Assalamualaikum uri chinggu! Kali ini saya akan berbagi informasi mengenai makanan halal yang dapat kita kunjungi selama berlibur di Korea.

Terdapat 4 kategori label bagi restoran ramah muslim yang di klasifikasikan oleh Korea Tourism Organization (KTO) yaitu halal certified (sertifikasi halal oleh Korean Muslim Federation/KMF), Self certified , Muslim Friendly dan Pork Free.

Label ini akan ditempel di depan restoran ramah muslim sesuai dengan kategorinya, sehingga kita dapat dengan mudah mengidentifikasikannya.  

Tentunya hal ini sangat bermanfaat bagi para Muslim Traveller yang sedang berlibur ke Korea.  Jadi kita tidak perlu khawatir akan kesulitan untuk dapat mencicipi kuliner autentik Korea  yang dijamin kehalalannya. Berikut 7 restoran halal di Seoul, Korea yang wajib dikunjungi.

1. Makan Restaurant

                                                   Saengseongui

Makan Restaurant terletak di Itaewon yang terkenal dengan area internasional yang ramah muslim. Di restoran ini kita dapat menemukan berbagai menu tradisional korea yang  telah dijamin kehalalalnya.

Makan Restaurant ini telah mengantongi sertifikat halal dari Korea Muslim Federation (KMF). Beberapa menu yang di tawarkan antara lain Saengseongui (ikan panggang), Samgyetang (sup ayam gingseng), soegogibokkeumba (nasi goreng daging), serta menu set a la Korea lainnya.

Saat menunggu pesanan kita siap, tentunya  kita akan disuguhi ‘banchan’ atau makanan pembuka khas Korea yang membuat sensasi makan disini terasa menjadi semakin otentik.

Kategori : Halal Certified

Alamat: 52, Usadan-ro 10-gil, Yongsan-gu, Seoul

Petunjuk transportasi: Exit 3 dari Stasiun Itaewon (Seoul Subway Line 6 ) lalu berjalan kaki sekitar 10 menit (530 m)

2.       Eid Restaurant

Berlokasi tidak jauh dari ‘Makan Restaurant’, Eid Restaurant juga merupakan restoran yang juga  telah memiliki sertifikat halal dari Korea Muslim Federation (KMF).  

Chingudeul dapat mampir kesini untuk mencicipi menu-menu lokal seperti Soebulgogi (bulgogi daging), Bibimbap (nasi campur Korea), hingga Jjimdak (ayam rebus a la Korea).  Oiya, restoran ini tutup pada hari Senin dan beroperasi pada hari Selasa-Minggu pukul 11. 30 – 21.00. Pastikan Chingudeul datang pada waktu operasional nya ya!

Kategori : Halal Certified

Alamat:  67, Usadan-ro 10-gil, Yongsan-gu, Seoul

Petunjuk transportasi: Exit 3 dari Stasiun Itaewon (Seoul Subway Line 6 ) lalu berjalan kaki sekitar 10 menit  (620 m)

Jam Operasional : Selasa – Minggu 11.20-21.00

3.       Hajj Restaurant & Guest House (하지)

 nakjibokkeum

Masih dari area Itaewon, Hajj Restaurant & Guesthouse terletak persis disebelah kanan gerbang Masjid Seoul Central. Restoran ini menyajikan menu makanan khas korea dan juga tersedia beberapa menu makanan khas Malaysia.

Selain itu, terdapat pula Guesthouse yang disewakan oleh restoran ini. Apabila chingudeul  merasa lapar pada larut malam, jangan khawatir karena Hajj Restaurant buka setiap hari mulai pukul 10:00 hingga 24:00.

Berbagai menu yang ditawarkan diantaranya nakjibokkeum (gurita tumis a la Korea), samgyetang (sup ayam gingseng) , bulgogi, bibimbap, hingga kudapan ringan khas Korea yaitu nokdubindaetteok  (panekuk kacang hijau).  

Hajj Restaurant didirikan oleh seorang warga Muslilm Korea, pemilik menjamin kehalalan dari seluruh masakan yang disajikannya. Mulai dari penggunaan daging serta penggunaan bumbu-bumbu dalam masakan. Restoran ini hanya menjual makanan halal juga berkomitmen untuk tidak menyediakan alkohol sehingga Hajj Korea Halal Food dikategorikan ke dalam kategori  Self Certified oleh Korea Tourism Organization.

Kategori : Self Certified

Alamat:  39, Usadan-ro 10-gil, Yongsan-gu, Seoul

Petunjuk transportasi: Exit 3 dari Stasiun Itaewon (Seoul Subway Line 6 ) lalu berjalan menuju Seoul Central Mosque ( restoran berada di sebelah kanan gerbang masjid)

Jam Operasional :10:00 – 24:00

4.       Murree Muslim Food (마리무슬림푸드)

               samgyetang

Masih dari area Itaewon, apabila chinggu penggemar masakan ala timur salah satu yang dapat dikunjungi yaitu  restoran Murree Muslim Food.

