• Skip to main content
  • Skip to primary sidebar

Wira Nurmansyah

Inspiring Indonesia to Travel the World

  • Home
  • About
  • Indonesia
  • World
  • Tips
  • Review
You are here: Home / Thought / 6 Travel Blogger Indonesia Favorit!

Sep 19 2013

6 Travel Blogger Indonesia Favorit!

Membaca blog-blog dibawah ini seakan membawa saya ikut serta dalam petualangannya.

Itu mengapa saya betah berlama-lama terhanyut dalam goresan tinta mereka. Berikut para travel blogger Indonesia favorit saya. Add them to your bookmark!

1. A border that breaks!

A border that breaks

Blog ini berkisah tentang seorang dokter asal Makassar yang mengabdikan dirinya di Malawi, salah satu negara miskin di benua hitam Afrika.

Tulisan mas Husni bercerita pengalamannya bertugas disana. Mulai dari menangani pasien kurang gizi hingga HIV, tentang harapan-harapan mereka, atau tentang kisahnya mencari masjid karena ia satu-satunya muslim disana.

He is a great storyteller. Tulisannya bikin nagih, melankonis namun kontemplatif, penuh emosi, dan mungkin bisa membasahi mata kita.

A good travel writing happens when something human is recorded. Dan mas Husni melakukannya dengan sangat baik.

2. Journal Kinchan

kinkinGadis asal jogja ini punya jurnal dengan tulisan yang sangat sama seperti orangnya, sangat manis.

Ia punya kemampuan memperhatikan detail-detail kecil dalam perjalannya, dan menemukan kebahagiaan dari sana.

Saat ini ia sedang mengabdikan diri menjadi pengajar muda di pulau kecil diantara Jawa dan Kalimantan. I’m waiting for your great stories, kin!

*Duh, sayang sekarang lagi ada yang punya ya #eh

3. Hifatlobrain

hifatTulisan di hifatlobrain menarik, mereka menawarkan travel experience. Bukan informasi where to, how to, dan what to.

Dengan sudut pandang yang berbeda pada umumnya, dan tulisannya yang cukup jenaka, saya sangat merekomendasikan blog ini.

4. Efenerr

omfarchanOm Farchan yang sehari-hari bekerja sebagai pegawai pajak ini punya tulisan yang ringan namun kritis. Bagian yang menarik dari blog nya adalah wawancara dengan para traveler yang unik.

Tahu kota Lasem yang ternyata penuh sejarah? Om Farchan menulis buku elektronik gratis yang bisa diunduh di blognya.

5. Dua Ransel

duaranselBlog mba Dina dan mas Ryan ini paling bikin iri. Bagaimana tidak? Bertahun-tahun suami istri ini jadi Nomaden. Tidak punya alamat tetap.

Pasangan yang sudah keliling 40 negara di dunia ini cukup menyimpan segala kebutuhan hidupnya dalam ranselnya masing-masing. How unbelieveable is that?!

Yang lucu dari mba Dina adalah kalau lagi ngomong bahasa Inggris, tetapi logat tetep Suroboyo. Hehe, peace mba :D

6. Whatever I’m backpacker

adisBlog punya si Adis ini mungkin penulisnya kurang waras. Tulisannya agak ngaco, tapi kocak dan menghibur.

Penulis yang menobatkan dirinya sebagai Backpacker gembel ini sudah punya dua buku travel comedy yang sama anehnya dengan blognya.

Jangan terlalu serius baca postingan-postingan Adis, bisa gila nanti haha.

……

There! Itu para blogger favorit saya. Siapa travel blogger favoritmu? Just share in comment!

Sebetulnya masih banyak, tapi akan dilanjut di postingan berikutnya. Sementara itu, travel blogger Indonesia lainnya bisa dilihat di halaman teman-teman.

Thanks!

*cuma bercanda :D

Written by wira · Categorized: Thought

Reader Interactions

Comments

  1. Adis @takdos says

    19 Sep ’13 at 20:20

    Duh, aku malu :’)

    Terima kasih, yah, Mas Wira :’)
    Aku juga nge-fans sama foto-foto milky-way kamu :*

    Reply
    • wira says

      19 Sep ’13 at 20:38

      Sama-sama, dis!

      Reply
  2. Arga Jirga says

    19 Sep ’13 at 20:51

    Wah, koko Agustinus Wibowo gak masuk ya? Padahal dia mirip ama Husni yang menjadikan lokasi sebagai latar belakang dan fokus pada sisi humanis sebagai inti ceritanya..

    Reply
    • wira says

      19 Sep ’13 at 20:58

      kalo Agustinus travel book author favorit. Kalau baca format tulisannya di blog agak kurang nyaman aja, lebih enak di buku :D

      Reply
  3. kazwini13 says

    19 Sep ’13 at 22:55

    Aku sukanya blog kak Wira :p

    Reply
    • wira says

      20 Sep ’13 at 05:01

      Aku juga suka blog-nya kak Kazwini :D

      Reply
  4. Muha says

    20 Sep ’13 at 04:09

    blogger travel favorit aku masih blog Wira Nurmansyah :D
    ya setidaknya yang rutin dikunjungi..

    Reply
    • wira says

      20 Sep ’13 at 04:58

      Wah terima kasih sekali :)

      Reply
  5. Venny says

    20 Sep ’13 at 07:44

    Blog favorit ya… hmmm..
    blog ini deh, hihihi. blog yang lain http://www.petualangan-aghaja.com menarik banget!

    Reply
    • wira says

      21 Sep ’13 at 08:09

      Terima kasih!

