Sebetulnya saya cuma ingin bertemu dengan Jackie Chan dan makan Dim Sum saja di Hong Kong. Tapi karena doi sedang sibuk, jadinya cuma ini yang saya lakukan waktu jalan-jalan di Hong Kong. Semuanya menyenangkan! Pastikan hal di bawah ini tak ada yang terlewat kalau kamu jalan-jalan ke Hong Kong ya!

1. Mencoba Sarapan Klasik Hongkong, Bolo Bau (Pineapple Bun) dan Teh Susu Ala Hong Kong!

Bolo Bau dan Teh susu khas hongkong

Sarapan klasik Hong Kong! Bolo Bau ini roti manis yang sangat padat. Di tengahnya ada butter yang berukuran cukup besar dan menciptakan rasa gurih sebagai komplemen rasa manis. Tekstur atasnya renyah namun dalamnya sangat lembut.

Setelah itu kita guyur lidah kita dengan teh susu hongkong yang amat pahit namun smooth. Lengkap sudah pagi kita di Hong Kong!

Gede banget rotinya

Banyak kafe-kafe yang buka hanya untuk sarapan di Hong Kong! Biasanya buka dari jam 6 pagi hingga jam 10 atau jam 11 siang saja.

Oh iya, walaupun terjemahan englishnya adalah pineapple bun, tapi bun ini sama sekali tidak ada kandungan nanas. Tapi tekstur atasnya yang crunchy ini yang mirip nanas jadi membuat nama Bo Lo Bau menjadi Pineapple Bun!

Kam Wah Cafe di daerah Mongkok, ruko yang berwarna emas.

Tempat saya makan di foto atas dan juga rekomendasi saya untuk mencoba Bo Lo Bun ini adalah Kam Wah Cafe (47 Bute Street, Mongkok, Hong Kong).

 

2. Belanja ala-ala Syahrini dan Bunda Maia di Tsim Sha Tsui, biar kayak sosialita walaupun BPJS (Budget Pas-Pasan Jiwa Sosialita)

Numpang foto doang, belinya tas kw

Tsim Sha Tsui ini pusat belanjanya Hong Kong. Ada mall besar banget namanya Harbour City. Itu barisan Louis Vuitton, Gucci, dan sejenisnya masih ada di dalam mall Harbour City.

Tapi kalaupun kamu nggak punya budget untuk belanja tas macem Syahrini, Tsim Sha Tsui tetep asik buat jalan-jalan kok! Jalanannya fotogenik. Apalagi di ujung jalan ada Victoria Harbour yang kalau malam kece abis. Paling nggak bisa foto pura-pura belanja sambil megang tas kw yang beli di Temple Street market haha!

Getaway hotel, Tsim Sha Tsui

Kalau kamu ke hong kong memang tujuannya belanja di Tsim Sha Tsui, menginaplah di daerah sini biar gampang bawa barang belanjaan yang berkoper-koper itu. Saya menginap di Getaway hotel (Marco Polo), masih di dalam Harbour City. Cuma beberapa langkah dari Louis Vuitton. Kamarnya sangat bagus dan dapat tea time kalau sore hari!

 

4. Makan DIM SUM! Ada dim sum yang halal lho di Hong Kong!

Dim Sum Feast!

Dim Sum ini cukup jadi satu alasan untuk saya kembali ke Hong Kong. Enak banget! Saya makan berbakul-bakul kayaknya gak kenyang-kenyang hehe!

Buat yang diet nya makanan halal, di Hong Kong ada tempat dim sum yang halal di Osman Ramju Sadick Islamic Centre Canteen di daerah Wan Chai. Di gedung masjid dengan lima lantai ini, ada sebuah kantin kecil yang berada di lantai lima. Mereka punya banyak menu khas kanton termasuk dim sum ini!

Hakau mana hakau….

 

5. Belanja di Temple Street Market. Tawar sampai puas!

Pintu gerbang temple street market

Nah ini yang mau belanja barang-barang seperti tas, baju, dan perintilan seperti casing hape bisa disini. Kamu bisa menawar pula. Cuma ya, siap-siap mental aja kalau dibentak sama nenek-nenek pedagang disini kalau nawar sadis.

Jadi ceritanya adik  saya menawar sebuah tas di Temple Street Market ini sama nenek-nenek. Harganya HK$140, ditawar jadi $80. Setelah tawar-menawar sengit, kita pun memutuskan pergi untuk mencari tas lain. Si nenek langsung bilang dengan logat canton, “You’re my first customer, I’ll give you $50. You happy i happy lah.”

Tapi kita tetep pergi. Setelah muter-muter, ternyata harga si nenek tadi emang paling murah. Pas balik kesana, si nenek gak mau ngasih harga $50 lagi. “I told you, i have best price. No more fivty. Now it is $100,” kata si nenek sengak. Terus tetep dibeli sama adek saya, harusnya bisa dapet dua tadi ya haha!

 

6. Buat para ladies, jangan lupa belanja produk kecantikan di LADIES MARKET

Ladies market

Buat ladies-ladies yang gila kosmetik atau masker-masker murah bisa langsung belanja kemari. Kalau saya sih nggak ngerti haha!

Tapi lumayan sih buat yang buka open PO dan jasa titip. Ehm.

 

7. Kalau lagi selow, coba naik TRAM Keliling Kota Hong Kong!

Mbak nya galau..

