Mahameru. Begitu orang menyebut tahan tertinggi di pulau Jawa tersebut. Tanah suci puncak para dewa ini terus mengundang banyak petualang dari penjuru nusantara untuk mencumbu puncaknya. Saya akan membawa anda seakan-akan ikut mendaki bersama pada postingan ini. Enjoy!

Selamat datang! Saat menaiki jeep dari Tumpang menuju Ranupane, pemandangan bromo di sebelah kiri akan menemani kita.
Selamat datang! Saat menaiki jeep dari Tumpang menuju Ranupane, pemandangan bromo di sebelah kiri akan menemani perjalanan kita.

Ranupane ( 2400 mdpl ), adalah pos pertama untuk menaiki semeru. Pastikan surat izin dan segala perlengkapan sudah lengkap. Tips : Jika ada waktu, istirahatlah satu malam disini, untuk aklimitisasi, yaitu proses equalisasi tubuh kita terhadap oksigen yang tipis di ketinggian.
Ranupane ( 2400 mdpl ), pos pertama. Pastikan surat izin dan segala perlengkapan sudah lengkap. Tips : istirahatlah satu malam disini, untuk aklimitisasi, yaitu proses equalisasi tubuh kita terhadap oksigen yang tipis di ketinggian.
Trek pertama. Ranupane-Ranukumbolo. Jarak tempuh sekitar 7 km. Jika berjalan normal adalah sekitar 3-4 jam. Jenis trek naik turun melipir pinggir punggungan di hutan yang cukup tertutup.
Trek pertama. Ranupane-Ranukumbolo. Jarak tempuh sekitar 7 km. Jika berjalan normal adalah sekitar 3-4 jam. Jenis trek naik turun melipir pinggir punggungan di hutan yang cukup tertutup.
Malam hari saya sampai di Ranukumbolo, karena saya sampai di basecamp ranupane sore hari.
Malam hari saya sampai di Ranukumbolo, karena saya sampai di basecamp ranupane sore hari.
Ranu kumbolo. Persedian air melimpah, tapi sepertinya lebih aman jika air dimasak terlebih dahulu, karena airnya tidak mengalir. Disini, suhu bisa mencapai minus 2 pada musim kemarau. Jangan kaget melihat butiran es di atas tenda. Bring a good sleeping bag
Ranu kumbolo. Air melimpah, tapi sepertinya lebih aman jika air dimasak terlebih dahulu. Disini, suhu bisa mencapai minus 2 pada musim kemarau. Jangan kaget melihat butiran es di atas tenda. Bring a good sleeping bag
Mendaki Semeru
Pose ganteng.
Sarapan express kami di ranu kumbolo, harusnya banana pancake. Tapi teman saya meninggalkannya saat istirahat di perjalanan menuju kesini.
Sarapan express kami di ranu kumbolo, harusnya banana pancake. Tapi teman saya meninggalkannya saat istirahat di perjalanan menuju kesini.
Trek kedua. Ranukumbolo-Kalimati. Jenis trek open area, padang savana yang terik
Trek kedua. Ranukumbolo-Kalimati. Jenis trek open area, padang savana yang terik
Perjalanan ke kalimati akan memakan waktu sekitar 4 jam
Perjalanan ke kalimati akan memakan waktu sekitar 4 jam
Di semeru juga ada porter bagi yang tidak ingin membawa perlengkapannya sendiri.
Di semeru juga ada porter bagi yang tidak ingin membawa perlengkapannya sendiri.
Kalimati (2700mdpl). Di kalimati kita harus beristirahat sebelum naik ke puncak. Ada sumber air disini yang bisa dicapai sekitar setengah jam berjalan.
Kalimati (2700mdpl). Di kalimati kita harus beristirahat sebelum naik ke puncak. Ada sumber air disini yang bisa dicapai sekitar setengah jam berjalan.
Ini adalah batas akhir pendakian. Dilarang mendaki sampai ke puncak. Di surat izin, kita akan bertanda tangan di atas materai bahwa pihak taman nasional tidak bertanggung jawab jika kita 'nekat' ke puncak.
Ini adalah batas akhir pendakian. Dilarang mendaki sampai ke puncak. Di surat izin, kita akan bertanda tangan di atas materai bahwa pihak taman nasional tidak bertanggung jawab jika kita ‘nekat’ ke puncak.
Perjalanan ke puncak bisa memakan waktu 6 hingga 8 jam. Tergantung kondisi fisik masing-masing. Trek sangat berbahaya, pasir dan bebatuan. Batu bisa saja menggeliding ke bawah. Hati-hatilah. Bawa persediaan air minimal 2 liter untuk sendiri.
Perjalanan ke puncak bisa memakan waktu 6 hingga 8 jam. Tergantung kondisi fisik masing-masing. Trek sangat berbahaya, pasir dan bebatuan. Batu bisa saja menggeliding ke bawah. Hati-hatilah. Bawa persediaan air minimal 2 liter untuk sendiri.
Pendaki yang berusahan untuk naik ke puncak. Di kejauhan terlihat gunung bromo.
Pendaki yang berusahan untuk naik ke puncak. Di kejauhan terlihat gunung bromo.
Siapa bilang naik gunung gak cape?
Siapa bilang naik gunung gak cape?
Finally. Mahameru. Jangan berlama-lama disini karena awan panas bisa kapan saja hadir tanpa diundang disini.
Finally. Mahameru. Jangan berlama-lama disini karena awan panas bisa kapan saja hadir tanpa diundang disini.