      Reply
  6. Acentris says

    20 Sep ’13 at 09:55

    Blog aku belum masuk…. Aku kotor.. :'((

    Reply
    • wira says

      20 Sep ’13 at 14:31

      makanya mandi dulu bisa kali om biar nggak kotor haha :lol:

      Reply
  7. cumilebay.com says

    20 Sep ’13 at 10:15

    Aku suka blog nya kakak wira #melipir :)

    Reply
    • wira says

      21 Sep ’13 at 08:09

      ah kakak cumi bisa aja, lebay deh :lol:

      Reply
  8. noni says

    20 Sep ’13 at 14:27

    padahal km juga blogger idola aku hehehe

    Reply
  9. Titiw says

    20 Sep ’13 at 17:03

    Wah.. ada beberapa blog yang aku belum pernah sambangi. Thx masukannya kaak.. :D

    Reply
    • wira says

      20 Sep ’13 at 17:15

      Siapp kakaaa :D

      Reply
  10. Dina DuaRansel says

    20 Sep ’13 at 17:08

    Makasih Wiraaaaaa x)

    Aku suka banyak travel blog, termasuk yang udah kamu sebut di atas. Tapi kali ini mau kasih special mention ke @nidnod nonaransel.com dan @travelerkere travelerkere.com

    @nidnod – solo female traveler asli Indonesia, dapet work and holiday visa setahun di Australia. Blognya nggak cuman kisah2 menarik aja, tapi juga tips2 yang berguna bagi yang ingin tau gimana caranya traveling sambil bikin duit kayak dia.

    @travelerkere – blognya kocak abis!! Bener2 sisi lain dari traveling. Segar bacanya. Hans ama Agista yang biasanya jadi bintang di situ, suka banget!

    Reply
  11. Dina DuaRansel says

    20 Sep ’13 at 17:09

    Sedangkan kalo blog kamu sendiri, Wira, kamu tau aku naksir berat foto2 perjalananmu, hehehhe…. My favourite :)

    Reply
    • wira says

      21 Sep ’13 at 08:09

      *terbang*

      Reply
  12. kharis says

    20 Sep ’13 at 17:10

    Hi Wira, kalo aku lebih doyan ama tulisan mba Trinity, kok gak ada di list-mu ya? bangus banget neh, nambah refrensi tulisan jalan-jalan, biar tambah semangat kalo harus pergi dari rumah hahah

    Salam kenal Bang Wira….

    Reply
    • wira says

      20 Sep ’13 at 17:15

      hehe iya kan ini subjektif. Trinity bagus tapi bukan favorit saya :)

      Reply
  13. Aiya Lee says

    20 Sep ’13 at 17:51

    Kak Wira, kalau menurut penerawangan kakak, blog saya masuk genre apa http://www.travendom.com ?
    Ah, tapi jujur saya, tulisan-tulisan kakak juga menarik. Sayangnya saya selalu gagal fokus, foto-fotomu iku, numero uno!

    Reply
    • wira says

      21 Sep ’13 at 08:08

      Kebanyakan artikel travel, ya travel blog hehe.

      Reply
  14. Erni says

    21 Sep ’13 at 07:48

    Aku suka blog ini :D

    Reply
    • wira says

      21 Sep ’13 at 08:07

      *speechless*

      Reply
  15. Milliyya says

    21 Sep ’13 at 15:51

    Wah semuanya bagus-bagus, jadi bingung mau pilih fav yang mana. Punya Kak Wira juga bagus.

    Salam kenal semuanya ;)

    Reply
  16. sekar says

    21 Sep ’13 at 17:08

    kunjungan perdana.
    blog-nya kok bagus sih? :/
    salam kenal pak wira

    Reply
    • wira says

      23 Sep ’13 at 05:05

      halo. masa sih mba? biasa aja kok :\

      Salam kenal juga, terima kasih yaa.

      Reply
  17. H says

    22 Sep ’13 at 17:50

    Terima kasih wir :)
    Jurnal saya dimasukkan dilist ini semacam pangling, karena selama ini selalu minder kalau disebut travel blogger, since I’m merely write my daily life journal and thoughts there.

    And this blog in a contrary one of my favorite as well, selalu gregetan tiap kali liat hasil jepretan kamu.
    someday, you should teach me one or two photo trick. with a cup of coffee or tea maybe? :D

    Reply
    • wira says

      23 Sep ’13 at 05:05

      Sama-sama mas, you deserved it :)

      Of course, it will be very nice to meetup someday!

      Reply
  18. Rizka says

    23 Sep ’13 at 07:09

    Kunjungan pertama
    blog kamu juga bagus kok
    salam kenal

    Reply
  19. journal kinchan says

    23 Sep ’13 at 14:15

    cieeeee wiraaaa :3

    i’m your fans too, Wir. Have a nice day! salam dari bawean :)

    Reply
    • wira says

      24 Sep ’13 at 05:02

      Ahhhh ada kinkin *jadi malu* :3

      Reply
  20. Indra Setiawan says

    24 Sep ’13 at 14:40

    Keren semua blognya..tapi jujur dengan sejuju-jujurnya blog paling favorit aku adalah http://www.backpackerborneo.com #langsung digebukin

    Dan urutan 2-6 y blog-blog yang ini: http://www.backpackerborneo.com/2013/01/top-5-travel-blog-indonesia.html

    Reply
  21. philardi ogi says

    29 Sep ’13 at 13:12

    Ahhh… gw gua banget border that breaks! sama iranurmasnyah.com juga sih hahaha

    Reply
  22. philardi ogi says

    29 Sep ’13 at 13:13

    Ahhh… gw gua banget border that breaks! sama wiranurmasnyah.com juga sih hahaha

    Reply
  23. wismayanti says

    29 Oct ’13 at 15:27

    gw cinta pada pandangan pertama nih ama blog ini……
    foto2nya ini lho ga nahaaannn…….

