TIC Semarang
Workshop hari pertama di TIC Semarang

Awalnya kami ragu, apakah Semarang kota yang tepat untuk workshop ketiga travel blogging #travelnblog? Karena menurut pemantauan kami, blogger-blogger di Semarang — dan sebagian besar blogger di Indonesia — sudah kehilangan gairah untuk menuliskan tintanya di blog dibandingkan beberapa tahun lalu. Kebanyakan lebih beralih ke platform social media seperti twitter dan kawan-kawannya.

Nyatanya, setelah kami mengadakan workshop ini 28-29 maret lalu, kota Semarang jadi kota paling antusias menyambut acara ini! Mungkin tema workshop blogging kami yang bertema ‘travel’ sedang naik daun saat ini di kalangan anak muda. Ini juga mungkin jadi penyebab blogging —  khususnya travel blogging — juga menjadi bertambah peminatnya.

Ngelenong weh.
Ngelenong weh.

Seperti biasa, kami hanya menyediakan slot peserta hanya 30 orang untuk mengoptimalkan workshop. Karena memang bukan seminar, makanya pesertanya kami batasi. Namun ternyata yang mendaftar hampir 100 orang! Berat hati untuk menolak permintaan teman-teman yang ingin juga ikut workshop, namun apa daya untuk saat ini kami hanya mampu sebanyak itu.

Kami berhasil mendarat di Semarang dengan pesawat. Jujur saja karena budget pas-pasan kami hampir menggunakan transportasi kereta api ekonomi. Namun karena waktu mepet dan kami juga punya kewajiban lain yang tak bisa ditinggal,  kami pun mau tak mau harus mencari tiket pesawat. Tentu harus dengan harga yang paling murah. Beruntung ada situs seperti Ezytravel yang bisa mencari harga termurah pesawat DAN menggaransi harga termurah di website mereka. Kalau kita menemukan harga yang lebih murah, tinggal lapor dan kita akan diberikan voucher tiket pesawat! Coba aja deh langsung cari harga tiket pesawat murah di Ezytravel kalau nggak percaya hihi.

Sampai di semarang pun masih dapet special rate dan boleh early check in serta late check out dari Ibis budget. Hamdallah!

Kami juga sangat berterima kasih kepada Dinas Pariwisata Jawa Tengah yang mendukung acara kami dengan menyediakan tempat untuk workshop #travelnblog (plus makan siangnya pula hihi!). Lokasi workshop ada di Tourism Information Center (TIC) Semarang yang ada di jalan pemuda, persis di depan gedung DPRD semarang. Di tempat ini kita bisa menemukan informasi tentang apa saja destinasi dan atraksi yang menarik di sekitar Semarang dan Jawa Tengah. Terlihat beberapa turis asing yang meminta informasi disana pada saat workshop di hari Sabtu.

Bikin web yang #NendangBokong ala-ala kak mozta. Terjemahan dari #KickAss :))
Bikin web yang #NendangBokong ala-ala kak mozta. Terjemahan dari #KickAss :))
TIga peserta yang datang pertama mendapatkan buku dari Gagasmedia
TIga peserta yang datang pertama mendapatkan buku dari Gagasmedia
Si Mas Bolang Lostpacker.com yang ikut jadi peserta.
Si Mas Bolang Lostpacker.com yang ikut jadi peserta.

Formasi materi kurang lebih sama dengan #travelnblog Jakarta dan Bandung, hanya ada sedikit perubahan. Ini topik-topik yang dibahas pada hari pertama.

  • Mas @AryMozta memberikan materi tentang konsep dasar desain visual blog, what’s worked and what’s not. Mas Ary yang disebut salah satu peserta sebagai bue-timur-tengah-yang-kesasar-di-pasar-kauman ini menekankan bahwa if the content is the king, the website is the kingdom.
  • Mz @arievrahman masih berbagi tentang menulis yang baik. Bukan hanya menulis, tapi bertutur cerita lewat tulisan. Mz ariev dengan leluconnya yang jenaka namun jayus selalu bilang bahwa ekspresikan tulisan dengan detail apa yang kita rasakan. Dan jangan lupa berbahagia. Walaupun pacar jauh.
  • Terus @wiranurmansyah ngoceh tentang foto ala-ala. Da aku mah apa atuh cuma sebutir debu.
  • Kemudian ada mb @FirstaDYI dan mb @lucianancy yang membahas tentang manajemen blog dan social media. Dari masalah fokus di sebuah tema, trafik, SEO, hingga membahas cara ngetwit supaya lebih banyak yang retweet walaupun kamu bukan selebtweet.