Saya tidak akan pernah bosan mengingatkan bagi semua orang yang akan mendaki :

JANGAN tinggalkan apapun kecuali JEJAK

JANGAN ambil apapun kecuali FOTO

JANGAN bunuh apapun kecuali WAKTU

Happy hiking!

122 COMMENTS

  1. Keren-keren mas.

    saya penasaran dengan foto yg malam di ranukumbolo, itu memang ada kabut ya tendanya?, terlihat ada semburat asap di atapnya tenda. lalu bagaimana bisa dapat foto bimasakti sampai clear seperti itu ya? keren

    • Betul, kalau musim hujan selain licin juga rentan kabut. Jadinya gak bisa motret apa-apa, makanya saya lebih senang di musim kemarau.

  2. Wahh,, suka banget foto bintangnya Ranu Kumbolo! Kalau boleh tau itu exposurenya berapa? Pake filter mas? Pas saya kesana ga dapet2 foto jelas bintang dan tendanya, hehe

  3. Saya belum pernah mendaki, kalo pengalaman pertama saya langsung mendaki semeru memungkinkan ga ya buat begginers kayak saya?

  4. asal ada yang menemani dan udah pengalaman, saya rasa gak masalah. Yang penting latihan fisik minimal sebulan sebelumnya, minimal jogging 2 x 30 menit per minggu :)

  5. WOW!!! WOW!!! WOW!!! WOW!!!
    itu doank ekspresi daku agan Wira melihat n membaca artikel ini,,, Mantab dengan foto dan ceritanya,,,
    rencana kita (ber 6) 8-11 Mei 2013 mau mengunjungi tempat menakjubkan itu,,,
    boleh kami minta tips apa saja yg harus kami siapkan dari Jakarta…
    terutama kita harus stock makanan? pakaian ?pcs….
    Tas harus ukuran berapa L?

    Mohon tipsnya agan Wira,,,,,

    • halo makasih udah mampir ya,

      hmm ya standar kalo naik gunung aja sih hehe, jangan lupa bawa masker sama kacamata kalo mau muncak biar gak kelilipan sama nelen pasir, pake gaiter juga biar gak masuk pasir sepatunya.

      Tipsnya jangan lupa bawa sampahnya turun hehe.

      Kalo saya berempat waktu itu tas nya 40-50 liter masing-masing buat 4 hari.

  6. Mas, The first, Blog’a uda lumayan advance..
    Ceritanya singkat, sangat terwakilkan oleh foto yang menarik.

    Boleh tau cerita yang lebih lengkap tentang semeru sampai ke puncak’a? Dari rekomendasi jalan masuk sampai biaya’a..
    Rencana Agustus ini mau kesana (Setelah lebaran).
    Mohon diemail..
    Thanx..

  7. pesannya mantap mas…… JANGAN tinggalkan apapun kecuali JEJAK
    JANGAN ambil apapun kecuali FOTO
    JANGAN bunuh apapun kecuali WAKTU

    Happy hiking!

    Thanks for sharing :)

  8. Bos minta saran perlengkapan kamera dslr yg aman dsuhu serendah semeru,apa aja yg prlu dbwa supaya kamera tdk berjamur dan cara penyimpanannya…gw suka foto2nya.

  9. Hai Mas Wira, foto2nya keren! saya berencana kesana minggu depan. Untuk ke puncak, memungkinkan yah bawa DSLR, ga berat? hehe.
    Salam, Ratna.

  10. Hi Mas Wira, I’m back! thanks untuk semua tipsnya, tepat semuanya, ga meleset sedikitpun. Selamat juga yah buat foto2nya yang masuk Garuda Photo Contest. Sukses!

    Salam, Ratna

  11. mas wira, bawa dslr ke atas gunung semisal semeru aman gak ya? blm pernah bawa soalnya, apa aja yg hrs disiapkan klo mo bawa? rencana sih hbs 17an ni mau ke semeru nih mas :)

    • aman2 aja mas, itu saya sendiri bawa dslr. Ya, bawa perlengkapan standar anti hujan aja mas dan drybag buat jaga2 kalo tiba2 badai ~

  12. wahh keren sekali mas foto-fotonya saya kira itu perjalanan cberat….lebih berat berkali kali tracknya dr merbabu…salut untuk perjuangannya dan semangatnya yang luar biasa…senang sekali bisa melihat foto fotonya…klo cew kira-kira kuat gak ya sampe puncak hehhe.