    Reply
    • wira says

      29 Oct ’13 at 18:38

      Makasih banyak ya mba :D

      Reply
  24. Bang Utcok says

    1 Dec ’13 at 13:10

    Info yang sangat berguna sekali, bookmarks dulu ah …. trimakasih

    Reply
  25. outbound malang says

    17 Jan ’14 at 13:40

    blognya seruu …baguss sipp

    Reply
  26. Muhammad Akbar says

    9 Feb ’14 at 16:02

    3 Terakhir adalah favorit saya juga.
    sayang blog bang wira gak dimasukin juga padahal salah satu favorit saya juga.

    Reply
  27. tokotenga says

    12 Feb ’14 at 16:40

    wah keren”.. suka termasuk fav saya..

    visit web ane jg ya http://www.tokotenga.com

    Reply
  28. Farizqi says

    13 Feb ’14 at 10:20

    suka banget sama blog2 yang sudah dilist di atas plus kagum sama @nayamoeda , tulisannya hangat puitis dan perjalanannya gila-gilaa sob, Wanderlust : http://nayamoeda.tumblr.com not to mention anaknya emang bening dan smart +.+

    Reply
  29. Indonesia Travel says

    12 Mar ’14 at 11:14

    I Loved WhatEverBackPacker Blog it is really amazing, funny and entertaining.one

    Reply
  30. Bulan says

    15 Apr ’14 at 16:03

    Wira, salam kenaaal..
    Main dong ke blog akuuuu..

    http://www.ubermoon.blogspot.com

    Hehehe..
    Senyum dulu ah.. :)

    Reply
  31. Adi Nugraha says

    5 May ’14 at 10:13

    Setuju sama pendapatnya mas, dan asiknya jika ada tulisan seperti ini adalah kita bisa menambah daftar alamat travel blog yang wajib kunjung, terima kasih mas Wira :D

    Reply
  32. Lastboy says

    7 May ’14 at 17:36

    Lagi nyari2 d google tntng travel blog Indonesia…ketemu blog ini. Wah ternyata keren2 travel blog Indonesia :)

    Reply
  33. pictalogi says

    30 May ’14 at 10:44

    Kayaknya sortir blog travellernya pas nih, dari yang paling waras sampe uedan tenan blognya.
    Makasih kakak atas referensinya :D

    Reply
  34. Mifta Kharimah says

    28 Jun ’14 at 11:20

    yg rutin di kunjungi sehabis pulang dari acara travelnblog, blognya kak wira loh..heheheh
    favourite! :D

    Reply
  35. Hari JT says

    1 Jul ’14 at 21:40

    Wah listingnya bisa jadi referensi baru yg keren nih.

    Salam kenal buat yg punya blog, bakal sering mampir kemari nih kayaknya.

    Reply
  36. kartika says

    3 Jul ’14 at 12:07

    untung saya buka blog scara gak sngaja dan thanks bang bro,,,saya suka dgn artikel2 nya+bs nambah info jg
    krna saya pun snang kn jalan2 nikmati keindahan alam

    maklum msh baru ddunia blog
    salam kenal yaa bang bro…..:)

    Reply
  37. Mike says

    16 Jul ’14 at 11:40

    kok blog nya mas wira ga termasuk mas ? taruh di bagian bonus aja blognya mas :p

    Reply
  38. Galeri Momen says

    13 Aug ’14 at 22:30

    kunjungan pertama blognya kang Wira
    selanjutnya yg disebut diatas
    siap2 terjangkit virus travelling

    Reply
  39. Cakrawala says

    14 Aug ’14 at 08:51

    Blog-blog favoritnya sangat menginspirasi.
    Hasil jepretan Mas Wira juga keren-keren. Jadi betah baca blognya. Hehehe…
    Keep posting, mas. Salam Kenal :-)

    Reply
  40. Merry says

    15 Aug ’14 at 11:33

    Recruiters are skilled at handy man work, while others like government departments require
    2 million above normal funding levels and wide with unlicensed
    contractors a Los Angeles helps you know but who can give the project.
    Read the entire remodeling project in which an intelligence program in place when the company.
    After putting the drywall are patched up.
    The employer of your painting skills. This is called a baseboard system and if you do.

    Reply
  41. Bentang Nusantara says

    19 Aug ’14 at 10:09

    Sekarang lagi belajar menulis. Terimakasih mas infonya. Beberapa blog di atas bisa menjadi “guru” untuk menjadi penulis yang lebih baik. #eaaaa :))

    Reply
  42. M. Rudianto says

    29 Aug ’14 at 07:40

    Yang dua ransel itu keren, gak punya tempat tinggal dan selalu berpindah tempat selama 40 tahun bersam-sama.

    Reply
  43. Anita Dwi says

    29 Aug ’14 at 09:08

    Hi Wira..Salam kenal. Aku hobby backpacker dan sedang belajar bagaimana menulis blog yang enak dibaca dan dilihat. Sementar ini sih cuman menulis dengan gaya yang Aku suka, karena daripada gak menulis sama sekali :-D. Postingan tentang blog traveler kamu ini bisa jadi referensi yang bermanfaat, Aku baru tahu 2 dari 6 blog di atas. Main ke blog aku ya ..thanks https://ketikakubicara.wordpress.com/

    Reply
  44. Bunda Zahra says

    9 Sep ’14 at 22:08

    saya malah baru belajar..kalah sama kalian..:)

    Reply
    • wira says

      10 Sep ’14 at 07:53

      Yuk sama-sama belajar ^^

      Reply
  45. Anton Maryadi says

    15 Sep ’14 at 06:29

    Hai Wira
    Saya juga ingin membuat Blog Travelers, dan saya sudah memulainya. Jika ada waktu, silahkan mampir ya! :-)

    Salam
    Indonesia Station

    Reply
  46. Eka Zahra says

    16 Sep ’14 at 18:25

    Terimakasih sharingnya yah..blognya bagus2..dan pastinya ya yang punya blog ini dong..hehe..

