaca data

bloggercamp id
Hari kedua di bloggercamp disambut matahari yang bersinar ceria.

Di blogger camp juga ada sesi untuk membaca data. Sebetulnya ini sama dengan poin fokuskan tema blog kamu. Jadi, kalau misanya blog kamu tentang travel, tapi lebih banyak link dari situs-situs yang sangat jauh hubungannya dengan niche travel, blog kamu bisa dikatakan belum kredibel dari sisi data.

Saran dari saya : Coba pelajari lebih lanjut tentang google analytic dan trend data. Kita bisa banyak dapat ide dari sana.

 

6. Berikan tulisan yang baik. Atau tak usah menulis.

Bloggers
Bloggers

Menulis kritik yang pedas dan menohok jelas tidak apa-apa. Tapi jika kamu sampai memfitnah dan menggunakan kata-kata kasar, itu sama saja membuat bom bunuh diri untuk diri kamu sendiri.

 

7. Jangan jadi ‘Goblok’ di Internet

Kalau kamu adalah tipe orang yang suka share info tidak jelas dari media abal-abal di social media yang ujung-ujungnya adalah hoax, kamu perlu pikir-pikir ulang untuk menjadi blogger. Karena blogger harus riset, riset, dan riset untuk membuat satu post muncul di blognya.

Jadi, apakah kamu menilai blog kamu cukup kredibel?

Tabik!

Siapa yang tadi bangun pagi dan lihat pemandangan ini di jalan sebelah tenda? Anyway, selamat hari blogger nasional dan
Siapa yang tadi bangun pagi dan lihat pemandangan ini di jalan sebelah tenda? Anyway, selamat hari blogger nasional dan jangan lupa terus ngeblog. Ciao!

 

Pssst! Tulisan ini diikutkan dalam lomba live blog yang diadakan oleh bloggercamp serta didukung oleh Indosat Love, jaringan 4G Indosat super kencang untuk mengunggah tulisan ini!

18 COMMENTS

  1. Ccaranya keren, dimana itu mas..? salut buat semuanya. Foto yang api unggun kayak aneh ya…lagi pada api unggun tapi pesertanya pada sibuk dengan HP masing – masih….mantap..Sukses selalu..Selamat hari Blogger Nasional…

  2. Nomer satu bener banget. Kadang tergoda banget untuk ikutan lomba a, lomba b, padahal nggak sesuai dengan tema blog kita. Jadi kesannya maksa. Sekarang sih udah mulai dikurang-kurangin hal kayak gitu. karena ujung-ujungnya blog jadi semacam tempat promosi semua produk (padahal nggak ada hubungannya). Ya, kecuali emang niat blog gado-gado.

    Simple nice mas wir. Sukses lombanya.

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')