Kalau Punya Satu Hari di Semarang, Enaknya Kemana Saja ya?

23

Itinerary saya kalau ke Semarang? Mendarat di Bandara, makan lumpia, terus pulang hehe.

Tapi, karena kamu bukan saya, mari saya rekomendasikan beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi jika kamu hanya punya waktu dari pagi sampai malam!

07.00 Soto Pak Man

Soto Pak man semarang hebat
Soto Pak Man di Jalan

Anggap saja kamu mendarat di Semarang jam tujuh pagi. Pasti laper belum sarapan, kan? Menu yang saya rekomen adalah salah satu soto ayam khas favorit di Semarang ini. Ada beberapa cabang Soto Pak Man di Semarang, namun kalau yang paling dekat dengan Bandara adalah di Jl Purwosari Raya Semarang.

Satu mangkok tak akan cukup. Karena selain rasanya uenak poll, porsinya juga relatif kecil sih.

Campuran nasi, ayam, bihun dan tauge yang disiram kuah kaldu ayam yang dominan manis gurih ini adalah pilihan yang tepat untuk memulai petualngan kuliner di kota Semarang.

Eh, kamu tim nasi dicampur apa dipisah? Hehe.

Soto Pak Man menyediakan pelengkap untuk menemani seporsi soto campur nasinya berupa perkedel, tempe, sate daging, ataupun macam-macam sate organ tubuh ayam. Jangan lupa perasan jeruk, kecap, dan sambal untuk membuat rasa kuah bening berempah ini makin kuat.

Pokoknya, pas banget segernya soto ini kalau berpusing ria sehabis perjalanan naik pesawat ataupun bis. Pusing-pusing langsung hilang!

Soto Pak man semarang hebat
Penampakan Soto Pak Man
Soto Pak man semarang hebat
Hati-hati khilaf sama itu sate, apalagi yang telur puyuh. *minum obat asam urat*

08.00 Sam Poo Kong

sam poo kong semarang hebat
Serasa di Tiongkok betulan

Karena Bandara Semarang ada di tengah kota, tak perlu berlama-lama di kendaraan untuk mencapai lokasi. Dari Bandara ke Soto Pak Man mungkin hanya sekitar 10-15 menit saja. Dan dari Soto Pak Man ke Sam Poo Kong, hanya memakan waktu 5 menit! Jadi, sebelum panas terlalu terik, langsung arahkan kendaraan ke Sam Poo Kong.

Di klenteng tempat napak tilas Laksamana Cheng Ho — seorang pelaut Muslim dari Cina yang terkenal dengan perjalanan muhibahnya ke berbagai penjuru dunia dengan membawa misi damai —  kita akan menemukan bentuk akulturasi budaya masyarakat Tionghoa dengan masyarakat setempat yang menarik

Warna merah dan bentuk arsitektur tiongkok membuat kita seakan-akan sedang berada di negeri tirai bambu tersebut.

Klenteng Sam Poo Kong yang kabarnya dulu adalah sebuah Masjid ini sekarang tak hanya jadi tempat peribadatan umat tridharma, namun merupakan ikon wisata kota Semarang yang sangat instagramable.

Jadi, karena ini tempat ibadah, tetap jaga kelakuan yang sopan ya gaes!

sam poo kong semarang hebat
sam poo kong
sam poo kong semarang hebat
Salah satu interior
Serasa di Tiongkok
Serasa di Tiongkok
sam poo kong semarang hebat
Instagramable
sam poo kong semarang hebat
sedang ada pertunjukan saat itu

10.00 Bandeng Juwana

bandung juwana semarang hebat

Semarang adalah surganya kuliner. Jam makan siang memang belum tiba, tapi untuk brunch waktu itu sama sekali tak berdosa. Juwana punya banyak olahan yang berasal dari Bandeng. Mulai dari Bandeng goreng, otak-otak bandeng, gulai bandeng, garang asam bandeng, nasi bakar bandeng, nasi goreng bandeng, dan bandeng-bandeng lainnya.