    Reply
  47. Ilê Ape says

    25 Sep ’14 at 19:09

    Suka banget sama blog-blog yang di-share disini. Semua punya gaya nulisnya masing-masing :)

    Reply
  48. Indah Jelita says

    7 Oct ’14 at 11:30

    Nice post! Thanks for the info. Keep exploring new places.

    http://indahjelita.wordpress.com/

    Reply
  49. putra petir says

    9 Oct ’14 at 15:43

    enjoy http://www.bisulpantat.blogspot.com !

    Reply
  50. Vari Sapi Lucu (Traveling Cow) says

    31 Oct ’14 at 19:18

    Aku udah pasang linknya blog ini yaaa…mau dong ikutan di mensyen di halan Friends-nya :) thank youuu…mampir2 ya kakaaa….
    The Traveling Cows

    Reply
  51. Triono Leokardo says

    11 Nov ’14 at 12:09

    Peluang Usaha

    Kami dari CV. Handep Mentaya (SALESTIKET.COM) menerima pendaftaran Kemitraan Penjualan Tiket Pesawat.
    Mari bergabung bersama kami menjadi Mitra Penjualan Tiket Pesawat Online.

    Apa saja Keuntungan anda bila bergabung bersama kami :
    1. Dapatkan Komisi 100% Agent Resmi.
    * Garuda Indonesia (3% dari Base Fare)
    * Sriwijaya (5% dari Base Fare)
    * Lion Air (NTA=Net To Agent)
    * Citilink (5% dari Base Fare)
    * Kalstar Aviation (5% dari Base Fare)
    2. System reservasi by. Portal System Maskapai
    3. Mendapatkan User Login dan Password Maskapai
    4. Melihat jadwal keberangkatan
    5. Melihat ketersediaan kursi
    6. Mencari tiket promo
    7. Booking tiket
    8. Cetak tiket
    9. Harga resmi maskapai
    10. Etiket resmi maskapai
    11. Tanpa deposit
    12. Komisi dibayar dimuka (bayar harga tiket yang telah dikurangi komisi anda)
    13. Pembayaran online BCA, BNI, BII BRI dan Mandiri

    Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi website kami di http://www.salestiket.com

    Reply
  52. Entien Wae says

    26 Nov ’14 at 09:16

    menarik infonya, saya suka juga dolanan ke blog ini:)

    Reply
  53. Vika says

    9 Dec ’14 at 14:21

    Kapan bisa jadi kayak mereka.. hahahha

    Reply
  54. Yasir kurniawan says

    8 Jan ’15 at 22:31

    Keren, makin enggak sabar mau ngeblog dan jalan jalan

    Reply
  55. Imazahra says

    1 Feb ’15 at 07:30

    Sebagian adalah teman saya :)

    Sesekali kunjungi blog kami juga, Mas :)
    Saya dan suami sudah ngeblog sharing pengalaman backpack kami keliling puluhan negara di sini: http://www.honeymoonbackpacker.com.

    Nuhun :)

    Reply
  56. Masa aktif kartu As says

    20 Feb ’15 at 17:10

    wah, mantep banget nih..
    jadi pngn keliling indonesia nih :D

    Reply
  57. Rentalmobilpontianak says

    27 Feb ’15 at 10:11

    dapat nambah referensi deh, siap ilmu dan tujuan kalau mau jalan-jalan
    Thanks ya….
    Blognya keren

    Reply
  58. Fikhanza says

    21 Mar ’15 at 13:28

    Suka jg sama si Adis, gilaaa! Hahaha

    Reply
  59. Janiarto Paradise says

    23 Mar ’15 at 06:51

    barusan nyari travel blogger mas, nyampai disini… dari sini segera k tkp2 yang diatas… terimakasih sharingnya mas…

    Reply
  60. Fairyandfunny says

    28 Mar ’15 at 17:25

    Senangnya, semakin banyak orang yang suka traveling maka semakin banyak pula kesempatan untuk membuat bumi tetap nyaman. Semoga kita semua termasuk ke dalam golongan traveler bukan cuma selfie, tapi juga membumi. Salam kenal.. :)

    Reply
  61. jdlines says

    5 Apr ’15 at 20:46

    Wow akhirnya bisa dapat untuk referensi blog travelnya.. terima kasih

    Reply
  62. Nabilah Ayu Permata says

    13 Apr ’15 at 18:16

    ini juga merupakan salah satu blog travelling
    bisa dibuat referensi
    Visit Me (Travel On)

    Reply
  63. Nabilah Ayu Permata says

    13 Apr ’15 at 18:18

    Visit Java (Travel On)

    Reply
  64. TripID says

    15 Apr ’15 at 17:13

    Travel bloger indonesia semua yang koment, keren2

    Reply
  65. teknonetwork says

    28 Apr ’15 at 09:39

    dari keenam blogger traveler diatas..aku cuma pernah masuk ke blognya whatevertraveler..hehe
    aku coba kelimanya juga ah :D
    Apa itu tehnik nutmeg dalam sepakbola?

    Reply
  66. Explore Karimata says

    6 May ’15 at 15:08

    Baru ngeh ternyata tulisan ini sudah lama dibuat, hehehehhee… Btw, beberapa blog diatas juga sudah ada yang tidak aktif lagi. Memang agak sulit mempertahankan eksistensi khususnya dalam dunia ngeblog. :-)

    Reply
  67. akbar sajalah says

    7 May ’15 at 18:30

    Wah.. jadi terinpirasi nih!

    Reply
  68. Hendra says

    14 May ’15 at 18:11

    Sangat recommend deh dan mudah-mudahan salah satu dari blogger diatas ada yang datang ke Pulau Lombok atau Gili Trawangan dan menulis kisah traveling nya mengenai ke dua pulau tersebut.

