Review Samsung NX3000 : Mampir di Jogjakarta

55
IMG_6030
My white NX3000!

Saya diberikan kesempatan oleh Samsung untuk mencicipi kamera entry-level mereka yang terbaru : Samsung NX3000.

Kamera ini berdesain retro minimalis, bersensor APS-C (sama dengan DSLR), hanya berbobot seperti dua buah smartphone, dan yang paling penting bisa selfie  bisa dipasangi lensa-lensa samsung yang line-up nya sangat menarik!

Apa perbedaan NX3000 dengan NX300/NX300m

NX3000 adalah versi hemat dari NX300. Salah satu fitur yang ada di NX300 namun tak ada di NX3000 adalah touch screen dan  phase-detection autofocus. Phase detection autofocus adalah sistem autofokus yang digunakan pada DSLR.

Phase detection AF lebih handal dalam mengikuti pergerakan subjek (tracking).  Tapi untuk subjek yang statis, atau tak terlalu bergerak banyak, contrast detect AF NX3000 sama cepatnya dengan NX300.

Lensa bawaan 16-50 f/3.5-5.6  dengan focal length terlebar 16 mm (24 mm full frame) cukup untuk mengambil bagian dalam dan luar jendela pesawat saat saya terbang ke Jogja beserta beberapa blogger.

Selamat pagi, kamu..
Selamat pagi! Foto ini saya ambil dengan mode HDR. Mode ini sangat bagus untuk mengatasi rentang cahaya yang terlalu lebar.
Blogger lebay, mas cumi yang menghalangi pemandangan sunrise.
Blogger lebay, mas @cumilebaycom yang menghalangi pemandangan sunrise.
Disambut merapi dan merbabu
Disambut merapi dan merbabu
And finaly landed....with a selfie.
And finaly landed….with a selfie.

Jpeg-processing samsung untuk skin tone agak membuat jerawat pada hilang. Apalagi dalam “selfie-mode” dimana LCD-nya di flip ke depan, efek penghalusan wajah sangat terasa. Jika kurang suka dengan efek “camera 360” ini, cobalah shot dengan mode RAW.

Tapi, entah mengapa skin tone samsung sangat cocok untuk memotret wanita. Untuk wajah saya yang mirip permukaan bulan ini, rasa-rasanya agak mmmm…hehe.

Fitur flipping LCD pada kamera saat ini bagi saya merupakan fitur wajib, apalagi untuk kamera-kamera yang tidak memiliki viewfinder. Selain bisa mengambil foto dari sudut-sudut yang tak biasa, juga bisa diarahkan agar posisi LCD tidak memantulkan sinar matahari.

Flip LCD NX3000 bisa diarahkan 180 derajat sampai posisi selfie, namun sayang tidak bisa diarahkan ke bawah seperti kakak-nya NX300, pun tidak memiliki fungsi touchscreen. Saya lebih senang menggunakan tombol fisik daripada touchscreen pada kamera, jadi pemangkasan fitur ini tak terlalu berpengaruh bagi saya.

NX3000 dengan lensa 45 1.8 punya @ifnhr. Modelnya kak @mozta_ , kayaknya masih jomblo.
NX3000 dengan lensa 45 1.8. Mau kenalan mention aja @mozta_
nx30, nx3000 white, nx3000 black.
nx30, nx3000 white, nx3000 black.

NX3000 dibundle dengan lensa kit power zoom 16-50 f/3.5-5.6, sedangkan NX300 dengan lensa 18-55 f/3.5-5.6 dengan zoom mekanik. Untuk lain-lainnya cuma perbedaan minor seperti LCD NX300 yang lebih besar 0.3 inchi.

NX3000 mirip seperti NX Mini : menggunakan memory jenis micro SD Card seperti kebanyakan smartphone. Kamera ini juga punya batere dengan kapasitas 2033 mAH yang bentuknya pipih dan lebar. Oh iya, kita bisa pakai power bank portable untuk mencharge kamera ini! (tapi sayang samsung tidak membundling charger external biasa).

