Warna Warni Derawan

29

Kesan pertama saat melihat pulau ini adalah : Warna-warni!

Bangunan warna-warni di dekat dermaga ini adalah penginapan. Dari kelas homestay hingga resort, semuanya warna-warni! Merah, kuning, hijau, dan warna perman lainnya  — ditambah latar belakang langit biru cerah, memang sangat memancarkan kesan ceria.

Warna-warni yang pas untuk liburan, bukan?

penginapan derawan
Warna-warni derawan

Penginapan derawan
A closer look.
Derawan
Welcome to Derawan Island!
Anak-anak yang sedang bermain di dekat penginapan. Tak jarang penyu berenang disini.
Anak-anak yang sedang bermain di dekat penginapan. Tak jarang penyu berenang disini.
Harga penginapan sederhana di derawan ini sekitar 250 ribu untuk satu malam.
Harga penginapan sederhana dengan ac di derawan ini sekitar 250 ribu untuk satu malam.
Penginapan derawan
Penginapan saya sih nggak warna-warni sayangnya, hehe.
penyu derawan
Lihat bayangan yang di sebelah kiri perahu yang sedang berjalan?
penyu derawan
Penyu! Penyu hijau ini dulu sekali main ke derawan bisa ‘seperti pasar’ saking banyaknya. Tapi sekarang mungkin hanya 2-3 penyu yang berkunjung kesini. Pemilik penginapan mengatakan kapal negara tetangga sering mengambil penyu di area derawan.
Pantai derawan
Salah satu sudut pantai di Pulau Derawan
Pulau derawan tidak terlalu besar. Dengan sepeda, satu jam saja sudah cukup untuk mengililingi pulau ini dengan santai.
Pulau derawan tidak terlalu besar. Dengan sepeda, satu jam saja sudah cukup untuk mengililingi pulau ini dengan santai.
Pulau yang terkenal di kepulauan derawan adalah Derawan, Maratua, Kakaban, dan Sangalaki. Menyewa speedboat cepat berkapasitas 6 orang ini sekitar 2 juta  rupiah untuk seharian hopping island.
Pulau yang terkenal di kepulauan derawan adalah Derawan, Maratua, Kakaban, dan Sangalaki. Menyewa speedboat cepat berkapasitas 4 penumpang dan satu nahkoda ini sekitar 2 juta rupiah untuk seharian hopping island.
Cuaca baik. Hati senang, Tapi kulit tambah legam.
Cuaca baik. Hati senang, Tapi kulit tambah legam.
Maratua Paradise resort
Namun sesampaianya di pulau Maratua, Paradise resort, cuaca tiba-tiba berubah. Duh, lebih baik kulit saya tambah hitam deh daripada hujan begini :))
Maratua Paradise Resort, After the rain.
Maratua Paradise Resort, After the rain. *nangis*
Maratua Paradise resort
Namun, jomblo-jomblo ini tetap gembira. Kecuali yang tengah.
Anehnya, hujan hanya di resort itu saja. Tak jauh ketika kami keluar area resort milik orang Malaysia ini. Suasana terang benderang. Huvt.
Anehnya, hujan hanya di resort itu saja. Tak jauh ketika kami keluar area resort milik orang Malaysia ini. Suasana terang benderang. Huvt.
Payung-payung snorkeling derawan
Snorkeling di payung-payung. Disini, SI PENYU UNYU ITU BANYAK BANGET TWEEPS. KAYAK LAGI PADA ARISAN. Maap gak punya kamera underwater…. *nangis lagi*
Kakaban
Lanjut ke pulau kakaban, sebelum berenang bareng ubur-ubur di danau snorkeling dulu di didepannya. Tapi biasa saja, sih.
Ubur-Ubur Kakaban
Dari dermaga pulau kakaban
Ubur-Ubur Kakaban
Danau air asin kakaban
Ini dia si ubur-ubur derawan yak menyengat. Tak boleh menggunakan fin disini supaya mereka tak terganggu. Jika tak bisa berenang lebih baik menggunakan pelampung.
Ini dia si ubur-ubur derawan yak menyengat. Tak boleh menggunakan fin disini supaya mereka tak terganggu. Jika tak bisa berenang lebih baik menggunakan pelampung.
ubur-ubur kakaban
Selfie dengan ubur-ubur! Thanks go pro nya kak @lostpacker!
Kakaban
Masih di Kakaban, tapi bagian belakang pintu masuk danau.
Kakaban
Masuk ke dalam gua, dan muncul di laguna indah seperti ini.
Kakaban derawan
Yeah!
Derawan sangalaki
Tak lupa kami juga main ke Pulau Sangalaki. Banyak manta disini, dan pantainya pun bagus.
Derawan sangalaki
Om bolang @lostpacker in action, Pulau Sangalaki.
derawan maratua
Kemudian kami memutar ke utara pulau Maratua..Menyusuri perairan dangkal…hingga menepi ke pinggir hutan dengan batu-batu karang..
Maratua terumbu karang
…terumbu karang disini indah sekali , bahkan tak perlu menyeburkan diri untuk melihatnya..kamipun berjalan kaki untuk menuju ke suatu goa..
Salah satu goa di pulau maratua...
Salah satu goa di pulau maratua…
goa maratua derawan
Dengan pintu masuk yang warna-warni seperti ini…Derawan memang warna-warni hehe.
maratua goa
Pesut mahakam nyasar di derawan. Mau masuk ke dalam? Tunggu postingan berikutnya ya :)