Menu yang ditawarkan yaitu masakan India, Pakistan dan beberapa masakan khas korea seperti bibimbap (nasi campur), samgyetang (sup ayam gingseng)  hingga sogogibarbecue (daging panggang barberkiu).

Pemilik  dan juru masak yang merupakan seorang muslim menjamin kehalalan dari bahan baku serta proses dalam  pembuatan seluruh masakan yang disajikan disini. Oleh karena itu, restoran Murree mendapatkan label restoran  Self Certified di Korea.

Kategori:  Self Certified

Alamat:  20, Usadan-ro 10-gil, Yongsan-gu, Seoul

Petunjuk transportasi: Exit 3 dari Stasiun Itaewon (Seoul Subway Line 6 ) lalu berjalan kaki sekitar 5 menit (365 m)

Jam Operasional: 11:00-22:00

5.       Osegyehyang (오세계향)

jjajangmyeon

Penasaran dengan kelezatan jjajangmyeon (mie dengan saus kedelai hitam) yang seringkali muncul di acara TV Korea?  Chingudeul dapat mengunjungi Osegyehyang, yaitu restoran dengan konsep vegetarian yang menyediakan jjajangmyeon khas Korea sebagai salah satu menu andalannya.

Menikmati jjajangmyoen tidak lengkap tanpa ditemani dengan maesiltangsuchae yaitu sayur goreng dengan saus asam manis. Perpaduan ini sangat cocok dan tentunya akan menciptakan cita rasa yang lezat. Restoran ini buka mulai pukul 11:30-21:00, dan waktu istirahat pada pukul 15:00-17:00.

Kategori: Muslim friendly

Alamat: 14-5, Insadong 12-gil, Jongno-gu, Seoul

Petunjuk transportasi: Exit  3 dari Stasiun Anguk (Seoul Subway’s Line 3) kemudian berjalan kaki sekitar 320 m dari stasiun.

Jam Operasional : 11:30-21:00, dan waktu istirahat pada pukul 15:00-17:00

6.       Chunja Daegutang (춘자대구탕)

daegutang

Apabila chinggu berlibur saat cuaca sedang dingin, tentunya menikmati hindangan seafood berkuah khas korea adalah pilihan yang tepat.

Restoran Chunja Daegutang ini spesial menjual berbagai olahan hidangan laut yang disajikan dalam bentuk stew, hotpot hingga omelete. Beberapa menu yang ditawarkan disana yaitu daegutang (Stew ikan kod), daegujeongo (ikan kod dalam hot pot ), serta algyeranmari (omelet gulung dengan  dengan telur ikan).

Berbagai pilihan ukuran dalam setiap menu juga tersedia, apabila kamu ingin berbagi dengan teman dapat memesan ukuran yang besar. Restoran ini tutup pada hari Minggu,  pastikan chinggu datang di hari lain ya!

Kategori : Muslim Friendly

Alamat:   50, World Cup buk-ro 1-gil, Mapo-gu, Seoul

Petunjuk transportasi: Exit 1 dari stasiun Hongik University (Seoul Subway’s Line 2) lalu berjalan kaki sekitar  7 menit dari stasiun (474 m).

Jam Operasional : 11:00-22:00, Istirahat:  15:00-17:00 Minggu Tutup

7.       Loving Hut Smile (러빙헛스마일)

Vegan hamburger steak

Jarinngan restoran Loving Hut telah tersebar di berbagai negara. Di Korea, terdapat beberapa cabang yaitu di Seoul, Gyeonggi-do, Daejeon, Daegu, Ulsan hingga Pulau Jeju.

Konsep yang ditawarkan dari restoran ini yaitu menyajikan masakan internasional dan tentunya menu khas lokal yang dibuat tanpa penggunaan bahan hewani. Hal tersebut menjadikan Loving Hut dikategorikan ke dalam kelompok restoran Muslim Friendly oleh Korea Tourism Organization.

Menu yang ditawarkan sangat variatif diantaranya yaitu menu vegan steak, vegan burger, vegan cheese kimbab, vegan ttopoki hingga vegan yoghurt. Jika kamu tertarik untuk mencoba kuliner khas korea berbasis bahan nabati, kamu bisa mengunjungi Loving Hut Smile yang ada di Gangnam ini ya Chinggu.

Kategori : Muslim Friendly

Jam Operasional : 11:30  – 21:00, dengan catatan : setiap Hari Minggu tang Every 1st, 3rd, 5th Sunday off. Every 2nd, 4th Monday off

Alamat :  18, Nonhyeon-ro 6-gil, Gangnam-gu, Seoul


1 COMMENT

Bagaimana menurutmu? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini ya! :')