    Reply
  69. resep umiku says

    21 May ’15 at 12:37

    mas, minta ajaring dong buat nulis artikel biar sebagus mas wira, soalnya masih newbiee ni, hehehe
    salam kenal ya Mas Wira

    Reply
  70. tikusruk says

    26 May ’15 at 08:09

    wah, keren-keren.
    aku pernah nulis travel story tuh curug malela-bandung, gunung ungaran, rafting elo, gunung sindoro sama merbabu.

    haha, masih belajar nih

    Reply
  71. zukri zulkifli says

    18 Jun ’15 at 17:57

    wah informatif sekali, terimakasih ya

    yang suka cerita travelling di Eropa silahkan mampir: http://zoera-tourtravel.blogspot.com

    Reply
  72. adi says

    26 Jun ’15 at 10:34

    Referensi yang bagus buat nyari travel atau spot-spot yang bagus

    Reply
  73. admin says

    30 Jun ’15 at 15:58

    harus tetap semangat ?terimakasih atas infonya

    Reply
  74. akbari says

    15 Jul ’15 at 01:26

    nice job!!

    Reply
    • akbari says

      15 Jul ’15 at 01:26

      http://aspakb.blogspot.com/2015/07/jakarta-tempo-dulu-old-batavia.html

      Reply
  75. Nathasya Imanuella says

    16 Jul ’15 at 12:09

    keren blognya kak wira.. btw kunjungi jg ya: backpackingceria.blogspot.com

    Reply
  76. tropicalLife says

    10 Aug ’15 at 10:28

    wah,, keren postingannya sangat inspiratif, dan memberikan informasi yang bermanfaat.. thanks

    Reply
  77. Paket Tour Medan says

    14 Aug ’15 at 12:03

    Rekomendasi yang mantap gan, ane kunjungi dulu ya blog yang ente rekomendasikan… thanks

    Reply
  78. Rifyal Tumber says

    24 Aug ’15 at 10:48

    Salam kenal mas wira,.kenalkeun sy vial blogger baru nih :D

    Reply
  79. the couple trip says

    31 Aug ’15 at 22:01

    Nice story masbro.. Blog Ente juga Bagus, foto2nya mengundang selera uhuy..

    Mampir ke blog The Couple Trip, ya, masbro..

    Reply
  80. javatravelindo says

    4 Sep ’15 at 19:34

    saya suka sekali blog Whatever I’M Backpacker, bahasanya gampang di cerna

    Reply
  81. sulawesitur says

    9 Sep ’15 at 07:02

    Salam kenal dari sulawesi

    Reply
  82. hariadi0 says

    14 Sep ’15 at 12:51

    samal kenal dari lombok
    http://primalomboktravel.com/

    Reply
  83. Mevin Yanuar says

    27 Sep ’15 at 13:54

    Blognya berkualitas dan isi artikelnya menarik mbak

    kami menawarkan jasa di bidang tour dan travel yang berfokus pada pelayanan wisata laut khusunya snorkling dan diving di berbagai pulau wisata.

    Jasa tour dan travel ini berlaku bagi penduduk yang tinggal di daerah Kalimantan khusunya Samarinda.

    Untuk lebih lanjut anda dapat mengunjungi Website kami di http://twktour.com/

    Reply
  84. Akarui Cha says

    16 Oct ’15 at 17:35

    Makasih banyak infonya Mas Wira.
    Aku jadi dapat banyak referensi blog.

    Reply
  85. Yuni says

    23 Oct ’15 at 20:27

    Dua ransel….. awwwwwwww…….

    Reply
  86. Sonita says

    31 Oct ’15 at 13:30

    Kunjungi http://www.klowantampan.blogspot.com

    Reply
  87. tyas susilaning says

    23 Nov ’15 at 12:47

    wah seru-seru blog nya. buka travel blog ku juga ya di http://www.duatiket.blogspot.com isinya ttg jalan2 aku & anakku yg masih kecil. seru lho jalan2 sambil bawa anak kecil apalagi mpe ke luar negeri. ada2 aja kejadian serunya…

    Reply
    • wira says

      23 Nov ’15 at 14:58

      terima kasih sudah berkunjung mba :)

      Reply
  88. Jarhie says

    7 Jan ’16 at 06:14

    mantep-mantep blog nya Mas Wira, saya juga suka jalan-jalan wkwk

    Reply
  89. Liza Fathia says

    30 Jan ’16 at 15:29

    Hmmm, saia belum termasuk ya… :)

    Reply
  90. jaklom says

    30 Jan ’16 at 15:40

    Kapan ya blog saya masuk list nya mas wira ;)

    Reply
  91. saidina says

    31 Jan ’16 at 22:24

    PAKEJ 4 HARI 3 MALAM MEDAN – DANAU TOBA

    “DAY 1

    TIBA BANDARA INTERNASIONAL KUALANAMU MEDAN (“WELCOME TO MEDAN”)
    PERJALANAN KE LAKE TOBA
    MAKAN TENGAHAN (LUNCH)
    SINGGAH KEKEDAI PATEN (SHOPPING KACANG TUMBUK YANG BERNAMA TING-TING , TANG-TANG , TUNG – TUNG ,PING-PING , PONG-PONG
    TIBA DI PARAPAT (LAKE TOBA)
    CHECK IN HOTEL DANAU TOBA INTERNATIONAL COTTAGE
    MAKAN MALAM DINNER
    ISTIRAHAT
    TOUR PERTAMA BERAKHIR

    “DAY 2 ”