Tram ini sudah ada dari tahun 1904 di Hong Kong. Walaupun mereka sudah punya kereta bawah tanah (MTR), tram ini masih tetap dipertahankan.

Coba naik ke lantai 2 tram buat dapet experience selow keliling kota Hong Kong. Jalannya memang tak kencang, tapi ia melewati banyak spot-spot menarik di Western district, causeway bay, happy valley, dan north point. Sekali naik ongkosnya HKD 2.3. Bisa pakai octopus card atau langsung bayar cash.

 

8. Melihat Gedung Apartemen tua di Quarry Bay

just WOW

Tanah adalah barang mahal di Hong Kong. Rata-rata orang tinggal di apartemen. Di daerah Causeway Bay ada semua komplek apartemen yang sangat berdekatan antar gedungnya. Salah satunya adalah Fok Cheung building ini. Saking bentuknya yang unik, tempat ini jadi favorit turis kalau mau ke Hong Kong. Cuma karena ini daerah residen, mohon hormati orang-orang yang tinggal disana ya. Paling tidak jangan berisik kalau lagi foto-foto.

 

9. Berbelanja (lagi) di Times Square

Times Square

Tak mau kalah dengan New York, Hong Kong juga punya Times Square di Causeway Bay. Dekat sini banyak toko-toko random dari kosmetik hingga apple store. Tapi yang keren disini adalah mall-nya. Rangkaian elevator dan tangganya fotogenic abis!

Mall Times Square

 

10. Naik ke Victoria Peak pakai Peak Tram yang ada dari tahun 1906!

Ini lagi di dalam tram yang sedang menanjak

Victoria Peak adalah salah satu titik tertinggi di Hong Kong. Ada beberapa cara kesana, bisa naik bis selama 40 menit. Atau naik tram ini yang cuma 7 menit saja!

Kalau bisa kesini jangan pas weekend. Mengantri untuk naik tram yang sudah ada sejak 1888 ini bisa sampai dua jam! Lalu kalau sore hari, kemungkinan untuk kabut semakin besar.

Pemadangan saat ke Hong Kong, pastikan kamu ada di sebelah kanan kalau sedang naik

Dari atas Victoria Peak (atau lebih populer dengan sebutan “The Peak” saja), kamu bisa melihat pemandangan kota Hong Kong dari atas!

 

11. Bersantai sambil foto ala-ala Korea di Kowloon Park

ala-ala

Hong Kong punya banyak taman yang bisa kamu nikmati untuk berselo ria. Salah satunya adalah kowloon park ini. Di dekat taman ini juga ada Masjid Kowloon buat yang mau melaksanakan ibadah.

 

12. Main ke Apple Store

Apple store causeway bay

Sebelum singapura, Hong Kong adalah negara paling dekat dengan Indonesia yang punya Apple Store resmi. Di Hongkong ada beberapa Apple Store. Semuanya megah. Terbuat dari full kaca yang bening. Seperti beningnya cici-cici sales apple ini yang membuat saya khilaf menukar gesekan cc dengan sebuah ipon…

Kepincut sama mba sales ini akhirnya jadi beli ipon :(

 

13. Hangout hari minggu bareng para pekerja Indonesia di Hong Kong!

Victoria Park

Kalau kamu ke victoria park di hari minggu, kamu bakal serasa sedang di Monas, bukan di Hong Kong. Karena entah kenapa, para pekerja Indonesia di Hong Kong ini semuanya sedang melepas penat. Bahkan waktu saya kesana, ada pengajian ibu-ibu….Mereka biasanya piknik sambil membawa makanan Indonesia. Berkumpul bersama teman seperjuangan, sambil merecharge energi untuk hari senin esok :)

 

14. Menikmati skyscrapper hongkong dari Central Plaza

Bukit dan gedung-gedung di Hongkong yang saling adu tinggi

Kalau mau menikmati gedung-gedung Hong Kong dengan gratis, cobalah naik ke Central Plaza di lantai 45. Ini gedung kantor yang punya pemandangan 360 derajat kota Hongkong. Biasanya karyawan disini melepas penat sambil meminum secangkir kopi. Bukit the Peak juga terlihat dari gedung ini.

 

15. Menyebrang dari Victoria Harbour ke Kowloon dengan Ferry!

Menyebarang Ferry di hong kong

Selain naik mobil, kereta, dan tram, Hong Kong juga punya transportasi ferry buat yang mau ke tempat-tempat di dekat pelabuhan yang tak terjangkau oleh transportasi lainnya. Saat menyebrang, kita bisa menikmati pencakar langit hongkong. Apalagi kalau menyebarang sore hingga malam hari. Romantis sekali.

Menjelang senja

 

17. Menonton Pertunjukan Symphony of the Light 

Tapi waktu saya kesana, ternyata sedang earth hour! :))

Pertunjan ini ada di samping Victoria Harbour, masih di area Tsim Sha Tsui Waterfront. Setiap hari jam 8 malam pertunjukan ini selalu ada. Ada musik dan narasi yang akan menemani cahaya cahaya laser di gedung-gedung seberang victoria harbour.

Sayang waktu saya kesana, pertunjukan ditiadakan karena sedang Earth hour!

Harusnya seperti ini kalau menurut discoverhongkong.com :))

Apa yang tidak akan kamu lewatkan kalau kamu ke hongkong nanti?

Jangan lupa nonton VLOG-nya juga ya! Ada dua part nih :))

13 COMMENTS

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')