Waktu traveling dulu, saya biasanya sok go-show saja untuk penginapan. Namun pernah kejadian waktu saya traveling ke Labuan Bajo beberapa tahun silam, saya sama sekali tak mendapat hotel. Saya berfikir, “Ah, Flores mah pasti sepi pengunjungnya, pasti banyak lah kamar.”

Namun ternyata, kombinasi jumlah hotel yang sedikit dan saat itu yang ternyata sedang high season, membuat saya sulit mencari penginapan karena rata-rata penuh. Jadi sekarang kalau bepergian, saya selalu pesan dulu hotel di online travel agent (OTA). Loh, kenapa nggak di hotelnya langsung saja biar gak ribet? Eits, kata siapa ribet? Coba simak dulu nihh!

1. Booking Kamar Hotel yang Fleksibel

booking hotel online

Waktu saya traveling ke Korea, saya booking hotel menggunakan sebuah OTA. Namun entah ngantuk atau apa waktu booking, saya tidak sadar saya memasukan tanggal yang salah. Namun ketika saya mencoba hubungi OTA tersebut, ternyata tanggal masih bisa dirubah tanpa biaya apapun asal dilakukan beberapa hari sebelum tanggal yang seharusnya kita check in! Wah untung saja masih bisa, kalau tidak saya bisa bangkrut, hehe. Oh iya, mengubah detail seperti itu saya juga hanya cukup memainkan jari di sebuah aplikasi OTA tersebut di smartphone. Gampang!

2. Banyak Metode Pembayaran

Sepengalaman saya sih, booking hotel langsung ke website hotelnya pembayarannya kurang banyak pilihan. Kebanyakan hanya dengan kartu kredit. Kan tidak semua orang punya kartu kredit ya? Kalau pakai OTA kamu bisa pakai trasfer bank, e-money, paypal, kartu kredit, bahkan mungkin saja bisa bayar cash di minimarket terdekat.

Atau yang berminat mungkin bisa dicicil buat pengguna kartu kredit, walaupun tidak saya rekomendasikan untuk ngutang haha!

3. Bisa Booking tanpa membayar terlebih dulu

booking hotel online

Tidak semua OTA punya kemampuan ini, tapi beberapa nama besar memungkinkan kita untuk booking tanpa harus membayar terlebih dahulu — bahkan memasukan data kartu kredit pun tak perlu. Kadang kalau kita ke luar negeri yang butuh visa dengan persyaratan bookingan hotel, ini bisa sangat menguntungkan. Jadi kalau visa kita ditolak, setidaknya uang bookingan hotel kita tidak hangus!

4. Harga yang bisa lebih murah

Seringkali saya temukan harga di OTA bisa lebih murah daripada website hotel langsung. Kenapa ya? Kalau menurut teori saya sih, kalau hotel bekerja sama dengan OTA, pasti kan hotel akan menjual ‘harga grosir’ ke OTA. Harga yang sudah dikurangi biaya marketing mereka. Karena OTA sendiri membantu hotel dalam urusan pemasaran bukan? Ditambah lagi, persaingan antar OTA yang ketat membuat harga jadi semakin turun. Kalau sudah begitu, tentu saja kita para pelanggan yang diuntungkan.

5. Informasi Lengkap dan Detail

pesan-hotel-ota-3

Di semua website hotel maupun OTA pasti ada banyak penjelasan dan foto tentang fitur-fitur hotel tersebut. Namun kalau booking di OTA, ada hal yang pasti tidak ada di website hotel lansung yaitu ulasan dari pengguna! Dengan membaca ulasan (review) dan orang yang sudah pernah menginap di hotel tersebut, kita bisa menilai sendiri apakah hotel itu akan cocok dengan kita.

Saat saya menginap di sebuah hostel di singapura, saya membaca review seorang user di OTA tempat saya memesan bahwa hostel ini bagus dan murah, tapi resepsionisnya agak jutek dan kurang membantu. Dasar iseng, saya pun malah menginap disana dan ternyata memang betul apa yang dikatakan review tersebut! Namun harus hati-hati juga, kalau ada review yang terlampau bagus atau terlampau jelek, bisa jadi informasinya malah kurang akurat,

6. Bisa dapat potongan harga dan promo

Di beberapa OTA yang menjual hotel, pesawat, dan paket tour sekaligus kadang kita bisa mendapatkan diskon loh! Misalnya saja kalau kamu pesan pesawat dan hotel sekaligus di OTA yang sama, kamu bisa dapat diskon sekian persen.  Ya, namanya juga taktik marketing para OTA untuk menjaring pelanggan. Kalau mereka tidak begitu pasti tidak laku ya? Sekarang tinggal kita saja yang pintar-pintar memilih OTA mana yang bisa memenuhi kebutuhan perjalanan kita.

Kalau kamu lebih suka booking di online travel agent atau langsung ke hotel? Share di komentar yuk!

Terima kasih!

7 COMMENTS

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')