Setelah materi seharian yang cukup melelahkan, kami berjalan-jalan mengitari lawang sewu yang sekarang sudah cantik dan tertata rapi. Paling tidak dibandingkan saat lima tahun lalu saya mengunjungi tempat ini. Seru sekali!

#travelnblog girsl :3
#travelnblog girls! :3
trio kwek-kwek
trio kwek-kwek
#urbaniconstyle  ala-ala lawang sewung
#urbaniconstyle ala-ala lawang sewung
Foto-foto
Foto-foto
Ngasoh dulu..
Ngasoh dulu..
Baso satu mz..
Baso satu mz..

Hari kedua yang lebih seru!

#travelnblog pertama di Jakarta tak punya hari kedua, #travelnblog kedua di Bandung ada lomba foto live di Car Free Day, #travelnblog 3 Semarang ini jauh lebih menarik : Tour kota lama semarang dengan bus double decker ‘Semar Jawi’ dan kemudian langsung dilanjutkan dengan lomba live blog yang lansung diumumkan hari itu juga!

Saya baru pertama kali ke kota lama Semarang dan saat berada di sana rasa-rasanya saya sedang di Eropa! Mungkin karena lokasinya lebih sepi dan tertata daripada kota tua Jakarta. Untuk mengantar peserta kembali ke TIC untuk live blogging, peserta dibantu taksi-taksi bluebird yang selalu siap sedia dipanggil menggunakan aplikasi di smartphone. Saat saya coba pertama kali di kota lama, taksi datang tak sampai 5 menit setelah salah satu peserta memesan lewat aplikasi!

travelnblog-semarang-5168

Simpang lima
Lewat Monumen tugu muda Semarang
Senang walaupun kepanasan.
Senang walaupun kepanasan.
Hati-hati banyak dahan pohon dan kabel
Hati-hati banyak dahan pohon dan kabel
Keliling kota lama menikmati masa lalu Semarang
Keliling kota lama menikmati masa lalu Semarang
Europe?
Europe?

Untuk kami para panitia, karena perlu membawa banyak orang dan barang sekaligus, kami menggunakan jasa Golden Bird. Golden bird ini adalah blue bird versi ‘charter’ dengan ukuran mobil yang jauh lebih besar. Dua hari kami berputar-putar di Semarang menggunakan Golden Bird ini kami sangat puas dengan servisnya. Bahkan kita juga bisa pesan lewat website resminya. Jadi setelah kita sampai di bandara, tinggal cari orang yang membawa plang nama kita. Beres tak usah antri.

Pagi hari para peserta dengan wajah sumringah muncul di taman depan gereja blendug. Begitu juga saya yang sangat penasaran untuk naik ke bis salah satu hibahan perusahaan telekomunikasi ini. Bis ini bertingkat, dan tanpa atap. Pertama naik, senangnya luar biasa. Lima menit setelah itu, mulai kipas-kipas. Tak lama setelah matahari mulai tinggi, saya teriak kepanasan! Serius, panasnya semarang ini gak santai banget! Namun begitu, berkeliling bersama Semar Jawi ini memang sungguh menyenangkan, apalagi bersama kawan-kawan baru.

Setelah itu tibalah saatnya lomba live blog. Temanya tentang Semar Jawi yang baru saja peserta naiki. Diluar dugaan saya, peserta ngeblog dengan sangat serius! Suasananya hening namun sangat kompetitif. Satu persatu link-link post bermunculan di timeline kami. Dari cerita detail how to get there, cerita cinta, hingga pengalaman mengerikan di kota lama. Terima kasih juga untuk Smartfren yang sudah menyediakan modem + sinyal kenceng untuk para peserta mengupdate blognya masing-masing.

Suasana live blogging di ruang audio visual TIC
Suasana live blogging di ruang audio visual TIC
Pusing pala barbie.
Pusing pala barbie.

Sambil menunggu kami memilih pemenang, @viraindohoy dan @fahmianhar dipandu MC @FirstaDYI memberikan talkshow tentang peran blogger lokal dalam kemajuan pariwisata daerahnya sendiri.