Jangan makan terlalu banyak, icip-icip saja, dan bawa sedikit untuk oleh-oleh. Otak-otak bandeng yang berbentuk bandeng utuh juaraaaaa…

bandeng juwana semarang hebat
Semua olahan bandeng
icip icippp bandeng
icip icippp bandeng

11.30 Makan Siang di Restoran Semarang

restoran semarang
Lontong Cap Go Meh

Pak Yongki, pemilik restoran yang berdiri sejak 1991  ini sudah berumur lebih dari 70 tahun. Namun badannya masih tegap dan masih sangat mampu menjelaskan ke kami tentang sejarah restorannya yang yang bernuansa kota lama ini.

Beliau punya memang punya tujuan untuk mengangkat citra masakan tradisional kampung menjadi hidangan yang disajikan di restoran bergengsi yang apik.

Menu-menunya sebut saja adalah lontong cap go meh, loenpia,  nasi soto ayam semarang, es rujak buah puspa (seger banget!), dan masih banyak lagi.

Restaurannya sangat cozy, ada dua bagian indoor dan outdoor. Di bagian outdoor, ada semacam oplet (angkot punya si doel dan mandra, hehe) yang bertengger di halaman belakang. Waktu saya sedang berfoto dengan oplet ini, Pak Yongki bilang, “Kalau hari libur saya suka bawa oplet ini jalan-jalan keliling semarang”. Lha, kirain cuma rongsokan,  ternyata masih berfungsi hihi!

Pak Yongki menjelaskan menunya kepada kami
Pak Yongki menjelaskan menunya kepada kami

12.30 Berkunjung ke Masjid Agung Jawa Tengah

masjid agung jawa tengah
Masjid agung jawa tengah yang megah

Masjid yang sangat besar dengan enam payung di halamannya yang bisa membuka dan menutup seperti Masjid Nabawi di Madinah ini wajib kita kunjungi. Selain bisa beribadah, masjid ini sangat instagram-able sekali. Kamu juga bisa naik ke atas tower untuk melihat kota Semarang dari atas.

Hati-hati, lantai yang di depan itu kalau siang rasanya kayak penggorengan, panas banget! Dan kita juga harus melepas alas kaki kalau disitu. Basahi kaki dengan air dulu baru jalan-jalan ke bawah payung.

Atau, jika ingin ke masjid yang lebih bersejarah sambil berwisata religi, kamu bisa ke masjid besar kauman yang didirikan oleh Sunan Pandanaran. Makam beliau pun ada disana.

Traveler Syariah
Traveler Syariah
Majid Kauman Sunan Pandanaran
Majid Kauman Sunan Pandanaran

14.00 Jelajah Pecinan Semarang

Klenteng Gang Lombok
Klenteng Gang Lombok ( Tay Kak Sie)

Sama halnya seperti di Sam Poo Kong, Tay Kak Sie di Gang Lombok ini benar-benar membuat saya terbang ke negeri tiongkok. Klenteng disini tak semegah Sam poo kong yang seperti istana kaisar, namun ornamen detail pusat pecinan Semarang ini jauh lebih kental. Kalau Sam Poo Kong identik dengan merah, Tay Kak Sie punya warna-warna pastel yang lebih subtle. 

Kebetulan, ketika saya bertandang ke Tay Kak Sie, ada sebuah drama komedi tanpa dialog, namun dengan gerakan-gerakan saja seperti pantomim namun dengan sedikit narasi pengantar. Ceritanya tentang seorang anak yang ingin menikah dan membawa calon pengantinnya ke hadapan ibunya. Drama yang sangat jenaka, apalagi saat adegan sang ibu memeriksa bau mulut sang calon menantu. Itu pecahh abis haha!

Periksa bau mulut calon mantu :))
Periksa bau mulut calon mantu :))
Si ibunya galak!
Si ibunya galak!
Ending bahagia
Ending bahagia

16.00 Jalan-Jalan di Kota Lama Semarang, Jangan lupa ke Trick Eye Museum!

kota lama semarang
Salah satu cafe di sudut kota lama, serasa di eropa ya?

Hanya berjalan beberapa menit dari gang lombok, kita sudah bisa bertemu kota tua. Disana ada juga museum yang baru saja dibuka awal tahun 2016 ini di kota lama Semarang. Museum ini banyak kamu temui di negara tetangga, tapi baru ada beberapa di Indonesia. Konsepnya juga mirip, kamu bisa foto-foto di titik tertentu untuk mendapatkan efek tiga dimensi seperti ini misalnya.

museum kota lama semarang
Sam poo kong ternyata di adalah kawah gunung berapi wkwkwk
museum kota lama semarang 3d trick eye

Tapi kalau waktunya pas, kamu juga bisa menonton Semarang Night Carnival seperti saya.