Tips Liburan ke Derawan.

  • Dari Jakarta, bisa naik pesawat ke Berau atau Tarakan.
  • Jika dari Tarakan, pelabuhan tak terlalu jauh dari Bandara. Dari Tarakan ke derawan memakan waktu sekitar 3 jam tergantung cuaca. Namun tak ada kapal umum disini, umumnya harus carter. Cocok untuk rombongan.
  • Jika dari Berau, kapal ke Derawan mungkin hanya sekitar setengah jam. Namun dari Bandara Berau ke Pelabuhan Tanjung Batu Berau memakan waktu sekitar 2 jam dengan jalan berkelok. Kapal umum selalu ada dan terjadwal.
  • Derawan panasnya pake banget. Siapkan pelindung kepala yang cukup.
  • Jangan memegang ubur-ubur di Danau Kakaban. Walaupun tak menyengat, tetap saja bisa mengancam ekosistem mereka.
  • Menyewa speedboat kecil untuk 4 orang memang relatif mahal (1.5 – 2 juta rupiah), namun pergerakannya yang cepat bisa mengefisiensikan waktu kita. Karena jarak antar pulau-pulau favorit cukup berjauhan. Bahkan kapal kami pun bisa mengejar lumba-lumba!
  • Banyak kuliner kerang kima di Derawan…ini adalah species kerang yang terancam punah, jadi lebih baik kita makan yang lain saja.
  • Bawa uang tunai yang cukup karena tak ada ATM di derawan.
  • Harga penginapan sekitar 200 ribu rupiah semalam. Untuk resort sekitar 800 ribu semalam.
  • Sebisa mungkin kamu bisa berenang dan punya sertifikat menyelam. Sayang kalau nggak, hehe.
  • Have fun!

29 COMMENTS

    • Iya mak cum, pernah juga katanya ketangkep kapal filipina ngambil penyu satu kapal gede…ketauan sih tapi udah pada mati penyu nya..

  1. bro lau kesana pake paket. tour apa enggak, dan berapa total biaya yang lau habiska, tnks bro minta infonya yah

  2. Kak punya kontak penginapa yg warna warni itu? atau rekomen penginapan terjangkau lain? Makasih

  3. Halo mas boleh tau jadwal kapal umum dr pelabuhan menuju derawan?and cp speed boat utk hoping island?terima kasih
    Salam

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')