Konstruksinya metal untuk bagian atasnya, dan plastik pada bodynya — walaupun terlihat seperti kulit. Berkat kulit palsu ini, NX3000 tak nampak murahan, walaupun ia adalah line-up paling bawah setelah NX300 dan NX30.

Kemudian fitur wifi di NX3000 sangat membantu jika kita ingin pamer foto cepat ke social media. Well it’s 2014 after all…

Dan, yang paling menarik dari kamera samsung adalah, terdapat bundling Adobe Photoshop Lightroom 5! Bisa sejuta lebih itu kalau beli asli!

..... *keplak*
….. *keplak*

Kualitas Foto

Kualitas foto dengan sensor APS-C sudah tak perlu diragukan lain. Saat ini faktor sensor tak perlu kita khawatirkan karena kamera apapun sudah lebih dari cukup. ISO 3200, bahkan 6400 bisa kita gunakan tanpa ragu-ragu.

Kualitas foto lebih ditentukan oleh lensa yang dipakai. Lensa 16-50 cukup baik dalam ketajaman dan kontras, autofokusnya juga sangat cepat. Untuk lensa kedua, saya sarankan untuk memakai lensa 30 f/2 agar efek-efek bokeh bisa terlihat.

NX3000 di gumuk pasir
NX3000 di gumuk pasir

Waktu saya mencoba kamera ini di gumuk pasir, kamera mas cumi agak tersendat karena banyak pasir yang masuk ke konstruksi zoom lensa, sehingga lensa menjadi agak seret. Tapi setelah dibersihkan, lensa bisa berjalan normal kembali. NX3000 dan lensa 16-50 memang belum weatherproof/dustproof. Untuk fitur itu, saya sudah tak sabar menunggu untuk mencoba samsung NX1 dengan lensa 16-50 f/2-2.8!

Gumuk pasir parangtritis
Gumuk pasir parangtritis
Autofokus nx3000 cukup cepat untuk menangkap momen.
Autofokus nx3000 cukup cepat untuk menangkap momen.

So, jadi rekomen NX3000?

Absolutely yes! Kamera ini bahkan tak terasa saat kita bawa saking ringannya. Dan melihat beberapa tahun kebelakang, saya hampir tak percaya kamera sekecil ini punya kualitas foto yang mumpuni.

Saya pun saat ini tak lagi memakai DSLR karena ukurannya yang tak ingin membuat kita membawanya jalan bersama. Dengan kamera mirorrless kecil seperti NX3000 ini, saya tak ragu membawanya kemana saja.

Terima kasih!

Mas Irfan #akurapopo part 1
Mas Irfan @ifnhr #akurapopo part 1
Embung Langgeran
Embung Langgeran
Sunset di Embung Langgeran
Sunset di Embung Langgeran. Lensa16-50 punya efek star yang menarik dan flare yang terkontrol.
Good evening Jogja...
Good evening Jogja…
SAMSUNG CAMERA PICTURES
Tower tower everywhere
SAMSUNG CAMERA PICTURES
HDR mode samsung dan tilt LCD
Sunrise Borobudur
Sunrise Borobudur. ISO 3200 tanpa tripod.
Mas irfan #akurapopo part 2
Mas irfan #akurapopo part 2
Merapi dari Jauh
Merapi dari Jauh
Borobudur
Borobudur
Sunrise Borobudur
Sunrise Borobudur, f/22 untuk efek star

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Mas Irfan #akurapopo part 3
Mas Irfan #akurapopo part 3
Pengibaran seribu bendera di kaki merapi
Pengibaran seribu bendera di kaki merapi
17 agustus di kaki merapi
17 agustus di kaki merapi
!7 Agustus di kaki merapi
All photo taken with NX3000, exif still embedded if you curious. Thanks again!

55 COMMENTS

  1. Iya, samsung NX3000 emang asik, sensor APS-C, bodi kecil dan keren. Waktu saya coba burst kamera ini dia bisa menembak sangat cepat sampai puluhan foto dgn sekali pencet. Sayang kalau saja dia udah pake deteksi fasa utk auto fokusnya lebih enak lagi.