18.30 Kuliner malam di Pasar Semawis

pasar semawis semarang
Pasar Semawis bernuansa oriental yang selalu ramai

Nasi goreng babat adalah favorit saya. Nasi goreng kecap manis dengan campuran lemak yang kenyal-kenyal itu bisa kamu temukan di Semawis. Sebetulnya, makanan apa saja khas Semarang  dan Pecinan hampir semua ada di Semawis. Mulai dari nasi ayam bu Pini hingga nasi ayam Hainan. Namun karena ada beberapa menu yang tidak halal, mungkin sebaiknya tanyakan dulu ke penjualnya sebelum membeli.

Dan, mungkin sampai jam segini pun kamu belum sadar seharian ini sudah menumpuk beberapa lemak ya?

*elus-elus tummy*

Kalau kamu pecinta kopi, jangan lewatkan kedai kopi milik salah satu advisor dalam film filosopi kopi. Kamu bisa belajar ngeracik kopi disini!
Kalau kamu pecinta kopi, jangan lewatkan kedai kopi milik salah satu advisor dalam film filosopi kopi. Kamu bisa belajar ngeracik kopi disini!

21:00 Tur Malam Lawang Sewu

Lawang Sewu malam hari yang cakep banget!
Lawang Sewu malam hari yang cakep banget!

Lawang sewu adalah sebuah museum kereta api milik PT. Kereta Api Indonesia yang dahulunya adalah kantor sebuah perusahaan kereta api hindia-belanda Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappi (NIS) yang dibangun tahun 1904. Dulu lawang sewu memang terkenal lewat acara televisi bernuansa klenik. Namun saat ini gedung ini telah menjadi objek wisata bangunan bersejarah ikon kota Semarang. Yang paling menarik adalah tur malam hari. Karena Semarang panas sekali, jadi lebih enak jalan-jalan malam hari disini loh. Selain tak panas, tentu saja lebih romantis. Apalagi kalau bersama pasangan. Kalau punya sih.

Jadi, kapan kamu ke Semarang?

Catatan : Perjalanan ini adalah media trip bersama dinas pariwisata kota Semarang dan beberapa kawan blogger lainnya.

23 COMMENTS

  1. yang tae kak sie itu kayaknya gak ready setiap hari, yang pementasan drama itu. harus kontak dulu jauh hari sebelumnya.

    yang paling berkesan: makan di semawis hehe..

  2. Soto Pak Man, mantep banget tuh mas
    Kalau lagi ke Semarang pasti nyempetin dulu buat mampir ke sana, abis enak banget, kuahnya itu loh.. hmmmm
    malah jadi laper hahaha

  3. Kalau Punya Satu Hari di Semarang, Enaknya Kemana Saja ya?

    jawab: Ke hatikuuuuu

    Wah itu foto di masjid Ki Ageng Pandaran harus banget ya disebut traveler syariah, hahaha! Btw sukak banget lihat hasil fotonya, clear & sharp!

  4. selama ini kalo ke semarang cuma utk makan siang aja, krn semarang ga jauh dari solo ;p.. jd ga pernah nginep, pasti lanjutin jalan lagi ke kampungnya mertua.. tapi stlh baca ini aku pgn bgt liat drama tanpa dialognya.. mas itu rutin diadain ga ya?

  5. Sam poo kong sama pecinan-nya menarik mata sekali, mas. Pengen ke Semarang buat liburan ini, sih. Semoga ada rejeki lebih buat jelajah ke semua tempat yang direview :D

  6. Waduh ane jadi kangen semarang tempat ane mnempuh pendidikan dulu, beberapa tempat udah ane kunjungin yg belum cman masjid kauman .. cuman lewat doank,, sma yg terbaru trick eye museum .. walaupun panas siangny tapi klau malem suasanany asiiikk …. hiburan malamny ajib dah

  7. Banyak pantainya juga lho, kok g diliput ya, ad tugu muda,ad simpang 5, ad masjid agung,ada gereja blenduk,mknannya juga braneka ragam,pkoknya nyaman hdup dsmarang apa2 ada, yg g ad cmn demo,kota yg damai,,hemmm :D

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')