  13. bener bener jadi pengen kesana…tapi belum pernah nanjak sama sekali…
    :(
    kira2 biaya yang diperlukan disana sekitar berapa ya mas wira…?

    # fotonya keren bangett….

  14. Haloo Vloggers,

    Saya putri dari VIVAlog, meminta biodata lengkap lomba blog “Jelajah 7 Keajaiban Nusantara” #terios7wonders berhubung email masuk banyak dan mungkin ke skip jadi di minta untuk mengirim data lagi dengan Subject : DATA LOMBA BLOG TERIOS7WONDERS (CAPSLOCK) , sebagai berikut:

    Nama lengkap:
    Username VIVAlog:
    Alamat lengkap:
    No Hp:
    Link Blog:

    kirim ke email: putri.megasari@viva.co.id

    Karena hari ini adalah hari penjuarian, diminta untuk secepatnya mengirim data.

    Regrads,
    Putri

  15. mau nanya kawan.
    yang dimaksud surat ijin itu apa ya?
    siapa yg mengeluarkan wewenang surat ijin?
    kita bawa atau ada di ranupane?

    terima kasih.

  16. Kang Wiraaa fotonya jadi pengen bangett kesana, mau kesana tapi belum nemu waktu yg pas :'(
    Kereeeennnn. ßપnğεε† ​♏üůªªññ††ªäªäªäªäbb(y)

  17. keyeen mas broo, pngen kesana juga, paling tahun 2014, semoga terwujud,
    beberapa waktu lalu baru ke lawu,hehee
    kalo boleh tau total PP-nya yang jalan kaki berapa jam yaa?

    • Sama gan…saya 2014 rencana dgn kawan2….agustus an lah d perkirakan….klo ga da halangan…bareng donk…

  18. Surat izin dpt dr mana gan??? Trus klo saya pemula d semeru bagaimana tu?? Apakah afa guide nya?? Saya cuma mendaki gunung merapi di sumatra barat, berbeda dgn semeru kyknya…gmn tu gan?? Apakah ada giude nya?? Trus dptkan surat izin dr mana?? Siapa yg bs d hub d sna?.

  19. Insyaallh tgl 2 Oktober 2013 kita berangkat dari Jakarta bersama 9 orang,, minta doanya kita bisa sampai puncak mahameru. Amin..

  20. adakah semeru terlalu sukar utk orang yg tak selalu naik gunung?aku bru naik gunung baru sekali seumur hidup. itupun cuma bromo aja. lihat foto2nya jadi rindu mau naik gunung lagi

    btw, luv ur artwork…cantik :)…jadi semangat mau ke semeru.

  21. Hellow…bole pake foto2nya untuk presentasi kah? aku lagi kuliah ne..trus disuruh presentasi tentang natural resource management di Indonesia. Pingin bahas national park, terutama Bromo-Tengger-Semeru. Nanti dikasi alat blog ini di tiap fotonya. Boleh kah? Potonya kereeen!!! ^_^

  22. Thanks banget foto-fotonya Gan..
    Bisa jadi obat kangen sama Mahameru setelah terakhir 15 tahun yang lalu…

  23. wah fotonya mantap bang, terutama yg long exposure di ranu kumbolo
    saya baru habis summit sebulan lalu (13 oktober).. sangat menyenangkan.. tapi sayangnya taman lavender lagi kering.

  24. Saya sangat bangga atas kebijaksanaan anda dan mau repot-repot nge share pengalaman selama ke Semeru. saya sampai terharu melihat pemandangan alam yg ada walau hanya sekedar picture. lain kali boleh dong rame-rame mendaki kesana :). terimakasihh…

  25. trims mas atas postingnya…
    nostalgia 13 tahun yg lalu ndaki bareng temen2 kantor plus anak kampus jember.
    tak kan terlupakan mahameru yang cantik dan rupawan ….muaahhh…meskipun ngos-ngosan pas mao naek puncak nya…
    eh…btw.. masih ada ngga tuh cemoro tunggal nya ….

  26. oh Semeru, dua kali ke sana,tahun 1983 dan 1985 …. ketika masih muda ….masih kuat gak ya? usia sdh setengah abad je …

  27. waduh….
    indah sekali ….kapan ya sampai ke sini (semeru)
    di sumatra (sumatra utara) aku sudah daki Gn. Sinabung & Gn. Sibayak.
    sebagai penikmat alam (blum berani untuk dibilang sbg pecinta alam), saya sangat setuju dengan istilah ini :
    “JANGAN tinggalkan apapun kecuali JEJAK
    JANGAN ambil apapun kecuali FOTO
    JANGAN bunuh apapun kecuali WAKTU”.
    tapi, saya akan berusaha terus untuk sampai ke mahameru…
    (belum ada waktu yg pas dan modal yg memadai, hehe maaf masih menabung, maklumlah ongkos ke jawa saja dari sumatera sini PP udah abis 1,5 jt (itu ongkos aja) belum laen-laen, harus bersabar….)
    semoga…..