    SARAPAN PAGI (BREAKFAST)
    MENAIKI FERRY MELAWAT KE PULAU SAMOSIR
    SINGGAH KE TOMOK MENGENAL SEJARAH SEJARAH TOMOK
    BALIK KEDANAU TOBA
    MAKAN TENGAH HARI
    TOUR KE BRASTAGI ( DALAM PERJALANAN)
    SINGGAH KE PUNCAK LAKE TOBA SIMARJARUNJUNG MAKAN PISANG GORENG SPECIAL SAMBIL MINUM COFFEE
    SINGGAH KE AIR TERJUN SIPISO PISO MELIHAT PEMANDANGAN SIPISO PISO WATERFALL
    CHECK IN HOTEL KAT BRASTAGI
    MAKAN MALAM ( DINNER )
    WISATA MALAM
    TOUR KEDUA BERAKHIR

    “DAY 3 ”

    SARAPAN PAGI (BREAKFAST)
    SINGGAH KE BUKIT GUNDALING
    SINGAH KEPASAR BUAH BRASTAGI SAMBIL MENIKMATI JAGUNG REBUS DAN JAGUNG BAKAR DAN BERKENDARA MENAIKI KUDA
    MEMETIK STROWBERRY SENDIRI
    PERJALANAN KEMEDAN
    SINGGAH KEKEDAI BATIK
    CHECK IN HOTEL
    ISTIRAHAT BAGI YANG NAK ISTIRAHAT , BAGI YANG TAK BOLEH PERGI PIJAT TRADISIONAL MEMANJAKAN DIRI DAN RILEX
    MAKAN MALAM ( DINNER )
    KEMBALI KE HOTEL ( ISTIRAHAT )
    “DAY 4 ”
    SARAPAN PAGI ( BREAKFAST )
    MELAWAT KE ISTANA MAIMOON
    SHOPPING MAL KOMPLEK
    SHOPPING BIKA AMBON
    KELILING KOTA MEDAN SAMBIL MENUNGGU MASA TRANSFER KE BANDARA AIRPORT KUALANAMU MEDAN

    “HARGA PAKEJ 4H3M / PAX
    RM 430 / PAX (MIN 5 ORANG )

    “PAKEJ INCLUDE
    TRANSPORT FULL AC
    HOTEL 3 STAR , 4 STAR
    BREAKFAST , LUNCH , DINNER
    AIR MINERAL
    DRIVER AND TOUR GUIDE
    FERRY KEPULAU SAMOSIR

    FOR INFORMATION :
    WHATSAPP : +6287867000255 (Saidina Umar)
    FACEBOOK : saidina umar , melancongmedan
    group facebokk : melancongmurahsodap(travellyholidays)
    EMAIL : medanhiphop@gmail.com
    blogspot : melancongmurahsodap.blogspot.com

    Reply
  92. kannna says

    5 Feb ’16 at 21:18

    jadi kepingin traveling lagi kao denger cerita tentang para traveler
    travel organizer

    Reply
  93. sendi herlambang says

    13 Feb ’16 at 17:25

    Mantep banget gan thanks info nya yah
    kunjungi blog ane juga ya buat kalian yang suka banget traveling ceritakan cerita perjalanan kalian disini

    http://thegembeltrip.blogspot.co.id/
    http://thegembeltrip.blogspot.co.id/
    http://thegembeltrip.blogspot.co.id/

    Reply
  94. Biro Perjalanan Wisata says

    16 Feb ’16 at 23:07

    keren nih para travel blogger, jadi kepingin :D

    Reply
  95. Yosafat Irwan Samgar says

    23 Feb ’16 at 11:08

    Halo Dear Travelers,

    Selamat pagi, kenalkan nama saya Yosafat irwan samgar.

    Saat ini saya sedang berkompetisi di situs Facebook dengan hadiah berlibur ke Bali, (semoga menang untuk hadiah honeymoon)
    Kalau berkenan rekan-rekan dapat membantu saya dengan memberikan “Like” pada komentar yang saya post di halaman situs tersebut (yosafat irwan samgar).

    Berikut ini adalah link untuk dapat meng-akses halaman yang saya maksud:
    https://www.facebook.com/travel.guide.bali/posts/594955394002518?comment_id=595715133926544&notif_t=like

    Kiranya rekan-rekan dapat membantu saya untuk memenangkan hadiah travel ke Bali ini ya.
    Dengan memberi like pada comment yosafat irwan samgar.

    Terima kasih.

    Salam,
    Yosafat Irwan Samgar

    Reply
  96. Pasindo says

    23 Feb ’16 at 15:45

    Keren blog Travel nya, jangan lupa mampir ke http://www.pasindo.com

    Reply
  97. igun says

    28 Feb ’16 at 17:13

    baru mulai nulis blog travel, wah kerenn..bisa buat panutan heuheu

    Reply
  98. danitriblog says

    7 Mar ’16 at 02:37

    Sebagai tukang surve saya terbiasa pergi keliling indonesia gratis dibayar membaca tulisan cak WIRA menginspirasi saya kenapa tidak jadi travel blogger sekalian , TQ 4UR INSPIRATION

    Reply
  99. Haryono says

    13 Mar ’16 at 07:50

    Pergidulu.com dan marischka-prudence.com kok ga masuk mas broh..??