Setiap acara #travelnblog, yang ada di benak kami panitia adalah : “Gue mendingan jadi peserta deh!” Ahahaha… Mulai dari goodie bag berupa buku panduan, gantungan kunci dan magnet dari Visit Jawa Tengah, blocknote spesial dari Gagas Media, 2 buah majalah dari Getaway Magazine dan  mendapatkan luggage tag + tin can dari Urban Icon. Banyak juga hadiah-hadiah kecil disela workshop seperti voucher taksi bluebird, voucher berlanggangan majalah, dan buku-buku kece dari Gagasmedia! Ohya, di workshop kali ini kami mengeluarkan sertifikat untuk para peserta! ((( SERTIFIKAT )))

Dan inilah pemenang lomba live blogging on the spot!

Para pemenang lomba live blog!
Para pemenang lomba live blog!
  1. Albert Ghana Pratama – http://lostinparadise.web.id/post/114908382256/jelajah-semarang-sehari-dengan-semarjawi
  2. Rifqy Faiza Rahman –  http://papanpelangi.co/2015/03/29/kota-lama-tentang-geliat-pagi-dan-semar-jawi/
  3. Slamet Riyadi –  http://www.slamsr.com/2015/03/semarjawi-bus-wisata-semarang.html
  4. Indri Juwono –  http://tindaktandukarsitek.com/2015/03/29/semarang-dalam-cerita-semarjawi/
  5. Alifia Afflatus – http://www.afflatuzz.blogspot.com/2015/03/traverse-in-kota-lama-with-semarjawi.html
Dan jangan lupa juga kita masih punya lomba blogging berhadiah tas dari Urban Icon, Handphone Smartfren, dan masih banyak lainnya sampai tanggal 5 April ya! Cek ketentuannya disini.

Tak lupa juga kami berterima kasih kepada kementrian pariwisata dan Wego Indonesia yang turut membantu terlaksananya acara #travelnblog di semarang ini. Menurut kalian #travelnblog berikutnya enaknya dimana ya? Apakah kita perlu mendatangi kota kamu? Kasih tau di komen ya!

Sampai jumpa lagi!

Sampai jumpa!
Sampai jumpa!

 

42 COMMENTS

  1. Seruuu sekali acaranya, menimba ilmu blogging dari para senior dan menambah teman, apalagi ada livebloggingnya.
    Kapan ngadain di Malang Mas? Saya ingin sekali berpartisipasi, mohon mention ya di twitter jika ada agenda di Malang: @ihwanmozaik.
    Makasih dan salam kenal dari saya :-)

    • Halo Ihwan. Hehehe iya terima kasih atas sarannya ya. Kebetulan kemarin pesertanya juga banyak dari luar kota termasuk Malang loh, makanya kita taruh di tengah di Semarang :D

    • owhhh ini tho mas cumi yang ngehits dibicarain banyak orang di workshop?
      pancen!!! *salim mas*

      alhamdulilah fotoku nampang jugak
      salam kenal mas wira, foto travelnya josss, mak sengkring

  2. Iyaa..ternyata acara semarang happening banget yaa ada jjs naik semarjawi, ke lawang sewu, ngga rugi ikutan…mas wira, mau dong kalau ada foto nailah anakku hihi mintaa :p

  3. Wiraaaaa, thanks liputannya, seru banget euyy!!!
    Gak rugi bela-belain datang dari Jakarta buat ikutan TravelNBlog (tanpa ngecek materinya bakal apa, yang penting daftar Semarang :p)
    Terima kasih juga sudah milih saya jadi juara empat. Hahay, spesialis juara empat.

  4. Waah wajahku banyak terpampang ya di postinganmu mas hahaha :D
    Bay the way emang ada cerita serem apa mas di Kota Lama? :P

    Santai banget gaya bahasanya, jadi enak di baca *Curi ilmu mas Wir sebanyak-banyaknya* :D

  5. Alhamdulillah sempat ikut… Terimakasih panitia & narsum … Tambah ilmu, teman n pengalaman berkesan…. Lain kali mo ikut lagi aah… :)

  6. Makasih banyak sharing ilmunya, Mas Wira. Saking bernasnya sampe bingung mau tanya apaan. Ngiri maksimal bisa motret sekece ituuuh :))))

    Semoga bisa sharing lagi di Semarang yaaaaa ^^

  7. wah di semarang seru ya…
    salam kenal kak

    knapa kok di kota lama aja ada kawasan pecinan (semawis, sampokong, juga lho yg ga kalah bagus nya…

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')