  28. bagus2 ya fotonya … apalagi foto waktu malem banyak biintang2nya & foto waktu di atas puncak gunug …

    sayang …. saya cuma bisa menikmati pemandangan indah ini lewat foto2 aja … ga berani naik gunungnya, mas …. hehehe :P klo suami saya dulunya hobi naik gunung, sering cerita macem2 …

    thanks for the magnificent pictures … (*_^)v

  29. wah keren dan luar biasa skali Indonesia kita ini. saya baru pertama kali medaki Gunung yaitu Gunung Merbabu di Salatiga jateng dan pemandanganyapun luar biasa Indah. Semoga kedepanya bisa mendaki Gunung Semeru.

  30. mas mau tanya nih, kira-kira tgl/bln berapa ia yang pas untuk mendaki semeru. Ada rencana sy dan teman2 mau ke semeru, tapi semua dri kami belum ada yang pengalaman kesana kira-kira disana ada tanda untuk mendaki keatas atau tourgait, atau nyewa porter kira-kira mereka tau jalankah kira-kira berapa ia mas biaya porter tsb, rencana si 2014 ini, kami dari lampung

    • khalil Gibran,

      Rencana kami akan berangkat skitar bln september-2014.
      kalau bisa kita bareng saja?..

      agar lebih seruuu…. ini pengalaman pertamaku untuk sumeru.

      Salam,
      Randy.

  31. Keren banget mas….
    Masa-masa itu sudah terlewati
    Hasrat masih meluap
    Namun usia sudah merayap senja

    Apa ada catatan untuk Merbabu dan Sumbing?
    Mungkin bisa di-sharing
    Sekedar memutar ulang kenangan
    Kala jiwa sedang bergelora
    20 tahun lalu..

    Salam

  32. semoga jika mendaki k semeru kelak tidak hanya d dorong hasrat saja.. tapi dengan kemampuan juga ….

  33. Foto2nya juara banget!!! Terutama yang foto malam bertabur bintang di Ranu Kumbolo. Aku sama pacar pas kesana g bisa2 nge-capture secantik itu. Huhuhuuuuuu

  34. Tulisan yg sangat berharga, dulu aq mencatat gini di jadwal perjalananku : ranupane – ranukumbolo – oro oro ombo-padang edelweis-kalimati-arcapodo-cemara tunggal

  35. Tulisan yg sangat berharga, dulu aq mencatat gini di jadwal perjalananku : ranupane – ranukumbolo – oro oro ombo – padang edelweis-kalimati – arcapodo – cemara tunggal – lautan pasir – Mahameru :D
    Ow iya foto ranu kumbolo dg latar belakang dua buah bukit berbelah tengah woow betul bikin kangen, makasih atas sharenya (foto wajib pengunjung ranu kumbolo) :D

  36. ah… postingan yang membuat kangen team pendakian “ARGARUNA”,kawan-kawan surabaya ” iwung, jendul dll…”
    apa kabar konco” semarang…..arek suroboyo…
    Terakhir naik jaman kuliah tahun 2004an sekarang 2014 tak terasa 10 tahun berlalu.

  37. ada yang akan mendakin sumeru di bulan sept-2014 g?

    kita bareng-bareng aja agar lebih seru.

    Salam,
    Randy from Surabaya.

  38. Subhanallah, Amazing bgt… 15 agustus 14 mau k semeru nih…
    liat foto-fotonya bikin tambah gk sabar k sana.. :D

  39. Barangkali ada yg mau gabung utk perjalanan kaki dan hati ke mahameru tgl 15 desember 2015…
    O87817521141
    keren foto nya gan,,,,
    salam lestari

  40. Terima kasih atas foto2nya.., luar biasa.., saya kesana pd thn 1995 (20thn yg lalu)…alhamdulillah sampai ke mahameru sambil membawa kamera SLR analog yg pake film.. (kamera digital belum ada di market)..dan ketika tiba dirumah lalu di cetak di foto studio……hasilnya sungguh menyedihkan dan penuh penyesalan hehhehe..
    foto2 ini mengingatkan saya untuk kembali kesana membalas dendam dengan membawa berbagai senjata canggih, skrg saya mendekati usia 50 dan berputra 5…, insya ALLOH saya masih tetap semangat untuk kembali kesana.., amin

    2 jempol untuk foto bintang di ranu kumbolo…

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')