    Reply
    • wira says

      15 Mar ’16 at 10:05

      Wahaha ini artikel lama bro. Mungkin nanti mereka ada di part 2 :)

      Reply
  100. Wisnu Transport says

    31 Mar ’16 at 17:07

    Wah, Mantab artikelnya bermanfaat. Salam kenal bro dari Sewa Mobil Malang, http://rentalsewamobilmalangbatu.com/, Telkomsel 082 141 555 123

    Reply
  101. Naba Rent Car says

    21 Apr ’16 at 15:31

    Sewa Avanza paket All In (mobil+driver+BBM+parkir) 400rb atau Innova All In 500rb bisa keliling Cirebon slama 12jam, krna banyak tempat wisata & kulinernya yg sangat menarik. Segera hubungi CS kami di Komplek Griya Intan Blok A No 19 Perumnas Cirebon http://www.nabarentcar.com/

    Reply
  102. andita says

    27 Apr ’16 at 21:50

    wah makasih nih rekomendasi blognya. mantplaah

    Reply
  103. darah tinggi says

    4 May ’16 at 15:14

    terima kasih untuk infonya

    Reply
  104. Wahyu says

    6 May ’16 at 22:03

    terima kasih referensi websitenya, jadi nambah ilmu traveling an nih

    infobacktravel.blogspot.com

    Reply
  105. sireum sleepers says

    30 May ’16 at 14:41

    wah keren keren gan , mampir yah kesini http://indowalk.com/ siapa tau jadi next post agan hehe :D

    Reply
  106. vimax says

    15 Jun ’16 at 12:57

    wah bagus bagus ceritanya

    Reply
  107. Huda says

    16 Jun ’16 at 12:10

    Pasti seru jika perjalanan yang telah dilakukan bisa menjadi inspirasi bagi orang lain

    Reply
  108. mincreng says

    22 Jun ’16 at 10:24

    Situs Booking hotel di Bandung
    Harga Bersaing
    http://walanja.com

    Reply
  109. wisata ok indonesia says

    5 Jul ’16 at 10:34

    Bagus bagus blognya,wah jadi pengen bisa punya blog kayak mereka

    Reply
  110. Eksapedia says

    10 Jul ’16 at 18:30

    Para master ya gan :-D

    Reply
  111. wisata alam says

    22 Jul ’16 at 08:32

    wahh keren mas blog-nya. kunjungi blog kami juga ya http://paketoutingmalang.blogspot.co.id/2016/07/macam-macam-fun-game-outbound.html

    Reply
  112. anto putra tidung says

    24 Jul ’16 at 14:08

    Nikmati Weekend dan liburan anda dengan kehangatan
    dan keindahan nuansa pantai yang asri di PULAU TIDUNG
    Bersama keluarga. Saudara, Teman, Rekan kerja, Pasangan anda
    Kami pulautidungexpress.com memberikan Paket yang kami kemas secara apik dengan
    berbagai kegiatan seperti ber-Snorkling, Gowes Sepeda, sambil
    menikmati udara pagi Khas daerah pantai yang mana akan memanjakan anda selama di PULAU TIDUNG.

    PAKET LUXURY 2 HARI 1 MALAM :

    Peserta 2-3 orang – Rp 850.000 PerOrang
    Peserta 4-5 orang – Rp 650.000 PerOrang
    Peserta 6-7 orang – Rp 450.000 PerOrang
    Peserta 8-9 orang – Rp 400.000 PerOrang
    Peserta 10-20 orang – Rp 350.000 PerOrang
    Peserta 21-30 orang – Rp 330.000 PerOrang
    Peserta 31-50 orang – Rp 310.000 PerOrang
    Peserta 51-100 orang – Rp 300.000 PerOrang

    FASILITAS YANG DI DAPAT :

    Tiket kapal ferry (PP) Muara Angke – Pulau Tidung
    Penginapan AC,Tv,Disvenser (Tidak Digabung dgn Group Lain)
    Welcom Drink
    Konsumsi Makan 3X (siang,malam,pagi)
    Pemandu Wisata Tour Gued
    Sepeda Santai perorang
    Alat Snorkling 1 Set Lengkap perorang
    Kapal untuk Snorkling ke 2 Spot Pulau
    Tiket Bananaboat 1x perorang
    Camera Underwater foto bawa laut
    Dokumentasi foto hasil bawa laut Berbentuk CD
    Baberque Ikan & sate Cumi
    Air aqua gelas saat snorkling & barbeque
    Jalan-jalan ke Makam Datuk Panglima hitam
    Jalan-jalan ke Makam Raja pandita
    Jalan-jalan ke Jembatan Cinta
    Jalan-jalan ke saung Perawan
    Jalan-jalan ke saung Cemara kasih
    Jalan-jalan ke saung Dua Hati

    kontak :
    085813879173
    081299321965
    Pin Bb 276545A5

    Reply
  113. villa murah di batu malang says

    1 Aug ’16 at 13:55

    Terimakasih infonya mas

    Reply
  114. KP3Clothing says

    7 Aug ’16 at 09:51

    butuh kaos polos wilayah parung panjang? silahkan hubungi kp3clothing.blogspot.com

    Reply
  115. annisa says

    22 Aug ’16 at 12:18

    rental mobil jakarta http://rentalmobilranaujaya.blogspot.co.id

    Reply
  116. GuidoFM29 says

    24 Aug ’16 at 00:14

    Terima kasih mas wira atas rekomen nya.
    Apalagi untuk travelblogger yg pertama. Enak banget dibacanya.. soalnya saya baru tahu.
    #efekkurangpiknik hehe

    Reply
  117. Ku Chiki says

    28 Aug ’16 at 04:14

    wuh keren ini info, manteb dah,

    mampir juga gan ke blog ane
    http://khuciki.blogspot.co.id/

    Reply
  118. Travel Malang says

    6 Sep ’16 at 21:34

    Dua Ransel emang keren banget yaaa :D

    Reply
  119. Rio Artha says

    10 Sep ’16 at 08:38

    Salam traveller dr Bangka Belitung

    Mau liburan atau coba travelling ke Bangka Belitung.
    http://aderiorental.com

    Reply
  120. Ben Hedges says

    12 Sep ’16 at 05:03

    mantap infonya wira dan sy jg setuju dengan pilihan nya…
    http://www.bensonandhedges.blogspot.com

    Reply
  121. Yanuar Hadi says

    6 Oct ’16 at 22:25

    Bisa buat bahan artikel pribadi nih. Hehe
    Kebetulan lagi pengen berbagi ke arah sana, tapi bingung mau nulisnya bagaimana. Lagi belajar tentang curahan hati ?