  2. […] Saya diberikan kesempatan oleh Samsung untuk mencicipi kamera entry-level mereka yang terbaru : Samsung NX3000. Kamera ini berdesain retro minimalis, bersensor APS-C (sama dengan DSLR), hanya berbobot seperti dua buah smartphone, dan yang paling penting bisa selfie bisa dipasangi lensa-lensa samsung yang line-up nya sangat menarik! Apa perbedaan NX3000 dengan NX300/NX300m NX3000 adalah versi hemat dari NX300. Salah […] Lebih Lanjut […]

  3. wow ini temennya mas Cumiyy juga yah hehe salam eknal yah…kemrain yg ikutan grebek Jogja juga awasomeee salam kenal mas itu kamera enak ya dikasih ya mantap

  4. permisi wira, mau tanya. kalo mo cari lensa fisheye lens – 10 mm nya dimana ya yang ada? kira-kira bisa compatible gak ya tuh lensa d NX3000?

  5. mas selain samsung mirolees nx3000 kira2 yang setara nx3000 kamera apa ya mas? yg cost juga setara samsung. tks mas

  6. Hi Mas..

    Boleh gak minta dikit rekomen bagusan ambil nx-mini atau nx-3000..? klo mau efek background blur apakah harus ditambah beli lensa yang lain kah?

  7. Wah, mantep-mantep ya om picturenya.
    Kiranya mungkin bisa bersambang ke Kalibiru and jebret2 ahay disana om.
    Ato di pantai2 gunungkidul bagus juga.
    Nextime ditunggu picture2 terbaiknya di Jogja.
    Salaaaam…!

  8. Mas Wira, saya mau nanya dong. Saya juga baru beli NX3000 nih, dan sama banget kejadiannya sama Mas Wira, saya baru pulang dari Gunung Semeru dan lensanya suka macet-macet kemasukan pasir2 halus T_T

    Itu Mas Wira bersihinnya gimana mas? Soalnya saya lap-lapin sisi-sisi badan lensanya tapi masih aja suka macet atau ada sedikit guratan debu (kaya masih nyisa aja gitu di dalemnya).

    Mohon petunjuk ya mas Wira

    makasih sebelumnya

    • Wah, waktu itu sih punya temen. Masih garansi samsung dan langsung diganti baru sama samsung-nya. Soalnya coba di blower tetep gak bisa.

  9. mas gmn ya kita bisa tau kalau kamera kita kemasukkan debu? soalnya sy jg baru dari gunung nih..dan memang nx3000 sy banyak kena debu…tp sy belum tau kalau memang masih ada sisa” yang nyangkut di dalam….mohon petunjukknya mas :) makasih sebelumnya

  10. Akhirnya ada pencerahan. Lagi pengen beli kamera, dari kemaren galau antara DSLR atau mirrorless. Dan mirrorless yg mana. Nice info kak. :)

  11. Mas wira, kalo lensa nx bisa di ganti dengan/ cocok dengan lensa lainnya tidak?. Ane pake nx300M mas..kalo beli bawaan pabrikan harganya cihuyy mas. Heee

  12. Halo, aku newbie bgt dalam hal kamera gini dan msh pelajar jd budgetnya minimbgt. boleh tau tepatnya harga nx3000 dengan lensa 16-50mm? utk flashnya harus beli di samsung nya kah? terimakasih

  13. Kak wira, emang buat samsung nx3000 sekarang nggak dijual lagi ya di indo ?? Kira-kira yang masih jual dimana ya ? Mohon bantuannya ☺️

  14. Hallo kak salam kenal.. Aku pengen beli camera cuma belom tau mau beli apa..beberapa org nyaranin buat beli nx3000 sedangkan aku pemula banget buat cekra cekrik pegang camera..kalo bole nih bagi saran dong kak.. Trimakasih

  15. Samsung emang terkenal sih untuk foto selfie-nya bikin jerawat jd bokeh :D

    Jalan-jalan kesini bikin galaaau dey ah! Hahahaha.. Salam kenal masbro :)

  16. Mas, mau nanya , saya kan hobi ni dlm bidang fotografi , bingung mau beli kamera apa yg bgus buat tipe seperti saya ini, lebih baik dslr atau mirrorless mas, minta saran nya makasih .

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')