    Reply
  122. kevin immanuel says

    16 Oct ’16 at 21:43

    lumayan nih dpt referensi gitu kalo mau jalan

    numpang promo ya sewa apartemen murah bisa ke http://www.apartemen-murahtangerang.com yaaa, lg promo!!!

    Reply
  123. JAMBI TOURISM NERWORKS says

    20 Oct ’16 at 00:22

    Travel blogger? hmm..saya baru 2 tahun n msh newbie, blog saya membahas tentang pariwisata jambi

    Mari guys berkunjung :
    EXPLORE JAMBI, WONDERFUL INDONESIA
    https://sesdeseharja.blogspot.com

    Salam hangat,
    SESDE

    Reply
  124. salsabila says

    29 Oct ’16 at 11:44

    Keren, itu keinginan saya dulu. sekarang masih bermimpi sih, cuma belum ada kesempatan.

    Reply
  125. Hendi Wahyono says

    14 Nov ’16 at 05:53

    Memang blog ini menarik. Info wisata lumayan banyak dan tentu didukung oleh banyaknya komentar yang masuk, Untuk tiket murahnya di http://www.henditravel.com

    Reply
  126. Halonetizen says

    21 Nov ’16 at 11:50

    Terimakasih infonya mas. Lumayan buat refrensi blogwalking dan planning perjalanan berikutnya :)

    Reply
  127. Indah Fajarwati says

    7 Dec ’16 at 15:06

    Ah kak wira juga fav aku banget

    Reply
  128. Mydaypack says

    21 Dec ’16 at 14:27

    wah jadi pengeen masuk jugaaa hihiiiii

    Reply
  129. klinikandrologitk says

    24 Dec ’16 at 10:55

    trimaksih infonya..

    Reply
  130. traveluxion says

    10 Jan ’17 at 23:46

    kapan punya menjadi travel blogger favorit :(

    Reply
  131. arief says

    18 Jan ’17 at 20:41

    salam kenal mas wira :D

    Reply
    • wira says

      18 Jan ’17 at 21:58

      Halo, salam kenal mas Arief.

      Reply
  132. Muthalib says

    3 Feb ’17 at 10:50

    Tetap kang wira motivasi saya, sebagai travel blogger. salam kenal kang.

    Reply
  133. Joko Yugiyanto says

    9 Feb ’17 at 22:57

    pengen jg bs jln2 dpt duit

    Reply
  134. ajengraudya says

    8 Mar ’17 at 16:40

    ka aku mau tanya dong boleh minta email kakak gak aku pengen tanya tanya makasih ya ka

    Reply
  135. HadharaRizka says

    29 Mar ’17 at 21:52

    Wah, asik sekali. saya baru memulai mengelola travel blog, kayaknya jadi asik nih bisa ngikutin jejak master. http://www.matakaki.com

    Reply
  136. cenghopermana says

    30 Mar ’17 at 17:59

    Trusted banget lah pokonya ke-6 travel blogger itu.
    Jangan lupa ya mampir juga di http://www.mytravelblogger.net . terimakasih :)

    Reply
  137. bloggerrentcar says

    8 Apr ’17 at 16:36

    dua ransel blog yang memiliki keunikan tersendiri karena berani lepas dari zona kenyamanan menuju ke zona nyaman versi mba Dina dan mas Ryan

    Reply
  138. Agnes Maria says

    15 Apr ’17 at 22:54

    Suka sama travel blog ini.. jangan lupa mampir ke sni ya elementmtb.com/manfaat-bersepeda-tidak-hanya-untuk-kesehatan/ hehehehe..

    Reply
  139. Rafi Halim Biilhamika says

    2 Nov ’17 at 09:40

    Semuanya keren banget mas,

    Boleh minta komentarnya di blog-ku

    rafihalimb.blogspot.com

    Reply
  140. gofur samid says

    16 Dec ’17 at 20:34

    wah keren listnya buat referensi. mampir blog ku ya http://tandaseru.id/lifestyle/
    makasii..

    Reply
  141. Tour Danau Toba says

    21 May ’19 at 10:28

    Thanks Infonya Mas

    Reply
  142. Afar Mentox says

    8 Jan ’20 at 12:01

    Keren semua blognya. bisa jadi referensi

    Reply

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')Cancel reply

Primary Sidebar

Follow Us

  • YouTube
  • Instagram
  • TikTok

Popular Post

  • 5 Kejanggalan dalam Pendakian Film 5cm
  • 6 Rekomendasi Kamera Mirrorless Untuk Pemula
  • 15 Tips Fotografi Landscape
  • Turnamen Foto Perjalanan - Ronde 3 : Potret
  • Memilih Kamera Mirrorless

Categories

  • Bali & Nusa Tenggara
  • Beyond Indonesia
  • Camera Review
  • Culinary
  • Europe
  • Flight report
  • Foto Favorit
  • Giveaway
  • Guest Post
  • Hiking & Trekking
  • Hong Kong
  • Hotel & Resort
  • Indonesia
  • Japan
  • Jawa
  • Kalimantan
  • Malaysia
  • Maluku & Papua
  • Media Trip
  • Photo Tips
  • Photoessay
  • Review
  • Saudi Arabia
  • Singapore
  • South East Asia
  • South Korea
  • Sponsored (adv)
  • Sulawesi
  • Sumatera
  • Taiwan
  • Tearsheet
  • Thailand
  • Thought
  • Tips
  • Travel Story
  • Travel Tips
  • Travel Video
  • Workshop

Copyright © 2026 · Altitude Pro on Genesis Framework · WordPress · Log in

 

Loading Comments...